Batik adalah salah satu budaya asli Indonesia yang sudah diturunkan dari nenek moyang. Berikut akan kami ulas tentang Museum Batik Yogyakarta untuk anda.

Museum Batik Yogyakarta: Mengenalkan Kita Budaya Asli Indonesia
Museum Batik Yogyakarta: Mengenalkan Kita Budaya Asli Indonesia (Photo by, Ungki Ariono)

Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari bahasa hingga pakaian di setiap daerah pastinya berbeda – beda. Adapun beberapa kebudayaan tersebut terus dilestarikan sehingga menjadi berbagai macam produk yang sampai saat ini dapat dilihat.

Salah satu budaya yang terus menerus bisa kita nikmati adalah batik. Bagi anda yang ingin mengetahui batik secara lanjut, maka anda bisa mengetahui secara langsung di Museum Batik. Jika anda ingin melakukan wisata, maka anda bisa sekali – sekali mencoba untuk berkunjung ke museum tersebut.

Informasi Tentang Museum Batik Yogyakarta

Pada dasarnya batik adalah salah satu budaya yang dapat dikenakan sehingga sangat khas sekali jika orang – orang menggunakan batik. Adapun salah satu fashion ini mampu mengangkat Indonesia sebagai salah satu budaya yang banyak dikenal oleh orang – orang mancanegara.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, maka anda bisa dengan mudah untuk mengetahui batik lebih dalam dengan cara berkunjung ke Museum Batik. Banyak batik yang ditunjukkan dan tentu saja hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memahami lebih baik tentang budaya yang satu ini.

  Museum Tani Jawa: Belajar Teknik Pertanian Dari Masa Lalu Hingga Kini

Berikut informasi yang bisa anda dapatkan tentang museum tersebut;

Lokasi Museum

Kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui lokasinya jika ingin berkunjung ke Museum Batik Jogjakarta. Lokasi Museum ini berada di Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211.

Jadi jika anda ingin berkunjung ke daerah tersebut, maka anda bisa dengan mudah menemukannya dengan cara pergi ke Malioboro terlebih dahulu kemudian anda bisa menggunakan aplikasi maps yang ada di dalam smartphone anda.

Kendaraan apapun seperti motor ataupun delman bisa anda gunakan karena pada dasarnya letak museum ini masih berada di daerah kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Setelah anda mengetahui tentang lokasi dari Museum Batik, maka anda perlu mengetahui pula biaya yang perlu anda keluarkan saat anda berkunjung ke museum tersebut. Sebagai informasi, jadwal buka Museum Batik adalah hari Senin hingga hari Sabtu. Jam buka dimulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB.

Kemudian untuk biaya masuk yang diberikan bagi kalangan umum adalah sekitar Rp 20.000 saja. Untuk para turis mancanegara mungkin saja diberlakukan harga khusus. Jika anda ingin mengetahui cara membatik, maka pada museum tersebut membuka pelatihan membatik. Sehingga tidak hanya memperhatikan saja, anda bisa pula diajarin cara membuat batik pula.

  Ini dia Kisah Saksi Wisata Religi Sejarah Jogja Di Situs Giring

Apa Yang Anda Dapatkan di Museum Batik?

Pada dasarnya ada beberapa hal unik yang bisa anda dapatkan jika anda mengunjungi Museum Batik Jogjakarta. Museum ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang batik, namun bisa pula dilakukan pelatihan cara membuat batik seperti yang dijelaskan sebelumnya. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 40.000 untuk 1 jam pelatihan batik.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Kemudian anda akan dikenalkan berbagai macam corak batik yang ada di Indonesia. Mulai dari corak Solo hingga corak khas Cirebon. Adapun salah satu penghargaan yang dimiliki museum ini adalah mendapatkan sertifikat dari UNESCO pada tahun 2001 sebagai warisan kultural.

Oke Sob, demikianlah informasi tentang Museum Batik Yogyakarta yang bisa diringkas untuk anda. Jangan lupa untuk meluangkan waktu anda untuk mengetahui bagaimana warisan budaya yang saat ini masih bisa dipertahankan dengan baik.

Ohya, disini Anda juga dapat menginap lho, lokasinya di belakang Museum yaitu Hotel Museum Batik Yogyakarta.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here