Merasa Muda Lalu Malu Pakai Batik Jogja Baiknya Sobat Baca Ini Dulu
Merasa Muda Lalu Malu Pakai Batik Jogja Baiknya Sobat Baca Ini Dulu

Batik Jogja atau batik asal manapun di Nusantara ini memang tidak diragukan lagi keindahan motif atau corak elegan yang terpatri jelas dalam budaya Indonesia. Bahkan jauh sebelum UNESCO menetapkan batik sebagai warisan dunia. Batik memang telah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia.

Dimasa kerajaan Nusantara, batik bahkan menjadi sebuah symbol kehebatan, kekuasaan, keadilan, adat, serta kearifan alam suatu wilayah. Hal ini diamini oleh para penjajah dimasa itu, ketika mereka pertama kali menginjak tanah Mataram (sekarang Jawa). Bahkan penjelajah Dunia, Columbus mencatat keidahan batik di dalam bukunya yang kemudian mengenalkan batik pada dunia.

Tidak hanya motifnya, batik Jogja juga memiliki nilai sejarah yang teramat mendalam, bila sobat penasaran seperti apa sejarahnya silahkan saja kunjungi Museum Batik Jogja. Disana anda akan dikenalkan secara detail sejarah – sejarah awal mula batik. Tak hanya di Jogja tapi batik dari beragam wilayah di Nusantara.

Lalu apa keunggulan Batik ?

Bila kami jelaskan satu per satu keunggulan batik maka tidaklah cukup satu halaman ini untuk menjelaskanya. Karena terlalu banyak keunggulan ketimbang kekurangan dari batik Nusantara ini. Tapi satu diantaranya ialah Batik Jogja, yang memiliki corak serta keindahan yang unik serta khas mewakili sebuah spirit of Java.

Sekarang ini Batik Menurut Pemuda

Di era modern seperti sekarang ini, kecendurangan para pemuda kini lebih senang bahkan merasa lebih percaya diri bila mengenakan pakaian branded. Walaupun itu KW2 lho.. tetep saja mereka dengan kepala tegak, selfie ria dan mengatas namakan kebebasan. Lalu menolak untuk dikatakan anak kampungan, sembari berteriak dengan accent (logat) daerahnya. #kanAneh?

Berkiblat kearah barat, bukan berarti kita diminta untuk bergaya ke barat – baratan lho, tapi kita menghadap-Nya. Untuk soal gaya okelah dimaklumi menggunakan merch local atau indie masih lebih keren ketimbang beli merch KW2. Memang susah untuk mendobrak kebiasaan, mengenakan batik hanya ketika kondangan.

Lalu munculah ide brilliant dari para innovator pemuda berikut ini, yang dengan bangga mengenalkan batik jadi lebih trendi.

Nah, gimana perasaanmu ? Masih malu pakai batik Jogja..

Semoga setelah melihat, membaca sobat sekalian lebih memahami mempertahankan lebih sulit dari pada meraih. Karena dimasa muda ini, kita hanya diminta untuk menjaga warisan leluhur kita supaya tetap lestari. Tetep gaul bukan berarti meninggalkan budaya sejati Nusantara, mempertahankan budaya bukan berarti bertindak ke-daerahan.

Lalu, apa sebaiknya yang kita lakukan untuk melestarikan ?

Simple sob, belilah baju batik lalu jangan cuman disimpan rapi dilemari tapi kenakanlah dengan santai, kalau perlu perbanyaklah batik dilemari mu dengan beragam mode gaya yang sesuai dengan keinginan anda. Sederhanakan ? jadi jangan malu lagi pakai batik Jogja, yuk hargai warisan dunia ini dan lestarikan untuk selamanya.

Baca juga inovasi berikut ini : Pisang Ceria, Beri Gebrakan Baru Wisata Kuliner Yogyakarta Terbaru

Photo by, sketchsideas.com

Ada pertanyaan atau komentar?