Jika kita berbicara tentang usaha modal kecil, berarti kita masih memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. Meski jumlahnya terbatas, kita masih harus mengeluarkan uang.

Usaha Modal Kecil Untuk Anda Yang Ingin Memulai Tanpa Resiko
Usaha Modal Kecil Untuk Anda Yang Ingin Memulai Tanpa Resiko (Foto: Negative Space)

Untuk membuka usaha modal kecil, kita juga harus memiliki modal lain seperti pengetahuan seputar usaha yang akan direalisasikan (ini bisa dipelajari), kesediaan berinvestasi, keahlian umum, dan kerja keras.

Ada banyak peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan di rumah. Kita bisa melakukan proses menjalankan usaha dengan baik tanpa harus menyewa suatu tempat atau ruko.

Namun demikian, kita harus mempertimbangkan pasar di sekitar. Akankah ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana?

Di bawah ini adalah beberapa usaha modal kecil yang dapat dilakukan di rumah;

Kuliner

Jika Anda pintar memasak dan memiliki resep unik atau dapat menyiapkan makanan ringan populer dengan banyak orang, Anda harus mempertimbangkan peluang usaha di bidang kuliner.

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai dunia kuliner. Tidak banyak orang yang berhasil memimpin sektor makanan, bahkan sektor ini tumbuh dan membuka cabang di tempat lain.

Usaha Menjahit

Jika memiliki keahlian menjahit, Anda bisa membuka usaha menjahit. Karena banyak orang ingin menjahit pakaian mereka dengan gaya dan ukuran tertentu, terutama yang memiliki tubuh agak gemuk atau kurus.

Yah, mereka tentu selalu mencari layanan pakaian yang disesuaikan dengan morfologi mereka. Peluang bisnis yang unik ini sangat cocok untuk orang-orang yang tertarik pada dunia mode. Anda tentu harus tahu cara menjahit dan menggambar pakaian.

  Sangat Singkat Mengetahui Pengertian Pemasaran Dalam Satu Kalimat

Selain membuat pakaian baru, layanan menjahit juga diperlukan bagi mereka yang ingin mengurangi pakaian terlalu besar atau hanya atribut beberapa atribut untuk mereka.

Seperti kita ketahui, banyak orang membeli pakaian (baju / celana) yang modelnya terpengaruh, tetapi ketika dibeli, ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian, pelanggan pasti akan mencari layanan yang disesuaikan untuk mengecilkannya.

Laundry

Yang satu ini tidak perlu keahlian, tapi kepintaran mencari peluang. Jika membuka jasa laundry namun mengerjakannya tanpa mesin cuci, tentu akan gempor juga. Maka dari itu untuk membuka jasa laundry dibutuhkan setidaknya satu mesin cuci.

Jika kita memberikan perhatian khusus pada sektor laundry, ada layanan yang semakin beragam, beberapa bahkan menawarkan untuk memilih pakaian yang akan menjadi pakaian.

Disini lah yang disebutkan di atas, kepintaran mencari peluang, perusahaan laundry biasanya akan banyak diminati jika mereka berlokasi di dekat kampus, rumah kos karena rata-rata lokasi tersebut dihuni oleh orang yang sibuk sehingga tidak sempat mencuci pakaian mereka.

Dropship / Reseller

Memiliki toko online sekarang ternyata sangat mudah loh. Keahlian yang perlu dimiliki dalam menjalankan usaha ini adalah keahlian menggunakan smartphone saja dan melakukan berbagai promosi.

  Usaha Sampingan di Desa Yang Dijamin Menguntungkan Setiap Waktu

Toko online dapat dikelola oleh orang-orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan mereka dengan menjual online.

Dan kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan bergabung dengan pemasok atau produsen yang menawarkan sistem pengiriman drop atau reseller.

Untuk memulai aktivitas toko online, tentu saja Anda harus memiliki toko online. Pada kenyataannya, tidak sulit untuk membuat toko online, tutorialnya tersedia di Internet.

Setelah melanjutkan penelitiannya, ia mencari produsen produk atau mitra kolaboratif yang menyediakan layanan reseller atau drop shipping. Setelah diterima sebagai mitra, kami dapat mulai menerbitkan produk di toko online dan mempromosikan toko online ini.

Membuat blog atau web

Membangun blog / situs web dapat menjadi salah satu model bisnis jangka panjang yang paling menjanjikan. Meningkatnya jumlah pengguna internet dan telepon pintar mengindikasikan bahwa masa depan media blog / situs web akan semakin populer.

Tentu saja sesuai dengan blog / situs niche yang dibangun. Inilah yang bisa kita lakukan dengan peluang bisnis dengan modal kecil.

Kesimpulannya adalah apakah keterbatasan modal menjadi kendala bagi kita untuk memulai usaha yang diinginkan? Tentu tidak! Memanfaatkan keadaan sehingga bisa membuka berbagai usaha dan menguntungkan yang dapat dikelola bahkan dengan modal kecil sekalipun.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here