Saya yakin Sobat pasti penasaran apa itu open trip Bromo Malang? Nah, berikut ini akan kami jelaskan apa itu dan seperti apa saja kegiatannya;

Open Trip Bromo Malang: 17 Jam Menikmati Panorama KeindahanNya
Open Trip Bromo Malang: 17 Jam Menikmati Panorama KeindahanNya (Photo by, sobatJogja.com)

Oke Sob, sebenarnya ada banyak istilah paket wisata, biasaya ini salah satu dari bahasa “marketing”. Intinya mereka menawarkan jasa, mengantarkan Anda ke Bromo, dengan fasilitas antar jemput.

Mulai dari penginapan sampai ke lokasi wisata Bromo, tanpa perlu ribet dan membuat kualitas liburan Anda jadi makin nyaman. Cukup bayar sekali, Anda tidak perlu lagi memikirkan rute perjalanan dan kemana saja, sesampainya disana.

Nah, open trip itu maksudnya… Anda tidak diwajibkan datang rombongan, artinya seorang diri-pun boleh-boleh saja. Nantinya mereka yang akan mengurus dan membagi kelompok secara random untuk ke Bromo.

Well… kami sendiri juga pertama kali mencoba open trip, dan kami juga penasaran seperti apa rasanya. Yuk, simak seperti apa keseruan kami bersama Fun Adventure berikut ini;

Perjalanan Open Trip Bromo Malang

Sesampainya di penginapan, kami langsung istirahat setelah jalan-jalan seharian di Jatim Park 3 dan BNS Malang. Yap, karena open trip kita akan dimulai pukul 23.00 WIB, jadi sayang sekali kalau siangnya tidak dimanfaatkan untuk jalan-jalan.

Sebenarnya tidak ada persiapan sama sekali, yang terpenting Anda dalam keadaan SEHAT dan SIAP untuk menembus dinginnya Bromo. Kami sendiri juga dengan percaya dirinya, hanya mengenakan kaos, jaket, jeans, sepatu, dan membawa sling bag.

Penjemputan

Nah ini yang paling penting, pastikan HP Anda dalam keadaan aktif, tidak di silent, dan dalam mode getar. Oh iya, pastikan setel alarm sejam atau lebih sebelum jadwal penjemputan jam 23.00 WIB (tergantung kesepakatan).

Jangan sampai kita ditunggu atau ditinggal oleh drivernya, kasian juga rombongan lainnya. Yap, ingat karena ini Open Trip Bromo, Anda akan bergabung dengan rombongan random, jadi pastikan untuk tidak telat.

Oke, aturan penjemputan ini meliputi areal Malang Kota, jadi pastikan Sobat menginap di Kota Malang ya. Karena nantinya, pihak Fun Bromo akan mengirimkan driver untuk menjemput Anda.

Wait,

Dari sini Sobat belum naik Jeep, jadi jangan kaget kalau dijemput dengan mobil biasa. Pastikan juga Driver dari pihak Fun Bromo, jangan sampai salah driver Go-Car, atau asal naik begitu saja.

Kumpul

Setelah satu jam perjalanan menuju titik kumpul, akhirnya kami sampai sekitar pukul 00.15 WIB dini hari. Semacam terminal yang isinya mobil Jeep yang siap membawa Anda menembus terjalnya jalanan.

Nah, disini Anda tidak perlu bingung memilih Jeep-nya, cukup duduk manis menunggu arahan driver kita tadi. Bisa sambil santai-santai dulu sejenak, tiduran juga boleh, asal jangan sampai tidur nyenyak aja.

Menuju View Point Sunrise

Sekitar pukul 01.12 WIB dini hari, Jeep sudah siap, dari sini kita akan menuju Penanjakan atau Bukit Kingkong. Estimasi perjalanan dua jam lebih tergantung situasi dan kondisi, sedikit saran dari drivernya nih.

Kalau ke Bromo sebaiknya antara Juli – Agustus, karena cuaca sedang bagus dan khusus Agustus bakalan banyak bule. Sekedar saran aja sih, jomblo auto senyum-senyum sendiri nih kayaknya.

Oke lanjut,

Sampai di View Point Sunrise

View Point Sunrise

Kami tidak akan ceritakan detail menuju view point ya, silahkan datang dan jadilah saksi keseruan sepanjang perjalanan. Sekitar pukul 03.14 WIB, akhirnya kami tiba di Penanjakan 1 atau Bukit Kingkong.

Disini baru berasa dinginnya, inget ya dinginnya dingin banget, nggak ada anget-angetnya sama sekali. Jadi, pastikan jaket yang Sobat kenakan cukup tebal, dan ini yang paling penting.

Bawa sarung tangan, syal, dan kupluk, saya mengalaminya sendiri. Menggigil dan membeku (alay), meski sudah di depan api unggun. Alhasil, karena tidak siap dengan situasi ini, saya membeli sarung tangan dan kupluk di warung yang kami singgahi.

Sembari menunggu Sunrise, nantinya akan ada guide yang akan mengatur kita sepanjang perjalanan. Jadi, pastikan jangan asik sendiri, dan tetap bersama rombongan, tetaplah bersatu dengan rombongan lainnya.

Untuk bagian ini juga, kami tidak akan menjelaskan secara detail mengenai Open Trip Bromo; sekedar spoiler saja, nanti nonton di YouTube Channel Sobat Jogja saja, hehee.

  Informasi Jadwal Kereta Surabaya Malang (Bonus Tips Liburan Hemat)

Turun

Opent Trip Bromo Malang with Sobat Jogja

Setelah menikmati sunrise yang masih malu-malu, akhirnya kami turun sekitar pukul 06.00 WIB. Nah ini, kalau lagi open season (musim liburan) mau turun saja, macet meski gak banget ya.

Jadi, mohon bersabar dan silahkan ngobrol-ngobrol santai, sambil kenalan mungkin, siapa tahu jodoh, ya kan… (Jomblo auto senyum)

Oke, begitu kita sampai, nanti foto-foto dulu dong… Background nya bukit yang sudah kita daki dengan Jeep tadi.

Oh iya, sebelum turun kita nanti dapat snack dan minuman, jadi nggak usah khawatir kelaperan gaes~

Kawah Bromo

Pukul 08.00 WIB, kami akhirnya tiba di kaki Kawah Bromo, dari sini silahkan bebas, boleh hunting foto, asal jangan hunting yang lain wkwk. Dan silahkan kalau mau mencoba mendaki Kawah Bromo, nanti ada dua pilihan.

Bisa naik kuda, atau jalan berdua ~ehhh… Tapi ingat Sob, kalau nawar naik kudanya jangan kebangetan, kasian yang ngerawat kudanya. Biasanya jam kumpul sesuai kesepakatan, waktu itu kami sepakat kumpul lagi jam 10.00 WIB.

Disini fasilitasnya juga lengkap, ada kamar mandi, warung, dan tempat oleh-oleh. Sekedar mengingatkan, karena tempat ini adalah kawasan suci bagi umat Hindu. Jadi, cukup jaga sikap, jangan asal bicara atau bersikap tidak baik.

Dan… yang paling penting jangan buang sampah sembarangan, terutama buat Sobat pecinta asap, puntungnya jangan dibuang sembarangan.

Pasir Berbisik

Open Trip Bromo Malang: 17 Jam Menikmati Panorama KeindahanNya
Open Trip Bromo Malang: Pasir Berbisik (Photo by, sobatJogja.com)

Tidak jauh dari Kawah Bromo, kami akhirnya sampai di Pasir Berbisik sekitar pukul 10.32 WIB. Entah mengapa disebut pasir berbisik, padahal sesampainya disana pasirnya diam-diam saja, malahan kami yang rumpis.

Karena terlalu lelah mendaki puncak Kawah Bromo, kami hanya bisa duduk dan melihat rombongan lainnya berfoto ria (mereka tidak mendaki). Momen seperti ini benar-benar membuat kami menikmati waktu, yang rasanya tidak ingin segera berlalu.

Duduk melihat hamparan bukit yang mempesona, menghela nafas, melepas semua keresahan dalam hati. Bersyukur pada Sang Maha Kuasa, atas kesempatan yang Maha Indah ini.

Savana dan Bukit Teletubbies

Hamparan hijau dan perbukitan yang membentang seperti di acara TV generasi 90an, yaitu Teletubbies. Sungguh, bergetar hati menyaksikan indahnya panorama Bromo yang mempesona ini.

Disini, Sobat juga akan diajak hunting foto, banyakin hunting fotonya, kapan lagi kesini ya kan…? Penuhin timeline IG mu gaes~ penuhin wkwk…

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.13 WIB; sama seperti badai, kebahagiaan ini juga pasti berlalu.

Pulang

Saatnya kembali ke lokasi titik kumpul tadi, turunnya agak lama karena kondisi jalan yang membuat driver harus berhati-hati. Sekitar dua jam lebih, akhirnya kita sampai di lokasi titik kumpul pukul 13.22 WIB.

Sesampainya disini, silahkan peregangan sejenak, selonjor-selonjoran, dan pastikan jangan sampai ada yang ketinggalan. Kalau mau ke toilet, silahkan yang penting begitu driver siap, kita juga harus sudah siap.

Dan setelah menunggu beberapa saat, akhirnya kami pulang menuju Kota Malang, bersama driver yang tadi mengantarkan kita ke titik kumpul. Dari sini, kita akan diantarkan kembali menuju penginapan, jadi tidak bisa mampir-mampir lagi.

Perjalan ke Bromo; Berakhir

Malang yang macet, alhasil membawa kami sampai di Mini Homestay, sekitar pukul 14.55 WIB dengan perut keroncongan. Untungnya kami berinisiatif untuk order Go-Food sebelum tiba di penginapan.

Akhirnya begitu kami sampai, beberapa saat kemudian Go-Food juga sampai membawa pesanan kami. Dan… jangan heran, kalau driver Go-Foodnya kadang tidak pakai atribut Go-Jek ya.

Oke Sob, demikianlah pengalaman kami sekitar 17 jam Open Trip Bromo Malang yang takan terlupakan. Semoga bisa menjadi referensi Anda, sebelum mencoba liburan ke Bromo, dan tentu saja semoga bermanfaat.

Biaya Perjalanan

Open Trip Bromo 350.000 /orang (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Sudah termasuk; Jeep, Tiket Masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Parkir Jeep, Air Mineral, Snack, Masker, Asuransi Jasa Raharja, dan Guide.

Reservasi

(Tertarik untuk menjadi vendor, hubungi kami)

Penelusuran terkait Malang bromo.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here