Kunjungan Obama – Seminggu yang lalu, kita kedatangan tamu spesial dari negeri “Big Apple“, yaitu presiden Amerika ke-44 Barack Obama. Dalam agenda liburannya tersebut, Pak Obama menyempatkan diri berkunjung ke tempat-tempat hits di Jogja.

Beropini - Dampak, Kunjungan Presiden Amerika ke-44 Barack Obama Terhadap Pariwisata Jogja
Beropini – Dampak, Kunjungan Presiden Amerika ke-44 Barack Obama Terhadap Pariwisata Jogja (Photo by, republika.co.id)

Tempat yang dikunjungi Obama di Jogja dan sekitarnya adalah Candi Prambanan, Puncak Becici, dan Warung Bumi Langit Imogiri. Sorenya kedua putri Obama, Sasha dan Malia ke Tamansari, Kraton Yogyakarta dan makan-makan di ayam goreng Nyonya Suharti.

Dalam liburan singkat beliau juga, sempat singgah di rumah pamannya yaitu Prof. Iman Sutikno di kompleks perumahan Dosen UGM.

Oke Sob, kunjungan beliau ke Jogja tentu membawa dampak positif bagi pariwisata kita. Betapa tidak, tentunya karena sorotan dunia masih mengarah ke beliau, jadi setiap gerak beliau selalu diperhatikan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Termasuk kemana beliau liburan, pastinya diluar sana mencari-cari tahu kemana saja beliau selama liburan di Jogja.

Minimal orang-orang luar sana penasaran dengan Yogyakarta, dan ini tentu saja memberi dampak positif. Istilahnya, authority karena orang penting seperti Barack Obama saja datang berlibur ke Jogja.

Ditambah lagi, beberapa tahun ini geliat pariwisata di Jogja terus berkembang pesat. Nampak jelas, dengan munculnya tempat-tempat wisata hits terbaru di Jogja, yang dikembangkan oleh warga setempat.

Dukungan pemerintah terhadap tempat-tempat wisata di Jogja, tentu diharapkan lebih intens lagi. Sehingga geliat masyarakat Jogja terhadap pergerakan pariwisata di Jogja ini terus mendapat tanggapan positif bagi para wisatawan.

Dan semoga, banyak yang bahagia setelah pulang dari liburan di Jogja, bukan sebaliknya seperti beberapa waktu yang lalu, ada wisatawan yang dongkol dengan harga makanan yang “nyucuk”.

Tentu saja, ini kembali lagi pada kesadaran kita masing-masing, dan tidak bosan mengingatkan untuk menanyakan harga terlebih dahulu. Dan jangan segan untuk menolak bila tidak berkenan dihati, supaya tidak dongkol di kemudian.

Baca juga: Bagaimana cara agar foto kita di repost oleh sobatjogja – Instagram

Well, demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan informatif. Tentu saja, mari tetap jaga lingkungan lokasi wisata tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Menjaga sikap selama liburan, tertib selama di lokasi wisata, dan untuk selalu up-to-date informasi tempat wisata, enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Ada pertanyaan atau komentar?