New Nglepen – Sekilas terdengar keren sekali nama desa ini ya ? namun disinilah saksi bisu kedermawan pihak asing yang turut andil dalam pembangunan Dusun Nglepen. Yang kini menjadi desa dengan julukan desa Teletubies, mengingat keseluruhan kompleks kampung dibangun menyerupai rumah para Teletubies.

Kompleks dusun ini dibangun pada tahun 2006, ketika pilu dipagi itu mengguncang tanah Kraton. Sekalipun tidak berwarna hijau seperti rumah Hobbit di New Zealand, penduduk sekitar menyebutnya dengan sebutan rumah Teletubies. Lebih tepatnya bangunan ini disebut dengan Dome yang keseluruhan bangunannya berwarna putih.

Menelusuri New Nglepen Yang Memiliki Segudang Cerita Dibaliknya
Menelusuri New Nglepen Yang Memiliki Segudang Cerita Dibaliknya (Photo by, tribunnews/hamim thohari)

Kini New Nglepen telah menjadi salah satu desa wisata di kawasan Kabupaten Sleman, dan sudah banyak pengunjung datang ke kampung ini. Perkampungan New Nglepen ini dalam pembangunananya memang hasil bantuan dari lembaga luar negeri yang mulanya diperuntukan untuk menampung warga Nglepen yang rumahnya ambles terkena dampak gempa.

Keseluruhan bangunan Dome di New Ngelepen ada 80 bangunan terdiri dari 71 rumah penduduk, 6 MCK, satu aula, satu Mushala, dan satu buah klinik kesehatan. Dengan ukuran yang rata – rata sama, berukuran 7 diameter dengan tinggi 4,6 meter.

Dome tersebut bertingkat dua lengkap dengan ruang tamu, dua buah kamar, dapur dan bagian atas berlantai kayu. Kemudian terdapat dua buah pintu depan dan belakang sekaligus empat buah jendela sebagai ventilasi.

Alasan dibangun setengah lingkaran, lebih tepatnya seperti kapsul, supaya tahan terhadap gempa. Sekalipun berukuran tidak terlalu besar namun nampak sangat nyaman sekali sebagai hunian. Suasana desa yang unik ini memang sangat asri dan nyaman sangat kondusif dan warga sangat ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung ke desa ini.

Sampai – sampai warga New Nglepen menyediakan fasilitas demi untuk kenyamanan para wisatawan. Didalam kompleks New Nglepen juga terdapat fasilitas wahana permainan untuk anak – anak seperti ayunan, perusutan, kereta mini, dan jungkat jungkit. Warga juga mempersilahkan bagi wisatawan yang ingin masuk dan melihat – lihat kedalam ruangan Dome yang nyaman tersebut.

Dan bila sobat ingin menikmati suasana desa New Nglepen, disediakan juga kamar untuk menginap yang disewakan. Selain itu juga terdapat area camping ground disekitar dome, bagi sobat yang ingin menikmati suasana alam New Nglepen.

Nah, bila sobat ingin mengunjungi desa wisata New Ngelepen ini hanya perlu membayar retribusi kebersihan sebesar 3.000 rupiah saja. Sekarang ini kegiatan desa wisata ini telah dikelola secara baik oleh karang taruna desa New Nglepen.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari objek wisata sejarah Istana Ratu Boko, dengan menelusuri jalan raya Pramabanan – Piyungan, nanti tinggal mengikuti arah petunjuk jalan menuju desa New Nglepen, bila sobat datang dari arah Prambanan setelah melewati Istana Ratu Boko.

Selamat datang di desa New Ngelepen yang memiliki segudang cerita dan kenyamanan dome – dome yang dibangun kokoh serta tetap memiliki keindahan. Jangan lupa untuk berlaku sopan santun terhadap semua dan bersikaplah sebagai wisatawan yang menikmati kenyamanan dan ketenangan.

Ada pertanyaan atau komentar?