Potensi Usaha Menjanjikan Bulan Ramadhan Yang Selalu Dinanti
Potensi Usaha Menjanjikan Bulan Ramadhan Yang Selalu Dinanti (Photo by, makkah_man)

Meski sekarang sudah memasuki bulan Syawal yang artinya bulan Ramadhan baru saja berlalu, namun potensi usaha menjanjikan menjelang Ramadhan yang akan datang akan selalu dinanti.

Karena kemudian kita akan mulai menghitung hari menjelang hari Ramadhan lagi. Bagi Anda yang memiliki pemikiran bisnis, momentum Ramadhan adalah satu kesempatan emas untuk menjajal peruntungan bisnis Anda. Ada banyak potensi usaha menjanjikan yang bisa Anda jajal menjelang dan sepanjang bulan Ramadhan.

Potensi Usaha Menjanjikan Bulan Ramadhan Yang Selalu Dinanti
Potensi Usaha Menjanjikan Bulan Ramadhan Yang Selalu Dinanti (Photo by, makkah_man)

Salah satu potensi usaha menjanjikan di bulan Ramadhan adalah usaha kuliner. Usaha macam ini cenderung menguntungkan dan cepat laku di hari-hari bulan Ramadhan. Adapun beberapa ide potensi usaha menjanjikan dalam bidang kuliner antara lain:

Bisnis makanan takjil
Sebenarnya ide yang satu ini tidak bisa dikatakan sebagai ide baru, malah ide ini sudah diduplikasi banyak orang sampai muncul banyak pasar kaget takjil acapkali Ramadhan  diberbagai kota di Indonesia.

Tetapi kalau sekiranya Anda bisa membuat beberapa jenis makanan atau minuman yang cocok untuk Anda sajikan sebagai menu berbuka puasa tak ada salahnya mencoba ide satu ini. Atau Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan beberapa orang dengan kemahiran yang berbeda, sehingga koleksi jajanan takjil Anda bisa beragam.

Persaingan dalam bisnis takjil ini bisa dikatakan relatif padat, jadi pastikan Anda memiliki keunggulan dengan sajian Anda, buat pula kedai yang cukup mencolok sehingga menarik perhatian. Kadang membukanya tepat di depan rumah juga bisa jadi ide menarik, karena bisa menarik konsumen tetangga Anda sendiri yang enggan harus keluar jauh hanya untuk jajan takjil.

Bisnis catering sahur dan buka
Anda berdiam di lokasi padat asrama atau kost-kostan? Entah itu kost-kostan mahasiswa atau karyawan, keduanya bisa membuka sebuah potensi usaha menjanjikan. Anda bisa menjajal sebuah usah katering sahur.

Anak kost cenderung enggan menjalankan sahur karena mereka terpaksa harus keluar dulu ke warung terdekat demi bisa mendapatkan asupan nasi. Dengan katering sahur, mereka akan terbantu karena setidaknya menu sahur mereka sudah siap sedia tepat di waktu sahur tanpa harus repot keluar rumah.

Bisnis ini potensinya cukup baik di kawasan kost-kostan, namun tentu saja untuk menjalankan bisnis ini, setidaknya Anda memang sudah berbekal kemahiran masak dan sarana memadai untuk mengantar setiap katering tepat waktu.
Anda juga bisa memulai bisnis katering buka puasa. Biasanya justru konsumen potensial dari ide ini adalah kalangan perkantoran yang terpaksa menghabiskan waktu berbuka puasa di ruang kerja mereka dan belum sempat keluar kantor untuk mencari sajian berbuka.

Bisnis kue kering dan basah
Setiap kali lebaran tiba, sajian aneka kue kering dan basah tak pernah luput untuk hadir di meja tamu. Ini adalah kesempatan emas untuk melakukan sebuah bisnis sederhana dengan menawarkan aneka kue dan penganan yang cocok disajikan di hari raya.

Tentu saja untuk menjalankan bisnis serupa ini Anda perlu memiliki kemampuan sangat memadai untuk membuat aneka kue kering dan basah. Pastikan pula Anda sudah menyiapkan segala keperluan terutama perangkat masak kue dalam kondisi masih baik. Perhatikan masalah kapasitas produksi sehingga bisa Anda sesuaikan dengan daya tampung pesanan.

Untuk pemasaran, Anda bisa memulai dengan membuat beberapa sampel untuk Anda sebarkan ke lingkungan sekitar perumahan atau kantor tempat Anda bekerja. Anda juga bisa menjajal ide penjualan online. Untuk jalur satu ini Anda jelas membutuhkan foto yang semenarik mungkin dengan deskripsi yang cukup tajam menggambarkan produk. Masuki marketplace atau facebook untuk hasil optimal jalur pemasaran ini.

Katering menu lebaran
Sudah dengan katering berbuka atau sahur, katering lebaran juga bisa menjadi daya tarik bisnis tersendiri. Pasalnya bisnis satu ini juga banyak dicari oleh masyarakat, terutama dari kawasan perkotaan mengingat di hari raya nanti para PRT biasanya libur dan membuat mereka kesulitan meyediakan sajian lebaran.

Anda bisa membuat beberapa alternatif menu hari raya untuk Anda pasarkan di sekitar Anda atau melalui internet. Pastikan pula kapasitas produksi Anda untuk memastikan setiap pesanan bisa Anda rampungkan tepat waktu.

Baca juga: Sobat Jogja Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Masih ada banyak potensi usaha menjanjikan yang bisa Anda jalankan di hari-hari Ramadhan  dan menjelang lebaran. Dan kami akan membagkan informasi megenai potensi usaha menjanjikan macam ini di hari-hari  berikutnya.

usaha kuliner kekinian
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?