Tips Menghindari Asap Rokok Supaya Tidak Ikut Terkena Dampaknya
Tips Menghindari Asap Rokok Supaya Tidak Ikut Terkena Dampaknya (photo by ibudanmama)

Pola hidup sehat – Perlu kita ketahui bahwa meskipun kita tidak merokok, bukan berarti kita bebas dari penyakit yang dikhawatirkan akan diderita oleh perokok, seperti kanker paru-paru. Menurut penelitian, perokok pasif beresiko terkena kanker paru-paru sebesar 25%.

Perokok pasif sendiri adalah orang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok disekitarnya.

 

Sebenarnya, setiap orang berhak memilih merokok atau tidak. Jika kita memaksa seseorang perokok untuk tidak merokok tentu itu melanggar kebebasannya, kecuali atas kesadaran dirinya.

Indonesia juga merupakan produsen rokok yang besar. Itu artinya konsumsi masyarakat terhadap rokok masih tinggi.

Tips Menghindari Asap Rokok Supaya Tidak Ikut Terkena Dampaknya
Tips Menghindari Asap Rokok Supaya Tidak Ikut Terkena Dampaknya (photo by ibudanmama)

Sudah banyak dilakukan penyuluhan mengenai bahaya merokok, bahkan pada bungkus rokok pun terdapat pesan bahwa merokok itu membunuhmu, namun sepertinya hal itu tidak digubrisnya. Tentu ada alasan sendiri mereka tetap merokok. Kita sendirilah yang harus menjaga diri agar tidak ikut menghirup asap rokok.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan agar kita tidak menghirup asap rokok :

  1. Cari tempat yang terdapat area no-smoking

Jika kita sedang berada ditempat-tempat dimana banyak terdapat orang banyak, pilih yang terdapat area bebas rokok, atau tempat yang punya tempat yang memisahkan bagi perokok dan tidak perokok, misal di warnet, di cafe, di tempat-tempat wifi. Biasanya tempat-tempat tersebut menyediakan ruang khusus untuk perokok.

Jaga jarak dengan perokok
No smoking area
  1. Buat rumah kita bebas dari asap rokok

Buat aturan bahwa semua orang yang memasuki rumah kita, tidak boleh merokok. Dengan demikian, rumah menjadi bebas rokok dan aman untuk dihuni oleh orang-orang tercinta kita.

Rumah bebas asap rokok
Rumah bebas asap rokok (photo by popeti)
  1. Menjaga jarak dengan perokok

Tegur bila anda berani menegurnya(misal teman, sahabat, tetangga) atau jika tidak segera anda tinggalkan tempat itu.

Jaga jarak dengan perokok
Jaga jarak dengan perokok (photo by volunteerspot)

Demikian cara-cara untuk menghindari dari bahaya asap rokok, yuk bersama-sama ciptakan lingkungan dan pola hidup yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan kami berharap agar sobat tetap diberikan kesehatan dan didekatkan dengan orang-orang yang anda cintai. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

LEAVE A REPLY