Lompat ke konten

Kenali Berbagai Jenis Dempul Mobil yang Harus Diketahui

Bagikan ke sosmed kamu

Apakah kamu pernah mendengar istilah dempul mobil? Bagi kamu yang suka bermain- main dengan modifikasi maupun suka dengan kegiatan bengkel pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.

Kenali Berbagai Jenis Dempul Mobil yang Harus Diketahui
Kenali Berbagai Jenis Dempul Mobil yang Harus Diketahui

Biasanya anak cowok yang lebih banyak penasaran dan suka mengotak-atik mobilnya. Jadi, apa itu dempul mobil?

Dempul mobil ini biasanya digunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang mengalami kerusakan. Namun, kamu jangan salah kalau ternyata dempul mobil ini biasanya juga digunakan saat pengecatan.

Nah, ternyata dempul mobil sendiri memiliki berbagai jenis di pasaran dengan varian harga yang tentu berbeda sesuai dengan kualitas masing- masing.

Agar kamu bisa mengetahui informasi lebih lanjut mengenai dempul mobil, maka kamu bisa menyimak informasi di bawah ini tentang berbagai jenis dempul mobil.

1. Dempul Plamir

Jenis dempul mobil pertama yang harus kamu ketahui adalah dempul plamir. Apakah kamu pernah mendengar jenis dempul yang satu ini?

Biasanya jenis dempul yang satu saat akan menggunakan harus dicampur lebih dulu dengan tiner.

Jenis dempul mobil ini juga mempunyai daya rekat yang baik dan juga tahan karat sehingga sangat bagus jika digunakan, akan tetapi bisa dibilang untuk durasi atau waktu pengeringan dari dempul jenis ini tergolong lama.

Sehingga kamu harus bersabar saat melakukan dempul jenis yang satu ini karena proses pengeringannya cukup lama jika dibandingkan dengan jenis dempul yang lain. Dempul plamir ini sendiri juga memiliki nama lain yaitu epoxy putty.

Baca Juga:  Beginilah Cara Pembuatan KTP Terbaru dan KK Baru Klasifikasi Pindah Antar Provinsi

Biasanya dempul ini berasal dari bahan amine dan juga epoxy resin sehingga di dalam aplikasinya tadi harus dicampur dengan tinner seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jenis dempul yang satu ini sudah cukup familiar di masyarakat.

2. Dempul Plastic

Jenis dempul mobil yang kedua yaitu dempul plastic. Dempul plastic juga biasa disebut dengan nama polyester putty. Jenis dempul yang satu ini menggunakan organic peroxide sebagai suatu hardener.

Dempul plastic ini juga memiliki kandungan pigmen sehingga dalam aplikasinya nanti akan lebih mudah diamplas dan waktu pengeringan yang dibutuhkan juga cepat. Karena itu, dempul plastic ini memiliki waktu pengeringan yang cepat karena bahan dasarnya dari dasar plastik.

Dalam penggunaannya, dempul plastic ini cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bahan plastic dengan pasta sehingga bisa membuat tekstur yang keras.

Kamu harus memastikan jika semua bahan yang sudah kamu miliki sudah sesuai dengan takaran yang tepat sehingga kamu bisa mendapat hasil yang bagus yaitu dapat mengeras saat dempul itu mongering nanti.

Untuk dempul plastic ini sendiri biasanya juga digunakan untuk menutup cat yang sudah parah dan juga memberi petunjuk di permukaan. Sebetulnya ada banyak sekali jenis dan variasi dari dempul plastic ini, misalnya ada Alfaglos, Isamu, SanPolac, dan lain- lain.

Baca Juga:  6 Tips Memilih Jasa Sewa Mobil Di Jogja Yang Wajib Diperhatikan

3. Dempul Buatan

Jenis dempul mobil berikutnya yaitu dempul buatan. Apakah kamu pernah mendengar atau bahkan mencoba langsung jenis dempul yang satu ini?

Dempul buatan ini tergolong ke dalam jenis dempul yang memiliki kualitas yang rendah karena dempul ini bisa dibuat hanya dengan menggunakan cat dasar dan juga bedak talek saja.

Dempul buatan atau bisa disebut juga dengan nama lacquer putty ini merupakan jenis dempul terakhir yang cukup familiar bagi kamu tentunya. Dempul ini bisa terbuat dari campuran lapisan dasar dan juga bubuk talek.

Lalu, apa bahan utama dari jenis dempul yang satu ini? Bahan utama dari dempul ini yaitu acrylic resin dan juga nitrocellulose. Jadi, dalam aplikasinya nanti hanya perlu tipis-tipis di bagian yang memang tergores saja.

Untuk bisa menggunakan dempul mobil yang satu ini, meski kelihatannya mudah tapi kamu juga harus bisa mengetahui lebih dulu bagaimana cara dempul mobil yang benar agar hasilnya bisa tetap terlihat bagus meski tidak sebagus kualitas dari 2 jenis dempul yang lain.

Itulah beberapa jenis dempul mobil yang bisa kamu ketahui. Ternyata ada berbagai jenis dempul mobil, kamu bisa mengetahui lebih banyak hal mengenai dempul mobil di duitpintar.com/mobil-baret/


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.