Cara Ampuh Usir Kebiasaan Buruk Yang Sulit Dihilangkan
Cara Ampuh Usir Kebiasaan Buruk Yang Sulit Dihilangkan (Photo by heinzmarketing.com)

Sobatjogja – Setiap orang pasti punya keburukan dan kalian pasti nya punya kebiasaan buruk itu, entah diketahui orang lain atau tidak, tentu itu bukan hal yang baik untuk dipelihara.

Dan kita pun berusaha agar jangan sampe ketahuan sama orang lain, terutama orang-orang yang kita hormati, seperti orang tua, tetangga, pak RT, pak lurah, bos besar, pacar, keluarga pacar, dll.

Cara Ampuh Usir Kebiasaan Buruk Yang Sulit Dihilangkan
Cara Ampuh Usir Kebiasaan Buruk Yang Sulit Dihilangkan (Photo by heinzmarketing.com)

Daripada terus dipelihara, mendingkan segera mulai untuk menghilangkannya. Jangan sampe benar-benar kepatri dalam diri kita.

Misalnya si toyib, si toyib yang mana, itu tu yang pulang-pulang, oh yang ga pulang tiga kali puasa tiga kali lebaran itu ya.., bukan itu mah lagu. Haha..

Atau misalnya si ghofar, dia suka makan tetapi berbunyi (istilah jawa: kecap), teman-temannya bilang si ghofar itu yang makannya anyang-anyang-anyang dan bikin teman kita terganggu.

Nah ga enak kan kalo kita diinget orang karena kebiasaan buruk kita. Mending kita hilangkan deh mulai sekarang, mungkin ini jawaban temen-temen :

  • Yah gimana ya, udh terlanjur seperti ini
  • Ini mah udah bawaan lahir, ga bisa diubah (pasrah bin ogah)
  • Aku tuh ga bisa diginiin, please deh (yang ini rada lebai)
  • Gua tuh gini, dan gua ga bisa jadi sempurna kayak orang lain

Jawaban diatas mungkin ada salah satu yang merupakan jawaban kalian.

Manusia itu ga ada yang sempurna, dan mereka-mereka yang kalian anggap sempurna itu adalah mereka yang tahu kekurangan diri, kemudian belajar cara menghadapinya, dan tegas untuk mau merubah diri. Mudahkan ?

Enggak.. ga mudah.. ya diucapkan memang mudah, tapi begitu sulit untuk dijalani. Tapi mereka menganut prinsip try and error, coba lagi dan terus coba lagi.

Mereka yang berhasil adalah mereka yang selalu berusaha dari kegagalannya. Selama kalian pegang prinsip itu, ga mustahil deh kalo kebiasaan buruk kalian bisa hilang.

Berikut beberapa list dari kebiasaan buruk yang sering penulis jumpai, sebagian juga penulis alami, hehe :

  • Suka mengumpat, ya memang ini hak masing-masing untuk mengekspresikan perasaan diri. Tapi jangan sampe kebiasaan ini kita bawa saat kita kerja atau dirumah dengan anak-anak, hanya karena kita terlanjur suka mengumpat, lebih baik dikurangi atau dihilangkan.
    Diganti dengan ya Allah, Innalillahi, Astagfirullah, Masya Allah , Allahuakbar, Samiallahu liman hamidah juga gapapa..
  • Boros pengeluaran, ini juga bukan perbuatan yang baik, boros itu temannya setan. Dan belum tentu setannya mau jadi teman loe. Hehe.. belajarlah untuk memanage uang dengan baik, cara nya seperti tukang kayu itu lho, ukur dua kali, potong satu kali.., mikir dua kali sebelum membeli
  • Sering bergadang, kalo berdagang sih ga masalah
    Karena bergadang itu boleh saja, kalau ada perlunya
  • Malas, mager alias malas gerak, udh pewe aja dikamar/kos..
    Disuruh mandi ogah, belajar ogah, jalan-jalan ogah, ini maunya apa sih..
  • Buang-buang waktu ga jelas, macam ga punya tujuan hidup kali ya..
  • Gamers, Game holic, game maniak, yang jelas sering main game sampe lupa waktu, bahkan lupa diri..
  • Bangun kesiangan, kalo ini emang sebagian besar pernah dialami oleh kaum muda, terutama yang lagi kuliah, efek dari bergadang di cafe atau nobar atau ngegame lembur..
  • Buang sampah sembarangan, nah ini budaya kita yang masih sering terlihat, mayoritas negara berkembang emang bermasalah di bidang kebersihan. Ga seperti di negara maju, dimana mereka akan menyimpan sampah bila tidak menemukan tong sampah dan akan malu bila buang sampah sembarangan, bahkan ada yang sampe di denda.
    Orang yang suka buang sampah sembarangan juga mendapat cap jelek, bahwa ia tidak peduli terhadap diri dan lingkungannya.

List diatas hanya sebagian yang penulis tahu, dan mungin sobat punya hal buruk lain yang ingin dihilangkan.

Begini Caranya :

1. Peduli Diri Sendiri
Peduli pada diri sendiri itu yang pertama,
pahami diri kita dan ajaklah untuk berubah.
Yakin kan bahwa kita pasti bisa hilangkan kebiasaan buruk itu.
Jangan pernah negatif thinking duluan, karena didunia ini nothing is impossible.
Syaratnya hanya satu, mau berubah atau tidak.

2. Buat agenda atau rencana
Buat agenda yang harus dilakukan dan ga boleh dilakukan agar lepas dari kebiasaan buruk itu. Cukup dengan menuliskannya di buku atau dilaptop dan dijadikan sebagai acuan untuk progress kedepannya.

3. Disiplinkan diri
Usahakan kita benar-benar berada dalam progress untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu, tempel kertas di tembok atau di meja belajar bahwa kita sedang ada di fase perubahan. Bila sudah muncul tanda-tanda akan kembali ke kebiasaan lama (buruk) segera bertindak dan beri punish atau hukuman bila melanggar.

4. Beri reward/hadiah bila berhasil dan beri punish bila masih melanggar
Untuk kebaikan diri tidak ada salahnya melakukan ini. Namun juga sewajarnya saja jangan berlebihan. Sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang kita usahakan.

Dengan melakukan 4 hal diatas, selama seminggu berturut-turut, merupakan usaha kalian untuk menghilangkan hal buruk itu.

Awal-awal memang terasa berat dan banyak godaannya.

Namun pehatikan seminggu berikutnya, akan lebih ringan,
karena itu sudah tertanam pada diri kalian dan sudah membentuk kebiasaan.

Kebiasaan yang baik tentunya.

Demikian lah artikel yang dapat kami bagikan tentang cara usir kebiasaan buruk yang bisa anda lakukan, semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya, Amiin.

Baca Juga :

Tips Bertamu Agar Si Pemilik Rumah Tidak Terganggu dan Terbebani
8 Tips Untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Cara Membaca Buku Secara Efektif Yang Wajib Kamu Ketahui

LEAVE A REPLY