Makanan Khas Jogja – Sebagai salah satu kota wisata yang banyak diminati, Yogyakarta juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba.

Selain terkenal dengan gudeg yang manis dan lezat, Jogja pun ternyata mempunyai jenis makanan khas tradisional lain, seperti : nasi tiwul, mie lethek, soto lenthok. Nah, berikut akan disajikan informasi lengkap mengenai makanan khas Jogja di atas lengkap dengan harga dan khasnya.

Makanan Khas Jogja Yang Tetap Digemari Oleh Kids Jaman Now

Nasi Tiwul

3 Makanan Khas Jogja Yang Tetap Digemari Oleh Kids Jaman Now
Makanan Khas Jogja Yang Tetap Digemari Oleh Kids Jaman Now – Sego Tiwul (Photo by, de_tjamilan)

Yang pertama adalah nasi tiwul. Makanan khas Wonosari Gunung Kidul ini, memiliki citarasa yang manis, gurih, dan bertekstur lembut. Adapula yang mengemas nasi tiwul ini secara instan, modern, tanpa bahan pengawet namun rasanya tetap enak.

Jika Anda berkunjung ke Jogja, namun tidak sempat berkuliner, maka Anda bisa membawa pulang nasi tiwul ini dengan simple dan tidak akan tumpah. Hasil olahan yang berasal dari tepung singkong atau kasava yang di olah secara higienis dan dikemas dalam packing 250 gram (1 box = 20 pack).

Nasi tiwul ini memiliki berbagai manfaat juga loh untuk kesehatan, antara lainnya yaitu untuk penyakit hipertensi, diabetes, obesitas, maag dll. Komposisi makanan ini yaitu terbuat dari tepung singkong atau kasava pilihan, gandum, jagung, fortikasi vitamin dan mineral, dan rasanya ada yang manis gula jawa dan tawar.

Harga satuannya yaitu hanya sebesar Rp 12.000,00 hingga Rp 15.000,00 saja. Yuk, dicoba makanan khas Jogja yang satu ini!

Mie Lethek

Udah Coba Mie Lethek Wisata Kuliner Bantul
Udah Coba Mie Lethek Wisata Kuliner Bantul

Selanjutnya adalah mie lethek atau dalam bahasa Indonesia adalah mie yang kotor atau kusam. Mie ini diberikan nama lethek karena memangmi khas Yogyakarta khususnya daerah Bantul ini memiliki tampilan yang kusam dan terkesan kurang menarik.

Tetapi soal rasa, tidak usah khawatir karena mie yang terbuat dari tepung tapioca (ketela) tersebut tidak kalah dengan mie lainnya. Salah satu tempat makan yang menyaikan mie lethek yaitu warung makan Mi Lethek Mbah Mendes adalah salah satu yang wajib dcoba.

Warung makan ini bisa ditemukan di dua lokasi yaitu Dusun Sarirejo, Kelurahan Maguwaharjo, Kecamatan Depok, Sleman.

Satunya lagi berada di Jalan Parangtritis Km 3,5 Sewon, Bantul.

Untuk jam buka, Mi Lethek Mbah Mendes Maguwaharjo buka dari jam 08.00 hingga 22.30, sedang di Parangtritis buka dari jam 16.00 hingga 22.30.

Olahan mi lethek lainnya yang unik adalah omelet mie lethek dan soto lethek. Menu-menu penggugah selera ini dapat dinikmati mulai dari harga Rp.15.000,00 saja. Yuk, mari dicoba!

Soto Lenthok

kuliner khas Jogja Soto Lenthok
Soto Lenthok (Photo by, rahmaluphe)

Lalu terdapat juga soto lenthok. Salah satu yang yang terkenal yaitu Warung Soto Lenthok 21. Bagi Anda yang belum tahu apa itu soto lenthok, maka diwajibkan untuk mencobanya.

Lenthok sendiri adalah perkedel ketela khas Yogyakarta yang memang biasa dipakai sebagai patner makan soto. Soto Lenthok 21 berlokasi di Jalan Sugeng Jeroni, selain itu warung ini menawarkan pula banyak pilihan lauk pauk sebagai pendamping menu utama yaitu soto.

Lenthok gorengan yang terbuat dari ketela ini adalah favorit dari menu soto ini. Selain lezat, lenthok menawarkan rasa, tekstur, dan bentuk yang menarik. Ketika disantap, rasa lenthoknya berpadu dengan kuah soto yang benar-benar menjadi khas dan lezat.

Satu mangkok soto lenthok ditambah dengan kepala ayam kampung hanya Rp 17.000,00. Harga satuan lenthoknya hanya Rp 700,-.

Demikian tiga jenis kuliner khas Jogja yang telah kami ulas, masih banyak lagi makanan lain yang menjadi khas kota Jogja ini. Bagi Anda yang sedang mencari, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, baca juga artikel menarik berikut ini, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait pengolahan makanan lokal.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here