5 Usaha di Daerah Sepi Yang Mungkin Bisa Sobat Andalkan

Sobat ingin membuka usaha namun Sobat tinggal di daerah yang sepi? Tentu bisa, tapi harus ditentukan dulu potensi daerah Sobat tinggal seperti daerahnya, budaya dan kebutuhan masyarakatnya. Ini penting karena mempengaruhi daya jual produk Sobat.

Dan juga yang dimaksud sepi itu seperti apa, apakah itu di pedesaan, jalur perbatasan, atau pegunungan? Jadi memang perlu pengetahuan yang tidak mudah, sebagai pengusaha harus mengerti terhadap hal hal diluar usaha, namun tetap mendorong keberhasilan usaha.

Tinggal di daerah sepi memang memberikan keuntungan dalam usaha seperti tidak ada pesaing dan biaya operasionalnya yang murah.

Namun dengan risiko penjualannya lebih sedikit. Jika Sobat memang ingin tetap membuka usaha di daerah sepi, usahakan jangan membuat usaha yang bersifat makanan jadi, karena potensi jualnya sangat kecil.

Di bawah ini ada beberapa usaha di daerah sepi yang bisa Sobat jadikan referensi.

Warung Kelontong atau Sembako

Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Untuk Ibu Rumah Tangga
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Untuk Ibu Rumah Tangga (Foto: Fancycrave)

Mungkin di setiap kampung sudah ada warung sembako, namun biasanya tidak terlalu lengkap. Warganya juga tidak setiap hari ke pasar, paling hanya sayuran saja. Jika Sobat berani memasukan modal lebih pada warung sembako yang lebih besar, konsumen mungkin akan memilih yang lebih besar.

Perlu diketahui juga, warung sembako adalah usaha yang menyediakan barang kebutuhan setiap hari. Jadi pasti setiap hari ada pemasukan. Karena logikanya sepinya suatu tempat, pasti ada orang yang membutuhkan makan.

Kredit keliling

Apa Tugas Utama Badan Permusyawaratan Desa dan Kepentingannya?
Ilustrasi: Kerjasama Sistem Kredit (Foto: rawpixel)

Tipe orang daerah pelosok adalah tidak maunya mengeluarkan uang besar untuk kebutuhan mereka. Makanya para pendatang ini sangat senang dengan menerapkan jualan keliling dengan sistem kredit.

Padahal yang di kredit hanya perabotan rumah tangga yang nilainya tidak begitu tinggi, namun sekarang barang barang elektronik mulai laku di pedesaan. Karena listrik, internet sudah masuk.

Bertani

Apa itu BUMDes? Bagaimana Fungsi dan Impact-nya Terhadap Desa Kita
Apa itu BUMDes? Bagaimana Fungsi dan Impact-nya Terhadap Desa Kita (Foto: Agricultural)

Jika Sobat tinggal di pedesaan yang sepi orang lewat, maka peluang usaha yang bisa dilakukan adalah Bertani. Walaupun di daerah sepi, Sobat tetap bisa melakukan kegiatan Bertani ini karena di daerah sepi pasti banyak lahan yang luas dan subur yang dapat Sobat jadikan lahan pertanian.

Tanaman apa saja dapat Sobat tanam tergantung kondisi tanah di daerah Sobat. Tanaman yang paling umum itu padi yang nantinya bisa Sobat jual dalam bentuk beras. Menanam sayuran juga dapat dilakukan untuk dijual ke para pedagang.

Pertanian organik

Peluang Usaha Rumahan Agro Modern Dengan Sistem Hidroponik
Peluang Usaha Rumahan Agro Modern Dengan Sistem Hidroponik (Photo by, rvivacqua)

Jika menurut Sobat Bertani saja kurang berkesan, Sobat bisa turun ke pertanian organic. Kenapa? Karena saat ini bahan organic sangat dicari untuk keperluan obat dan lainnya. Harga bahan organic ini lebih tinggi dari biasanya.

Dengan memanfaatkan lahan luas di daerah sepi dan juga harga jual organic yang tinggi. Sobat bisa membuka usaha ini dan memasoknya untuk beberapa toko di kota mengingat akan kebutuhan bahan organic yang sangat besar di perkotaan.

Pertanian organic ini sangat cocok di desa karena jauh dari polusi, entah itu dari kendaraan atau industri. Juga tanahnya yang masih subur dan terawat dengan baik. Dengan kualitas bahan organic yang bagus, tentunya Sobat akan dipercaya sebagai pemasok bahan organic ke berbagai toko di kota.

Menjual bibit tanaman

5 Usaha di Daerah Sepi Yang Mungkin Bisa Sobat Andalkan
5 Usaha di Daerah Sepi Yang Mungkin Bisa Sobat Andalkan: Jual Bibit (Foto: Miguel Á. Padriñán)

Di daerah sepi juga dapat Sobat manfaatkan dengan menjual bibit tanaman. Karena di daerah sepi seperti pedesaan banyak warga yang masih Bertani. Sobat tidak perlu memiliki lahan luas dalam menjalankan usaha ini.

Itulah daftar usaha di daerah sepi yang bisa Sobat jadikan referensi. Sobat bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan passion dan kemampuan Sobat. Pastikan juga modalnya sesuai dengan Sobat agar tidak memberatkan dompet Sobat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *