Telusuri Situs Sejarah Purbakala Di Sokoliman, Gunung Kidul
Telusuri Situs Sejarah Purbakala Di Sokoliman, Gunung Kidul (Photo by, nyariwatu.blogspot.com)

Rupanya kawasan Gunung Kidul di masa lalu adalah sebuah kawasan yang dijadikan rumah tinggal beberapa komunitas manusia purba. Terbukti dari ditemukannya beberapa situs sejarah berupa artefak kuno yang dipercaya berasal dari era megalitikum atau jaman Batu tua. Dan salah satu situs sejarah purbakala terbesar yang datang dari era ini di kawasan Gunung Kidul adalah situs yang berada di kawasan Sokoliman, Gunung Kidul.

Telusuri Situs Sejarah Purbakala Di Sokoliman, Gunung Kidul
Telusuri Situs Sejarah Purbakala Di Sokoliman, Gunung Kidul (Photo by, nyariwatu.blogspot.com)

Sokoliman sendiri adalah adalah sebuah dusun di desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Konon nama Sokoliman sendiri berasal dari temuan beberapa batuan besar yang berada di salah satu lahan pertanian di kawasan dusun ini. Kata liman berasal dari angka lima berdasar temuan 5 buah soko berbentuk batu besar yang menjadi salah satu temuan terbesar dari kompleks situs ini di masa pemerintahan Belanda oleh seorang pakar arkeologi bernama JL Moens pada tahun 1934.

Beberapa temuan situs artefak yang bisa Anda temukan di dusun Sokoliman ini antara lain adalah bentukan beberapa kubur batu yang ditandai dengan batu-batuan lonjong dan lempeng batu yang menyerupai nisan.

Selain itu di lokasi yang tak jauh dari kubur batu, ditemukan pula batuan yang disusun menyerupai jajaran batu yang kerap dianggap sebagai jalan menuju altar. Jajaran batu ini berserakan ketika ditemukan dalam bentuk menyerupai bata besar yang masih kasar bentuknya. Selain itu ditemukan pula beberapa batuan yang menyerupai menhir atau meja besar yang dianggap sebagai altar. Menhir ini berjumlah lima sehingga kerap disebut sokoliman.

Selain temuan berupa peninggalan batuan yang tersusun seperti gambaran di atas, di lokasi Sokoliman juga ditemukan sebuah gua purbakala. Gua ini memiliki bentuk unik seperti beberapa batuan raksasa yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi rumah prasejarah.

Di dekat situs gua purba ini ditemukan pula situs sumur gede yang menandakan adanya aktivitas hidup manusia di masa itu. Sumur ini merupakan simbol kebutuhan dasar manusia seperti untuk minum dan untuk kegiatan bercocok tanam sederhana.

Sampai saat ini situs sejarah di kawasan Sokoliman ini masih kerap menjadi destinasi kunjungan paa pakar arkeologi dunia untuk pusat riset. Apalagi tak jauh dari dusun Sokoliman juga ditemukan sejumlah peninggalan megalitikum lain seperti situs Gondang dan situs Gunung Bang. Keduanya juga menjadi salah satu pusat temuan situs sejarah purbakala yang berlimpah.

Perkembangan riset ini akan memungkinkan adanya beberapa temuan dan kesimpulan baru menyertai riset yang berkembang. Termasuk temuan baru dari situs sejarah ini mengenai artefak perabotan rumah tangga seperti tembikar dan gagang pedang.

Tertarik menjajal pengalaman unik melihat secara langsung situs sejarah era megalitikum di pedalaman Gunung Kidul? Sempatkan menjajakan kaki Anda di dusun Sokoliman di hari libur Anda.

Baca juga : Puncak Becici, Gardu Pandang Jogja Dari Puncak Ketinggian Bantul

situs sokoliman, Sejarah sokoliman, sejarah situs sokoliman, situs purbakala di gunung kidul, peninggalan manusia purba di yogyakarta, sokoliman, megalitikum sokolima, sokoliman wonosari gunungkidul
BAGIKAN

4 KOMENTAR

  1. apa mungkin sokoliman dengan soko limo ada kaitannya ya?
    soalnya sokolimo itu tempat pertapaannya Durna. sedangkan di sokoliman ada situs yang telah berumur ribuan tahun.

Ada pertanyaan atau komentar?