Pantai Depok, Menawan Dengan Hamparan Pasir Hitam Keren
Pantai Depok, Menawan Dengan Hamparan Pasir Hitam Keren
Pantai Depok, Menawan Dengan Hamparan Pasir Hitam Keren

Langit biru nampak menyatu dengan lautan lepas di Pantai Depok, hamparan pasir hitam nan luas dan para nelayan. Yang bekerja mencari nafkah di Pantai Depok yang kaya akan biota laut dan beragam jenis ikan. Seolah merayu kita untuk datang menyaksikan harmonis kehidupan antara manusia dengan laut. Nuansa yang berbeda coba ditawarkan Pantai Depok bagi para wisatawan yang hadir.

Sebuah pantai yang menyatukan matahari, pasir, dan seafood dalam satu wadah yang dapat dinikmati bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Depok. Banyaknya ikan segar yang ditangkap oleh para nelayan berakhir di meja makan dengan sajian lezat seafood ala Jogja. Tak butuh waktu lama, cukup 20 menit pesanan sampai di meja makan anda, untuk siap disantap.

Ada banyak restaurant seafood yang terdapat di Pantai Depok, jadi tidak perlu bingung untuk mencari lagi, soal harga beda tipis dengan warung sebelah itu sudah biasa. Untuk soal rasa tentu tiap warung pastinya berbeda karena beda tangan beda rasa. Pengunjung Pantai Depok yang kian hari makin ramai membuat kesempatan ini tidak dilewatkan oleh Penduduk setempat dengan membangun warung makan seafood dan berbagai fasilitas lainya.

Jika anda membeli ikan di sini harganya jelas beda dengan harga di pasar, karena disini di jual dibawah harga pasar tentunya. Pantai Depok memang beda dari pantai – pantai lain, disini kita disuguhi wisata pantai sekaligus juga wisata kuliner Jogja. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan Pantai Parangtritis menjadi alasan tersendiri wisatawan untuk hadir ke Pantai ini.

Berkembangya Pantai Depok ini dimulai pada tahun 1997, dimana pada saat itu sejumlah nelayan dari Cilacap berlabuh di Pantai Depok. Dengan membawa hasil tangkapan ikan yang banyak, sehingga warga sekitar Pantai Depok tertarik untuk menjadi penangkap ikan (Cukong). Meski awalnya mereka bekerja sebagai petani dan mengurusi ladang pertanian.

Aktifitas menangkap ikan ini dilakukan sepanjang tahun, terkecuali di hari – hari tertentu dimana ombak sedang besar dan musim paceklik. Mengingat hasil tangkapan ikan yang banyak membuat para nelayan membangun Pangkalan Pendaratan Ikan sekaligus juga Tempat Pelelangan Ikan. Dengan tujuan akan terjadinya persaingan harga yang sehat antara nelayan dan pembeli.

Hal ini agar harga jual ikan tidak terlalu turun di pasaran, sekaligus juga hasil jerih payah nelayan memiliki nilai yang pantas. Nah, setelah puas bermain di Pantai Depok, sempatkan juga untuk datang ke Gumuk Pasir yang merupakan satu – satunya di Asia Tenggara. Eksotime pantai ini memang langka terjadi apalagi di wilayah tropis di negeri kita ini.

Berdiri di Gumuk Pasir seolah membawa anda ke negeri 1001 malam di timur tengah, sebab hamparan pasir ini nampak seperti gurun yang biasa ada di kawasan timur tengah dan Africa. Adanya pasir ini, diperkirakan sudah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu akibat Angin laut dan bukit terjal disebelah timur menerbangkan pasir hasil dari aktifitas Merapi yang terendap di dekat sungai, sehingga membentuk gumuk pasir.

Pastinya menyenangkan bila Sobat menyempatkan diri untuk berlibur di Pantai Depok ini, sebab selain terpuaskan lidah oleh hidangan lezat khas seafood. Sobat juga bisa melihat pemandangan indah yang mempesona. Tak heran jika pantai Depok menjadi Primadona kala liburan tiba, sebab banyak wisatawan asing maupun domestic penasaran untuk datang kesini.

Sudah saatnya anda untuk melepas penat dengan melihat hamparan pemandangan yang indah ini. Nyatanya jalan – jalan atau rekreasi dapat menyembuhkan Sobat dari yang namanya kejenuhan maupun stress yang diakibatkan oleh rutinitas yang padat. Baik itu di kantor, sekolah, maupun kampus terkadang kita harus keluar dan merasakan udara segar pantai atau pegunugan.

Jangan lewatkan moment indah ini dengan berjalan – jalan bersama keluarga, sahabat, dan rekan kerja untuk me-refresh kembali pemikiran kita. Ada banyak sekali pilihan liburan yang ada di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata pantai. Dan yang terpenting lagi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dangan tidak membuang sampah sembarangan.

Photo by, Deni Kur dan Candra

pasir hitam luas untuk skate di jogja
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?