Gereja Gothic Sayidan – Sobat pasti setuju kalau cerita angker atau kisah misteri lebih menggairahkan daripada bicara soal sejarah.

Seolah micin dalam masakan, kisah angker dan setan adalah kenikmatan tersendiri.
Terutama bagi mereka yang gemar sekali berbicara soal hal-hal mistis.

Terlepas dari itu semua, mari kita ulas saja tentang sejarah Gereja Gothic Sayidan, sampai kemisteriusan bangunan ini.

Kemisteriusan Gereja Gothic Sayidan

Gereja Gothic Sayidan, Mencuat Kembali Berkat Runtuhnya Ruko Sebelah
Gereja Gothic Sayidan, Mencuat Kembali Berkat Runtuhnya Ruko Sebelah (Photo by, astrimeika)

Misteri mengenai siapa pemiliknya hingga kapan dibangunnya, masih simpang siur. Tidak ada kepastian mengenai bangunan ini, karena cerita warga sekitar selalu berubah-ubah.

Ada yang bilang bangunan ini dibangun pada 1987an oleh pengusaha kaya pengrajin batik. Dan lebih mencengankan lagi, bangunan tak bertuan ini bukanlah sebuah Gereja, melainkan rumah pribadi sekaligus pabrik batik. Mengutip komentar netizen, pemilik bangunan ini ada kaitannya dengan Museum Ullen Sentalu.

Gereja Sayidan Angker

Seperti dilansir warga sekitar bahwa bangunan gothic ini bukanlah sebuah Gereja. Maka, kisah misteri ini tidak bisa diteruskan lagi. Meski begitu, kisah misteri tersebut merupakan penarik minat wisatawan untuk tetap datang.

Sisilain Rumah Gothic Sayidan

Gotik (Gothic) merupakan gaya arsitektur (seni pahat dan seni lukis) pada abad XII—XVI di Eropa. Jadi, yang mendasari pemberian nama Rumah Gothic itu, karena bentuk arsitektur bangunannya.

Namun, masyarakat lebih senang menganggap istilah Gothic sebagai hal yang mistis. Untuk urusan ini, silahkan Sobat melihatnya dari sudut mana? Sebagai rumah berhantu atau rumah ber-arsitektur Eropa abad ke-XII.

Instagramable, Kata Kids Jaman Now

Beberapa waktu lalu, Gereja Gothic Sayidan mulai nge-hits. Karena, ada gedung dekat perempatan yang sebelumnya menutupi, saat ini sedang dibongkar. Alhasil, dari sudut tempat pembongkaran tersebut Bangunan Gothic nampak jelas terlihat.

Sehingga mengundang orang-orang yang penasaran ingin melihat seperti apa bentuk bangunannya. Menarik sekali, berbekal kamera smartphone ataupun DSLR camera, tempat ini langsung hits seketika. Apalagi hasil-hasil jepretan mereka, kemudian di unggah ke sosial media dan mendapat response yang sangat baik.

Oke Sob, sebenarnya lokasi Gereja Gothic Sayidan ini merupakan spot photo di tengah Kota. Karena lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro dan masih di sekitaran lokasi wisata di Kota Jogja.

Bagi Sobat yang penasaran, lokasinya berada di jalan arah menuju Jokteng atau kalau dari perempatan Senopati, ke arah selatan kiri jalan.

Tak bosan mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, dan sampai jumpa di lokasi wisata hits di Jogja lainnya. Enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait gereja setan jogja, arah gereja gotik sayidan, gereja gothic sayidan angker, Gereja satanik di jogjaka, Gereja setan di yokyakarta, Gerejaangkeryogyakarta.

Ada pertanyaan atau komentar?