Apakah Anda berencana naik kereta api dari Surabaya ke Malang? Namun Anda tidak tahu berapa harga tiket dan jadwal keberangkatannya? Tenang saja, dalam artikel ini Kami akan bagikan informasinya untuk Anda.

Kota Surabaya memiliki 3 stasiun utama sebagai jalur rute KA Surabaya – Malang. Dimana stasiun tersebut diantaranya Stasiun Wonokromo, Stasiun Gubeng dan Stasiun kota.

Sedangkan Malang sendiri memiliki 2 stasiun utama, diantaranya Stasiun Malang Kotalama, dan Stasiun Malang Kotabaru. Ada pula beberapa stasiun kecil, seperti Stasiun Sumberpucung, Stasiun Kepanjen dan Stasiun Ngebruk.

Berikut Jadwal Kereta Api Surabaya Malang

Informasi Jadwal Kereta Surabaya Malang (Bonus Tips Liburan Hemat)
Informasi Jadwal Kereta Surabaya Malang (Bonus Tips Liburan Hemat) (Foto: sobatjogja.com)

Ada 4 kereta api dengan rute perjalanan dari kota Surabaya ke kota Malang. Dari kelas ekonomi, kelas reguler KA Penataran, KA Tumapel, KA Mutiara Selatan, dan KA Jayabaya. Jadwal kereta Surabaya Malang dari Stasiun Kota sendiri dari jam 04.30 WIB, Stasiun Wonokromo 04.30, dan Stasiun Gubeng 04.41.

Sementara untuk tiket kereta api sendiri, Anda bisa memesannya di Traveloka secara online. Anda juga bisa melihat jadwal keberangkatan dan nominal harga tiket masing-masing kereta api yang ditawarkan untuk keberangkatan dari Surabaya ke Malang.

Layanan Stasiun di Malang

Stasiun di Malang sendiri ada 3 stasiun, diantaranya stasiun malang Kotabaru terletak di Kecamatan Klojen, melayani perjalanan KA eksklusif, ekonomi AC, ekonomi AC Plus, dan campuran.

Adapun lokasi Stasiun Malang kotabaru ini bisa dikatakan cukup strategis, sebab terletak di tengah-tengah kota dan berdekatan dengan beberapa tempat wisata Malang, seperti Kawasan Tugu, Alun-Alun kota Malang, dan lainnya.

Selain stasiun Malang Kotabaru, ada lagi Stasiun Kota Lama terletak di Kecamatan Sukun. Di stasiun ini melayani perjalanan KA dengan kelas sama seperti Stasiun Kotabaru.

Hanya saja, di stasiun ini pelayanan rutenya sedikit, diantaranya menuju dan dari Jogja, Blitar, Surabaya, dan Jakarta. Kemudian terakhir ialah Stasiun Blimbing berlokasi di Kecamatan Blimbing.

Untuk stasiun ini hanya melayani perjalanan dari dua kota, diantaranya Tumapel dan Surabaya. Bagi yang berencana liburan ke Malang menggunakan kereta api, ada sejumlah tips yang harus Anda ikuti di bawah ini.

Tips Liburan Naik Kereta ke Malang dari Surabaya

Tentukan Jadwal Keberangkatan

Sama halnya dengan menaiki pesawat, pastikan untuk menentukan jadwal keberangkatan jauh sebelum berangkat ke Malang.

Anda tak usah khawatir, karena kini ada sistem layanan pemesanan tiket dapat dilakukan sejak 3 bulan sebelum keberangkatan atau H-90. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan perjalanan liburan ke Malang dengan matang.

  Sedapnya Kuliner Malang Lomie Ala Warmie Rahayu Bhakti

Pilih Kereta Api Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Apabila Anda ingin travelling ke Malang dengan kereta api, alangkah baiknya untuk memilih kereta kelas ekonomi untuk lebih berhemat.

Sekarang ini, ada banyak sekali kereta api ekonomi premium dengan fasilitas yang setara dengan kelas kereta api eksekutif atau bisnis, sehingga membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Pilih Transportasi yang Mudah Diakses dan Dijangkau

Jika Anda ingin menggunakan kereta api ke kota Malang, lalu turun di Kotabaru, keuntungannya di dekat stasiun terdapat banyak pilihan moda transportasi, seperti becak, taksi, angkot, dan lain sebagainya yang siap mengantarkan Anda kemana pun sesuai keinginan.

Tapi jika enggan naik taksi atau angkot, alternative lainnya bisa memilih jasa transportasi online, seperti Grab atau Gojek yang beroperasi di sekitar kota Malang.

Mulai Perjalanan Wisata Anda dari yang Terdekat

Untuk lebih menghemat anggaran liburan Anda, maka pilihlah objek wisata dari yang terdekat jaraknya terlebih dulu.

Misalnya saja, dengan mengunjungi spot-spot wisata di dekat lokasi Stasiun Kotabaru Malang, seperti ke Taman Trunojoyo, dan Bundaran Tugu.

Selain itu, Anda bisa nongkrong-nongkrong di sekitar air mancur sembari menikmati pemandangan bunga-bunga atau kolam. Setelah puas berkeliling Tugu, selanjutnya Anda bisa pergi ke Alun-Alun kota Malang memakai becak, angkot, maupun transportasi lainnya.

Melanjutkan Perjalanan Wisata Sesuai Itinerary Perjalanan Anda

Setelah merasa puas berkeliling di Kawasan sekitar stasiun Kotabaru, selanjutnya Anda bisa pergi ke tempat-tempat wisata lainnya sesuai itinerary perjalanan Anda.

Anda bisa menaiki bus pariwisata Macito (Malang City Tour) dengan layanan rute kota Malang menuju Alun-Alun Merdeka, Kawi Ijen, dan Simpang Balapan.

Atau bisa liburan ke Bromo menggunakan jasa open trip Bromo dengan harga terjangkau tapi bisa liburan 17 jam. Menikmati panorama alam yang indah, menyejukan dan pastinya bakalan bikin rindu.

Demikian ulasan mengenai tips travelling murah ke Malang dari Surabaya dengan kereta api. Untuk mempermudah wisata Anda ke Malang, pesan tiket kereta api dari Aplikasi Traveloka.

Selain itu, Anda juga bisa sewa mobil untuk berkeliling ke kota Malang dengan leluasa di Aplikasi Traveloka!

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here