Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri
Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri

Desa wisata memang belakangan ini sedang mewabah di kota Yogya. Anda dengan mudah menemuan berbagai desa wisata yang berkembang dengan pesat dengan menawarkan kelebihannya masing-masing. Tetapi desa wisata Kebong Agung ini bisa dikatakan sebagai salah satuu desa wisata yang menyajikan paket lengkap dari yang lain.

Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri
Desa Wisata Kebon Agung, Bawa Kita Pada Suasana Pedesaan Yang Asri

Pada masa lalu, desa Kebon Agung merupakan kawasan dari kasunanan Surakarta dan menjadi salah satu lumbung padi bagi kawasan Surakarta. Tidak hanya itu, desa ini kerap menjadi lokasi pembuangan para selir keraton Kasunanan.  Pada masa itu, pembuangan selir kerap disebut dengan istilah pengebonan. Karena yang dikebonkan adalah keluarga keraton, akhirnya dikenal istilah Kebon Agung yang menjadi latar penamaan desa ini.

Desa wisata Kebon Agung hingga kini masih menjadi salah satu lumbung padi bagi Yogyakarta. Persawahan masih membentang luas di seluruh desa dan menjadi salah satu komoditas terpenting di desa Kebon Agung. Dan karena statusnya sebagai lumbung padi inilah kemudian di desa ini juga dibangun sebuah bendungan yang ditujukan sebagai sumber irigasi bagi desa yang kemudian lebih dikenal sebagai bendungan Tegal.

Aktivitas pertanian yang sengaja di beberapa bagian masih menerapkan metode pertanian tradisional lengkap dengan sistem bajak klasik dengan kerbau sebagai penarik, metode garu dan tanam yang juga masih dijalankan dengan teknik manual merupakan salah satu nilai lebih yang dijual dari desa wisata Kebon Agung ini.

Dan untuk Anda yang ingin menikmati panorama alam yang cantik, sudah tentu desa wisata ini menawarkan pesona dari Bendungan Tegal. Bendungan ini berukuran relatif besar dari kebanyakan Kedung lain di Yogya, dengan panorama alam perbukitan selatan Imogiri yang menawan. Bendungan ini kerap menyelenggarakan beberapa event, termasuk festival perahu naga reguler.

Bendungan juga menyediakan beragam wahana main air seru lain yang siap menantang untuk Anda jajal. Atau kalau Anda penggemar memancing, Bendungan Tegal satu ini juga siap memanjakan hobi Anda sepuas Anda.

Puas bermain lumpur di sawah dan bermain air di Bendungan Tegal, desa wisata ini masih menawarkan Anda banyak keseruan lain. Salah satunya adalah setra kerajinan yang juga berkembang di desa ini. Desa ini dikenal sebagai produsen batik kayu dan batik gerabah yang sudah mencapai pasar internasional.  Desa ini juga merupakan penghasil beberapa produk kerajinan seperti tatah sungging.

Terakhir, jangan lupa manjakan lidah Anda dengan beberapa sajian unik khas Imogiri. Kawasan ini denal dengan sajian tiwulnya yang selalu terasa nikmat untuk mengisi perut Anda. Desa wisata Kebon Agung juga akan mengenalkan Anda dengan sajian gudeg manggar khas Bantul yang justru berbahan lebih ningrat dari gudeg nangka biasa. Atau cicipi tongseng kambing khas Imogiri yang selalu sukses membuat Anda ketagihan.

Hanya di desa wisata Kebon Agung Anda akan menemukan sekaligus beragam keseruan berwisata di satu kawasan. Mulai dari wisata alam, keseruan belajar bersawah dan asyiknya belajar dan berbelanja produk kerajinan. Apalagi kuliner desa wisata Kebon Agung yang akan membuat Anda ketagihan.

Baca juga : Begini nih asyiknya, Belajar Tenun Di Desa Wisata Sangubanyu Sleman

Photo by, riskmanagement.co.id

cantik desa, wisata yang asri pedesaan, foto gadis desa cantik, foto suasana pedesaan, gadis cantik lagi bawa kayu bakar di kebun, gambar foto gadis desa yg cantik, pedesaan yang asri, selir keraton solo
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?