Rasakan Kuliner Asli Jogja Ayam Goreng Mbok Sabar
Rasakan Kuliner Asli Jogja Ayam Goreng Mbok Sabar
Rasakan Kuliner Asli Jogja Ayam Goreng Mbok Sabar
Rasakan Kuliner Asli Jogja Ayam Goreng Mbok Sabar

Ayam goreng memang menjadi salah satu hidangan yang selalu banyak digemari oleh segala usia. Tak heran sejak dulu makanan satu ini selalu menjadi tajuk banyak usaha kuliner. Termasuk usaha kuliner asli Jogja satu ini, Ayam Goreng Bacem Mbok Sabar.

Dengan bangunan klasik ala era 70an yang sederhana, parkiran luas dan deretan kursi dan meja kayu bergaya tradisional modern, jelas resto ini dibuat semirip mungkin dengan era kejayaannya di masa tahun70an. Ditambah penyematan nama Mbok seakan semakin menguatkan kesan kalau sajian Mbok Sabar ini penganan khas dari desa.

Hidangan utamanya adalah ayam kampung goreng dengan bumbu bacem. Anda bisa mendapatkan ayam baik dalam bentuk utuhan sampai dalam bentuk potongan dan jeroan. Ditemani dengan nasi panas, lalap dan sambalnya yang pedas dan nikmat. Rasanya memang tak akan mungkin terbantahkan kalau menu sederhana ini sukses menggoda lidah Anda.

Rasanya memang “ngangeni”, jadi kerap kali mereka yang sudah pernah mencicipi gorengan ayam khas Mbok Sabar yang gurih manis, akhirnya tak bisa lepas dari sajian ini dan memilih kembali lagi di kemudian hari. Tak heran kalau resto sederhana milik Ayam Goreng Mbok Sabar ini selalu ramai di sambangi pengunjung. Katanya di musim liburan keramaian di resto ini bisa makin menjadi.

Tidak perlu heran sebenarnya kalau resto ini selalu menjadi perburuan para petualangan kuliner dan para pecinta setia hidangan ayam goreng khas Mbok Sabar. Karena lokasinya sebenarnya memang sangat strategis, berada di jalan jagalan non 22 yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Malioboro dan Jalan Mataram. Sehingga meski lokasinya terletak di dalam gang kecil jalan jagalan, tak akan sulit bagi Anda menemukan lokasi resto sederhana berlatar bangunan putih ini.

Dengan berlatar pemandangan kampung kali Code tengah yang padat Anda akan menikmati suasana seakan berada dalam pemukiman penduduk Jogja. Suasana hangat ala perkampungan Jawa secara tak langsung memberi kehangatan dalam suasana Anda menikmati hidangan.

Pada masa lalu, daerah Jagalan ini merupakan pusat pemotongan hewan. Mendirikan sebuah usaha makanan dengan posisi dekat dengan pusat pemotongan hewan jelas pemikiran yang cerdik. Namun kini aktivitas pemotongan hewan tak lagi terpusat di daerah jagalan, kampung hanya menyisakan beberapa aktivitas pemotongan hewan dalam skala kecil. Kadang Anda bisa menjumpai penjaja dendeng sapi asli dan abon khas Jagalan di kedai-kedai sekitar resto Mbok Sabar.

Mau mencicipinya sekarang juga? Kenapa tidak, siapkan dulu dana setidaknya 25 ribuan untuk satu porsi dan minum. Dan puaskan mencicipi hidangan ayam goreng dengan bumbu bacam ala kuliner asli Jogja tempo dulu. Dijamin setelah itu Anda ingin kembali lagi menikmati hidangan klasik ini. Jangan lupa jam buka dari restoran ini yakni antara jam 09.00 sampai jam 21.00.

Baca juga : Kuliner Khas Jogja Si Hitam Manis Brongkos Bu Padmo

Photo by, santapjogja.com

ayam goreng utuhan

LEAVE A REPLY