Bumi Perkemahan Ranca Upas – Apa yang Sobat kerjakan saat mulai merasa jenuh dengan aktifitas sehari-hari? Apakah menghibur diri dengan menikmati wisata alam terbuka? Atau keluar dari rutinitas dan pergi berlibur lalu menikmati segarnya udara bebas?

Kalau, Ya. tentu saja berkemah dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika anda sehari hari berada ditengah keriuhan dan keramaian kota maka sejenak menyepi di tengah hijaunya alam Indonesia adalah pilihan yang tepat.

Lalu bagaimana dengan keluarga anda? Ajak saja sekalian, berikut ini ada sebuah lokasi untuk berkemah. Yang memiliki panorama mempesona dan udara yang sejuk namun juga tidak sulit untuk menjangkau lokasinya.

Yups, bumi perkemahan Ranca Upas di Bandung bisa menjadi pilihan anda yang ingin menikmati kebersamaan di tengah alam. Lalu seperti apa sih Ranca Upas itu? Berikut ini beberapa informasi singkat yang bisa anda jadikan acuan untuk mempersiapkan waktu kemah anda bersama keluarga atau rekan anda.

Tentang Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas, Membawa Kita Kembali Berbaur Dengan Alam Terbuka
Bumi Perkemahan Ranca Upas, Membawa Kita Kembali Berbaur Dengan Alam Terbuka (Photo by, raditahasta)

Jika Sobat datang membawa anggota keluarga seperti keponakan atau buah hati tercinta, tentu kita tidak bisa mencari lokasi berkemah yang terlalu jauh apalagi memiliki medan yang sulit untuk dijangkau.

Nah, bumi perkemahan Ranca Upas ini sangatlah cocok untuk mrnjadi tempat tujuan anda berlibur yang dalam hal ini berkemah bersama dengan keluarga. Alasannya? Ranca Upas terletak di daerah Ciwidey dan sudah dikelola dengan baik untuk anda yang ingin merasakan kesejukkan alam Bandung.

Lokasi dari bumi perkemahan Ranca Upas sendiri juga memiliki kelengkapan fasilitas seperti toilet dan WC jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencari sumber air untuk kebutuhan cuci dan mandi.

Tentu saja hal ini sangat penting apabila anda membawa anak anak dalam kegiatan berkemah anda. Hal ini tentu saja berbeda dengan perkemahan pecinta alam yang ingin berlatih untuk survival. Namun jika demikian pun, tempat ini bisa menjadi pilihan anda yang tepat.

Harga Tiket Masuk Bumi Perkemahan Ranca Upas

Untuk tiket masuk di wilayah bumi perkemahan Ranca Upas sangatlah murah yakni hanya sebesar IDR 10.000 per orang. Sedangkan untul parkir kendaraan apabila anda membawa kendaraan, hanya dikenakan IDR 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan IDR 4.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Dana yang masuk tersebut akan dikelola dan digunakan untuk pengembangan dan menjaga kelestarian dari alam ranca Upas. Untuk masalah keamanannya, tidak perlu kuatir karena ada penjaga yang akan berpatroli dan juga berjaga sehingga barang bawaan serta kendaraan anda aman.

Tips Berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Untuk anda yang tertarik dengan berkemah di lokasi ini, ada beberapa tips yang bisa kami berikan agar anda dapat menikmati waktu anda dengan maksimal. Berikut tips tipsnya.

1. Pilih hari yang tepat

Nah yang satu ini sangatlah penting agar anda bisa menikmati waktu anda di tengah alam Ranca Upas. Pilihlah hari yang baim seperti menghindari musim hujan agar anda bisa menikmati malam dan kegiatan berkemah tanoa takut kehujanan.

2. Tidak perlu beli, anda bisa sewa peralatan camping

Tidak perlu untuk selalu membeli peralatan kemah untuk anda gunakan berkemah di bumi perkemahan Ranca Upas. Anda bisa menyewanya di berbagai pusat persewaan peralatan outdoor dan camping.

Yang anda butuhkan lun tidak terlalu banyak, seperti tenda, sleeping bag, tas ransel besar jika perlu, mat atau alas tidur yang juga anda bisa menggantinya dengan tikar yang bisa anda bawa serta kompor mini jika anda tidak ingin repot membuat api unggun.

3. Pahami dan patuhi peraturan dalam berkemah

Nah yang satu ini sangat sangat penting untuk anda ingat terutama anda ajarkan pada anak anak anda. Peraturan dalam berkemah sepeti jangan meninggalkan sampah apapun, terutama plastik bungkus makanan.

Buatlah api unggun dengan cara yang benar dan jangan bermain api di lahan yang kering, terutama untuk anda yang merokok. Dan yang terakhir jangan bertindak asusila, hormati norma norma masyarakat yang ada.

Hormati juga pengunjung lainnya dimana mereka juga pastinya berkemah untuk mencari sebuah ketenangan di alam. Dan tentu saja tetap jaga kebersihan agar alam tetap terjaga dengan asri.

Oke Sob, demikianlah ulasan lengkap mengenai tempat wisata alam terbuka di Bandung, yaitu bumi perkemahan Ranca Upas. Semoga bermanfaat, jangan lupa like, komen, dan share konten menarik ini. Sampai jumpa di lokasi wisata lainnya, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?