Ramayana Ballet, Suguhkan Cerita Cinta Classic
Ramayana Ballet, Suguhkan Cerita Cinta Classic
Ramayana Ballet, Suguhkan Cerita Cinta Classic
Ramayana Ballet, Suguhkan Cerita Cinta Classic

Ramayana Ballet merupakan sebuah tarian kolosal yang mengkisahkan perjalanan Sang Rama dan Shinta, sebuah kisah classic yang terpahat pada relief candi Prambanan. Karya sastra yang berasal dari India ini sangat memukau pada masa kerajaan Mataram Hindu. Sehingga kisah Sang Rama yang di buat oleh Resi Walmiki (Valmiki) ini terpahat rapi pada relief candi Prambanan.

Dengan background candi Prambanan, panggung Ramayana Ballet terlihat sangat cantik dengan sorot pencahayaan yang memukau. Penonton dibuat terkesima dengan tarian kolosal yang di iringi oleh Sinden beserta back sound gamelan. Tak, heran jika kisah Ramayana yang dibawakan dengan model Wayang Wong ini digemari wisatawan.

Kembali ke sejarah awal mula mengapa sang Resi Walmiki menulis kisah Ramayana ini, rupanya disebabkan beliau selalu terngiang oleh cerita dari Resi Narada. Yang menceritakan kehebatan Rama yang berasal dari dynasty Surya, yang memimpin Ayodhya. Cerita lain menyebutkan bahwa beliau bertemu Dewa Brahma saat bermeditasi.

Yang kemudian diberi kemampuan untuk melihat segala peristiwa yang terjadi dimasa lalu, sekaligus juga mampu membaca karakter seseorang dengan jelas. Setelah itu kemudian beliau menulisnya dengan judul Ramayana, yang ber-etimologi dari kata Rama dan Ayana yang berarti Perjalanan Rama. Karya lain beliau adalah Mahabharata yang hingga kini masih menjadi kisah inspiratif.

Demikian pula yang melatar belakangi Ramayana Ballet untuk hadir mengkisahkan kembali dengan cara media tari atau wayang wong, yang setiap geraknya diceritakan oleh Sinden dengan alunan merdu khas seorang sinden. Pastinya sangat menarik untuk Sobat jajal melihat pertunjukan Ramayana Ballet ini.

Karena dari cerita classic itu, anda bisa mendapat banyak sekali pelajaran yang pastinya hanya bisa Sobat tahu, saat melihat secara langsung pementasanya. Sedikit synopsis dari kami supaya Sobat semakin penasaran.

Rama merupakan seorang pangeran, yang lahir dari Dewi Kosalya dan ayahanda-nya merupakan Prabu Dasarata yang memimpin Ayodhya. Singkat cerita ketika Rama sedang melakukan perjalanan kemudian melewati sebuah wilayah di Mithia, sang Rama mengikuti sayembara. Dan kemudian memenangkan putri dari Prabu Janaka, yaitu Dewi Shinta, yang kemudian menjadi istri Rama.

Kejadian buruk menimpa keduanya, saat Rahwana murka karena pengaduan Surpanaka (Seorang Raksasa) anak buah dari Rahwana. Lalu kemudian menculik Dewi Shinta dan kemudian membawanya ke Alengka. Lalu apa yang terjadi setelah itu, membuat Rama tak kenal lelah dalam mengejar Shinta, hingga harus bertempur melawan Rahwana.

Kisah heroic ini menjadi icon romantisme hingga kini, dimana sang Rama yang berusaha menyelamatkan Shinta meski Rama sudah tidak memiliki kekuasaan setelah meninggalkan Ayodya dan memiliih tinggal di hutan. Meski sedang kesusahan, dalam pengejaranya Rama sempat menolong Sugriwa dalam pertempuran melawan kakak Sugriwa yaitu Subali.

Dan atas bantuan Rama tersebut Sugriwa berhasil menjadi Raja Kiskindha, rasa terima kasih Sugriwa di balas dengan membantu sang Rama menyerbu Alengka untuk menyelamatkan Dewi Shinta. Serta bantuan dari Hanuman, sekaligus juga bantuan dari ribuan Wanara yang turut serta dalam melawan Rahwana.

Kemurahan hati sekaligus keberanian sang Rama akhirnya berhasil merebut kembali Dewi Shinta, nah dari cerita saja sudah seru. Lebih seru lagi kalau Sobat melihat secara live Ramayana Ballet yang pastinya bakalan menyuguhkan penyampaian cerita dengan cara yang beda.

Untuk bisa menyaksikan acara pagelaran seni dan budaya Ramayana Ballet ini, anda langsung saja datang ke candi Prambanan pada pukul 19:30 – 21:30 WIB. Tepatnya di Jalan Raya Jogja – Solo KM 16, Kecamatan Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Harga tiket masuk mulai dari 30.000 untuk anak – anak sedangkan dewasa mulai dari 100.000 rupiah.

Nah, moment ini pastinya takan terlupakan melihat kisah Ramayana di candi Prambanan, jadi nabung dari sekarang lalu liburan ini datang dan saksikan secara live.

Photo by, Anton Suka Tours

BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?