Loteg Teteg Jogja, Sajikan Cita Rasa Yang Melegenda
Loteg Teteg Jogja, Sajikan Cita Rasa Yang Melegenda
Loteg Teteg Jogja, Sajikan Cita Rasa Yang Melegenda
Loteg Teteg Jogja, Sajikan Cita Rasa Yang Melegenda

Loteg memang salah satu hidangan berbahan dasar sayuran khas Jawa. Rasanya memang Indonesia terkenal dengan sajian ala salad yang bergaya Indonesia sekali. Beberapa menggunakan bumbu kacang dengan teknik pembuatan berbeda, mulai dari loteg, gado-gado, pecel sampai rujak.

Dan bila sudah bicara soal loteg di Jogja, jelas tak akan bisa lepas dari Loteg Teteg Jogja. Loteg yang sudah berdiri sejak tahun 1968 ini merupakan salah satu perintis usaha loteg dan sukses bertahan selama 45 tahun. Masa yang sangat panjang hingga usaha ini kini turun ke tangan generasi kedua.

Nama teteg diambil dari posisi warung loteg yang menyanding jalan kereta api yang dalam bahasa jawa klasik kerap di sebut dengan kata teteg. Loteg teteg Jogja ini memang berada tepat di sisi timur sekitar 400 meter dari stasiun Lempuyangan. Berada tak jauh dari jembatan layang Lempuyangan, tepatnya di Gang Delima Baciro.

Pada awal berdirinya oleh H Untung, loteg Teteg Jogja ini bernama Loteg sederhana merujuk dari bangunan sederhana yang berada di bawah pohon besar di sisi utara jalan gang Delima. Konsep sederhana ini masih bisa Anda jumpai pada bangunan warung tersebut. Bahkan kawasan lesehan juga masih berada di bawah teduhan pohon besar di depan warung yang tak ubahnya sebagai penanda keberadaan warung dari jauh.

Ciri khas lain dari warung loteg ini adalah cobek raksasanya yang berukuran sampai 80 cm. Bentuk cobek raksasa ini sudah dipakai oleh Loteg teteg sejak masa pertama usaha ini berdiri dengan alasan kepraktisan. Satu kali uleg, dengan cobek ini bisa membuat sampai setidaknya 80 porsi bumbu kacang. Biasanya mereka membuat dulu 80 porsi bumbu kacang di pagi hari untuk menyiapkan serangan konsumen di siang hari.

Pasalnya di siang hari, Loteg Teteg Jogja satu ini dijamin kebanjiran konsumen, kadang sampai penuh dan mengantri. Lesehan dan bagian warung di sisi dalam akan penuh oleh pembeli dan tidak sedikit juga yang datang dari kalangan atas. Pasalnya nama besar dan kelezatan dari loteg Teteg ini sudah demikian tersohor sampai tak ragu lagi mereka dari kalangan atas duduk lesehan di bawah pohon demi sepiring loteg khas buatan Loteg Teteg Jogja.

Satu hal lagi, selain soal rasa yang dijamin bakal bikin nagih, porsi dari sepiring loteg versi Loteg Teteg ini bisa membuat Anda super penuh. Porsinya cukup raksasa sampai-sampai kadang konsumen memilih membeli untuk satu piring berdua.

Jadi apapun alasannya, jangan pernah lewatkan untuk mencicipi kenikmatan dari porsi raksasa ala Loteg Teteg Jogja. Loteg emperan dengan kelas kenikmatan ala premium dan yang pasti dengan harga yang tidak memberatkan kantung, hanya Rp 10 ribu saja.

Baca juga : Jajanan Khas Jogja, Asli Kotagede mau tahu, Kipo?

Photo by, jkb11.blogspot.com

LEAVE A REPLY