Jamu Godog, Ramuan Herbal Khas Jogja
Jamu Godog, Ramuan Herbal Khas Jogja
Jamu Godog, Ramuan Herbal Khas Jogja
Jamu Godog, Ramuan Herbal Khas Jogja

Bukan sulap bukan sihir, beberapa jenis penyakit mampu diatasi oleh Jamu Godog, yang merupakan salah satu obat herbal popular di tanah Kraton. Jamu atau obat herbal memang sudah merakyat untuk masyarakat Indonesia. Jadi, tidak heran jika setiap daerah di Nusantara memiliki ciri khas dan juga jamu tradisional-nya masing – masing.

Tidak menjamin juga obat kimia mampu menyembuhkan sebuah penyakit, malah justru obat tradisional (jamu) kerap menjadi andalan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Jamu Godog ini, sebuah ramuan tradisional Jawa yang memang sudah ratusan tahun dikenal oleh masyarakat Jawa pada umumya.

Sama seperti pembahasan sebelumnya yaitu seperti Wedang Ronde, Wedang Jahe, Wedang Uwuh, dan lainya yang merupakan minuman natural penuh dengan khasiat. Seperti kita ketahui bersama, kadang beberapa obat kimia mengandung effect samping, lain halnya dengan Jamu Godog yang malah justru bikin fresh.

Sebenarnya jika kita lebih peka terhadap alam, banyak hal yang bisa kita dapatkan dari alam, seperti halnya Jamu Godog ini. Lalu Jamu Godog itu apa sebenarnya ? Nah, Jamu itu adalah ramuan tradisional yang alami, sedangkan godog itu merupakan bahasa Jawa yang artinya di rebus. Jadi, Jamu Godog itu maksunya obat tradisional yang di rebus.

Sudah banyak yang membuktikan jika kita rutin meminum Jamu Godog, niscaya kesehatan selalu menyertai kita. Sebenarnya bukan rahasia lagi jika rahasia hidup sehat masyarakat Desa itu karena rajin minum – minuman herbal. Terutama masyarakat Asia memang sudah sangat terkenal dengan yang namanya obat herbal.

Bahkan di China ada sebuah rumah sakit yang seluruh obatnya terbuat dari ramuan herbal, sedangkan di Indonesia sendiri. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ramuan obat tradisional yang memang sudah sangat terbukti manjur, menyembuhkan beragam penyakit. Termasuk cancer yang dikenal sulit penyembuhanya.

Bisa disembuhkan bila rutin meminum rebusan sarang semut, yang sudah sangat terkenal di wilayah Indonesia Timur, Irianjaya, Nusa tenggara, serta kawasan Hutan Indonesia. Termasuk minuman herbal sehari – hari lainya semacam Wedang Jahe yang sudah terbukti banyak mengandung khasiat.

Termasuk Jamu Godog ini yang mengandung beragam rempah – rempah herbal alami. Memang kesehatan itu mahal harganya, maka dari itu sudah semestinya kita menjaga kesehatan yang sudah di anugrahkan kepada kita. Dengan makan – makanan sehat, minum – minuman sehat, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup.

Karena hal itu sudah cukup untuk mencegah penyakit serta tetap menjaga kesehatan kita. Selain itu dengan berfikir yang sehat maka tubuh pula akan merespons dengan kondisi tubuh yang sehat. Jadi, sangat dianjurkan untuk rutin men-komsumsi minuman herbal yang memang sangat baik untuk tubuh.

Nah, jika anda sedang berlibur di Yogyakarta, tidak ada salahnya jika mampir ke Merapi Farma Herbal, lokasinya dekat dengan Kaliurang (Pakem masih ke-atas) Wisma Bathesda. Karena disana terbat banyak sekali koleksi tumbuhan herbal. Selain itu juga anda bisa menikmati Jamu Godog pilihan sembari duduk manis bercengkrama di café herbal yang sudah disediakan.

Photo by, Lauren Shapiro

jamu godog, jamu godog tradisional, jamu godhog, jamu godok, jamu godog jogja, ramuan jamu godok, ramuan jamu godog, manfaat jamu godokan, https://www sobatjogja com/jamu-godog-ramuan-herbal-khas-jogja/, jamu khas yogyakarta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY