Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan, cemilan, kue ataupun kudapan.

Selain tempat wisata yang dicari oleh para wisatawan lokal dan asing, Kulinernya juga menjadi salah satu ciri khas suatu daerah yang banyak di cari para pendatang.

Mulai dari makanan yang sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi dan mewah.

Setiap makan tentunya melalui proses pembuatan yang berbeda beda.

Mencicipi kuliner Jogja sudah menjadi keharusan selagi jalan-jalan di Kota Yogyakarta.

Gudeg dan angkringan telah menjadi simbol keunikan kuliner khas Jogja.

Tentu bagi anda yang belum pernah ke Jogja penasaran dan ingin berlibur kesana.

Anda dapat menggunakan jasa paket tour Jogja sebagai sarana Anda berlibur.

Pasalanya jasa paket tour Jogja memiliki harga yang murah dan menawarkan fasilitas yang lengkap. Selain itu menggunakan jasa paket tour dianggap lebih mudah dan efisien.

Yogyakarta terus mengembangkan kota nya dengan budaya, tempat wisata dan kuliner Jogja yang dimilikinya.

Sehingga membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berlibur ke Jogja. Tak hanya tempat wisata alam dan budayanya, Yogyakarta juga mampu menarik perhatian dengan kulinernya.

Untuk itu disini kami akan membahas tentang beberapa tempat yang menjadi ciri khas kuliner di Jogja.

Kuliner Khas Jogja Yang Mendunia

Gudeg Yu Djum

Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, Sobat akan disambut getaran pita suara dari seorang penyanyi keroncong tua. Gudeg disana dikenal memiliki rasa yang enak.

Angkringan Lik Man

Angkringan ini tak beda dengan angkringan lainnya sebenarnya, berupa pikulan gitu dengan banyak makanan tertata di pikulan ini, kemudian ada bakarannya juga.

Sehingga sate yang kita pesan bisa dibakar lagi disini ketika akan kita santap, pokoknya asik sekali deh nongkrong di Angkringan seperti ini, benar-benar terasa di Yogyakarta.

Angkringan yang satu ini juga menyedikan lesehan di sebrang jalan, tapi jauh lebih asik duduk di depan Lik Man secara langsung, menyaksikan bagaimana ia membuat Kopi Joss yang nikmat.

Gudeg: Icon Kuliner Khas Jogja

Kuliner Khas Jogja, Menelaah Nilai Budaya Yang di Wariskan Leluhur
Kuliner Khas Jogja, Menelaah Nilai Budaya Yang di Wariskan Leluhur (Photo by, arieparikesit)

Gudeg adalah kuliner Jogja yang begitu terkenal dengan rasanya yang manis. Gudeg biasanya terdiri dari nangka, telor, ayam dan krecek.

Awalnya gudeg dibuat dengan basah. Namun seiring perkembangan jaman, kebutuhan gudeg untuk oleh-oleh yang semakin berkembang juga seirama dengan munculnya gudeg kering.

Gudeg kering baru ditemukan sekitar enam dasawarsa yang lalu. Selain gudeg bisa dimakan langsung, gudeg pun bisa di bawa sebagai oleh-oleh.

Untuk anda yang akan berkunjung ke Jogja, gudeg adalah salah satu makanan yang wajib anda coba.

Anda pasti akan ketagihan ketika mencobanya. Ditambah dengan sambal membuat sensasi berbeda saat memakan gudeg.

Kebanyakan ketika anda pergi, keluarga, sahabat maupun teman anda suka memitip oleh oleh. Gudeg kering menjadi salah satu oleh oleh yang wajib dibawa jika anda berkunjung ke Jogja.

Gudeg bukan hanya terkenal di Indonesia, namun sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan para turis sengaja datang ke jogja untuk memakan gudeg.

Dahulu tempat jual gudeng sulit di dapat, tetapi dijaman modern seperti sekarang ini bisnis gudeg dijogja sudah menjadi andalan. Belilah gudeg ditempat yang terkenal rasanya.

Banyak juga yang menjual gudeg namun rasanya berbeda. Karena bisnis Jogja memberikan profit yang baik untuk beberapa lembaga yang bergerak dibidang kuliner.

Mengakibatkan banyak oknum yang hanya mencari keuntungan dengan menjual gudeg tiruan. Harga dari gudeng tiruan ini juga biasa lebih murah daripada gudeg yang asli.

Ada pertanyaan atau komentar?