Museum Kolong Tangga, Surganya Mainan Seluruh Dunia
Museum Kolong Tangga, Surganya Mainan Seluruh Dunia

Museum Kolong Tangga , merupakan museum yang menyimpan kurang lebih 1000 mainan anak – anak dari penjuru dunia. Banyak-nya mainan itu terdiri dari berbagai mainan yang dapat di buat oleh anak – anak itu sendiri. Jadi, membuat anak – anak menjadi sangat cerdas serta mengembangkan motoric mereka.

Sehingga berfikir dan bertindak lebih kreatif lagi, mainan – mainan yang di pamerkan juga tidak hanya dari Indonesia, tapi dari berbagai daerah di seluruh dunia. Baik itu benua Eropa, Asia, Australia, dan Amerika, beberapa diantaranya di pamerkan disini. Sekali lagi, akan menambah wawasan anda mengenai pentingya mainan bagi anak – anak.

Itu juga sekaligus menjadi hal yang mendasari Rudi Corens (Belgia) mendirikan museum Kolong Tangga ini. Menyadarkan kepada masyarakat bahwa mainan yang mengandung unsur kretifitas itu memang sangat menarik. Saya sendiri cukup beruntung lahir di tahun 90-an, jadi masih sempat merasakan masa kecil yang menyenangkan bermain bersama teman – teman dengan mainan tradisional.

Cukup miris juga melihat anak – anak sekarang lebih sering bermain dengan Smartphone, Playstation, serta Online Games, yang jika terlau sering dimainkan menyebabkan kemunduran kreatifitas buat anak. Terutama bagi anak – anak yang menhabiskan waktu-nya hingga berjam – jam bermain sendiri-an di dalam kamar.

Sebenarnya bermain games seperti itu tidaklah apa – apa, karena saya perhatikan juga games kini semakin kreatif serta lebih cenderung menggunakan logic untuk dimainkan. Namun, yang menjadi masalah adalah durasi itu, karena seru dan asik membuat mereka jadi semakin lupa waktu.

Nah, itu menjadi tanggung jawab para Ayah/Bunda di rumah karena sebaiknya lebih tegas untuk soal bermain ini, karena bermain yang baik itu yang membuat tubuh anak bergerak dan berfikir kreatif. Fungsi museum Kolong tangga itu, seolah sedikit menyentil buah hati anda, sekaligus juga memberi pengertian lebih luas mengenai bermain yang baik.

Museum Kolong Tangga ini berlokasi di Gedung Taman Budaya Yogyakarta lantai 2, lebih tepatnya Jl. Sriwedari No.1, Kota Yogyakarta (Satu Kompleks Taman Pintar). Sekaligus menjadi museum mainan anak pertama yang ada di Indonesia. Yang menjadi media pembelajaran mengenai pengertian yang seluas – luasnya.

Koleksi yang ada di museum Kolong tangga ini tidak hanya berupa mainan tradisional semata saja, tapi juga terdapat koleksi mainan yang edukatif. Terdiri dari beragam mainan, buku cerita, poster, serta macam – macam permainan lainya. Museum ini buka mulai hari Selasa sampai Jum’at, dari pukul 9:00 sampai 16:00 Sore.

Sudah saatnya kita lebih bijaksanan lagi menyikapi modernisasi dengan tidak terlalu terlena dengan tekonologi yang semakin memudahkan manusia. Karena sebaik – baiknya mainan anak – anak adalah mainan yang memacu kreatifitas serta mampu menstimulus kemampuan mereka untuk bisa lebih ber-prestasi lagi.

Photo by, Hendra Wardhana

Ada pertanyaan atau komentar?