Domapan, Jadi Kado Spesial Di Hari Jadi Kota Yogyakarta
Domapan, Jadi Kado Spesial Di Hari Jadi Kota Yogyakarta
Domapan, Jadi Kado Spesial Di Hari Jadi Kota Yogyakarta
Domapan, Jadi Kado Spesial Di Hari Jadi Kota Yogyakarta

Tepat 7 Oktober 1756 Kota Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan Daerah Isitimewa Yogyakarta, bahkan sebelum itu salah satu kecamatanya pernah menjadi pusat kota kerajaan Mataram periode 1575 – 1640, saat ini Kota Gede. Sebuah kisah romansa kerajaan yang panjang ya, sobat ? Hingga kini masih eksis menjadi sebuah wilayah dengan kepemerintahan yang monarki mempertahankan budaya Jawa yang luhur. Di hari jadinya itu, ada kado spesial yang unik ialah Domapan, sebuah bus pariwisata yang unik menawarkan perjalanan keliling Kota Jogja.

Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri mengharapkan Domapan ini bisa mendorong pengembangan pariwisata. Pemanfaatanya tentu untuk membantu promosi sekaligus mengenalkan apa saja pariwisata di Kota Jogja. Selain menjadi hadiah ulang tahun yang istimewa, tentu hadirnya Domapan ini diharapkan pemerintah untuk semakin menarik sponsor sekaligus wisatawan untuk menikmati wisata di Yogyakarta. Nah, pastinya sobat bertanya – tanya, apa sih Domapan itu ?

Domapan merupakan sebuah akronim dari kependakan dua lima delapan (258), sebuah panggilan bantuan operator komunikasi milik PT. Telkomsel. Gagasan bus pariwisata Domapan ini memang sudah digagas tahun sebelumnya, namun arti sesungguhnya adalah “Podho Mapan”, alias sama – sama mapan. Diharapkan adanya bus pariwisata Domapan ini, memberi manfaat pada masyarakat Kota Yogyakarta sendiri, maupun para wisatawana. Bus ini mirip seperti bus pariwisata pada umumnya di kota – kota besar dunia, seperti di Hongkong, Singapore, Amerika, Australia, dan sebagainya.

Dengan tingkat dua, bagian atasnya terbuka sehingga bisa melihat lebih luas, dominasi warna merah dan hijau yang merupakan warna khas Kota Yogyakarta. Dengan panjang 7,57 meter, tinggi 3,14 meter, dan lebar 2,1 meter bus ini mampu mengangkut 30 orang sekaligus. Pengoperasianya sendiri akan melakukan perjalanan dari jalur Taman Pintar lalu kemudian mengelilingi benteng Kraton Yogyakarta dan kemudian kembali ke Taman Pintar. Cukup untuk mengarungi bagian – bagian tertua dan bersejarah wilayah Kota Jogja ini.

Harapan PT. Telkomsel sendiri, untuk pemerintah supaya bisa terus melestarikan budaya Indonesia, dan meningkatkan pengunjung wisata ke Kota Yogyakarta. Selain itu pariwisata di kota ini akan bisa semakin berkembang dengan adanya inovasi ini. Sekaligus memicu pengembang – pengembang untuk berinovasi lagi dengan model pariwisata lainya. Sementara itu, untuk menjajal bus domapan ini, sobat bisa datang langsung di jalur trayeknya di Taman Pintar.

Nah, untuk menyaksikan sepertia apa bus domapan, berikut video persembahan dari .NET

Baca juga : Kedai Little Garden, Suguhkan Kuliner Jogja Sehat Bebas Kimia

Photo by, yukdolanjogja.com

LEAVE A REPLY