Sobat Jogja – Menarik sekali untuk dapat mengulas hotel bintang 4 ini, yaitu Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Dari segi lokasi, tempat wisata terdekat adalah Sindu Kusuma Edupark, Tugu, Monjali, dan Jogja City Mall.

Check-in jam 14:00 WIB (tidak bisa early check-in) jadi bila Sobat datang lebih awal dari jam, maka bersabarlah menunggu di lobby atau bisa jalan-jalan dulu spend waktu di JCM. Waktu check-out jam 12:00 WIB, seperti pada umumnya.

Kesan Pertama

Foto: sobatjogja.com

Dari segi desain, hotel ini sangat modern minimalis, dengan balutan interior khas Jawa. Begitu masuk ke lobby, Anda akan disambut dengan alunan musik Gamelan Jawa.

Kesan pertama saat masuk ke Crystal Lotus adalah tata ruang yang nampak luas, meski hotel ini sebenarnya dibangun di areal yang tidak terlalu luas.

Resepsionis yang ramah, akan menyambut Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Keperluan registrasi check-in cukup dengan KTP, serta menunjukkan bukti booking (bila perlu).

Namun, pada saat registrasi saya hanya ditanya booking atas nama siapa, selanjutnya dimintai KTP untuk di fotocopy oleh resepsionis.

Pembayaran sudah beres dengan menggunakan Agoda, jadi begitu kita sampai tinggal tanda tangan dan mengisi nomor telepon. Ohya, disini kita tidak dimintai uang jaminan, yang biasanya akan dikembalikan saat check-out.

Penggunaan Lift

Selanjutnya setelah kita mendapat kunci (bentuk kartu), kita bisa langsung menuju kamar yang sesuai dengan pesanan. Bagi Sobat yang baru pertama kali, saat naik ke lift gunakan kartu (kunci kamar) tersebut untuk menuju lantai kamar Anda.

Bagi yang belum pernah, pasti akan bingung; caranya gampang cukup tempelkan kartu Anda (ada tandanya), setelah itu tekan lantai yang akan dituju. Setelah itu, ikuti tanda yang mengarah ke kamar Anda.

Selanjutnya, untuk membuka kamar; cukup tempelkan kartu kamar Anda di atas gagang pintu, setelah ada bunyi bip. Bisa langsung dibuka dan jangan lupa, letakkan kartu Anda (ada tandanya) untuk menyalakan listrik di kamar Anda.

  Pop! Hotel Timoho Yogyakarta: Penginapan Murah Tengah Kota

Fasilitas Kamar

sofa
Foto: sobatjogja.com

Lemari pakaian yang cukup besar, lengkap dengan hanger, slippers, brankas, dan kulkas. Meja panjang yang bisa digunakan untuk meja kerja, colokan dan lampu baca yang pas. Pemanas air untuk membuat kopi atau teh, lengkap dengan 2 botol air mineral, krimer, dan gula aren / putih.

Sebuah sofa dan meja kecil untuk Anda gunakan, sembari bersantai menyaksikan acara TV, lengkap dengan ratusan channel.

Kasur empuk ukurang king (tergantung pesanan) sangat nyaman dan bersih, lengkap dengan bantal yang empuk. Terdapat juga meja kecil untuk menaruh barang-barang pribadi di sebelah ranjang.

Fasilitas telepon dan wifi super kencang juga bisa Anda nikmati, terutama bagi Anda yang harus tetap bekerja meski sedang liburan. Dan… ada balkoni yang menghadap ke pemandangan kota dan gunung Merapi, kalau sobat beruntung pemandangan agung gunung Merapi bisa sobat dapatkan.

Di balkoni juga terdapat sebuah kursi dan meja, bisa Anda gunakan untuk santai sejenak, sambil melihat langit senja, atau menikmati malam di Jogja. Meski tidak cukup luas, namun lumayan asyik untuk bersantai disini.

Kamar Mandi

Kamar Mandi
Foto: sobatjogja.com

Bagi Sobat yang tidak membawa perlengkapan mandi, jangan khawatir, disini lengkap semuanya. Tersedia peralatan mandi seperti sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan gelas, lengkap dengan handuk bersih untuk wajah dan badan.

Terdapat kloset duduk dan bak mandi (bathtub) yang cukup luas, lengkap dengan air hangat yang cukup untuk berendam.

Suasana Kamar

Review Deluxe Room Crystal Lotus Hotel Yogyakarta: Bisa Dapat View Merapi
Review Deluxe Room Crystal Lotus Hotel Yogyakarta: Bisa Dapat View Merapi (Foto: sobatjogja.com)

Suasananya tenang, nyaman, meski tidak terlalu kedap suara, karena masih terdengar suara ramainya jalan Magelang – Jogja. Lampu kamar juga nampak sayu (tidak terang banget), jadi buat Anda yang ingin segera beristirahat sangat pas.

  Omah Ningrat Homestay Pogung: Penginapan Murah Dekat UGM

Sarapan

Pilihan menu makanan yang beragam, mulai dari Soto, Sop, Mie, Gudeg, Omelet, dan beragam menu khas Indonesia. Buat yang ingin sarapan santai seperti roti, pizza, sereal, roti selai, juga tersedia.

Kalau ingin sarapan berat seperti nasi, lengkap dengan sosis, ayam, sayuran juga Ada. Atau, buat Sobat yang lagi diet, mau sarapan salad juga bisa, lengkap dengan jus yang sehat-sehat.

Cemilan? Ada banyak sekali tinggal pilih menu dessert yang manis-manis sesuai selera Anda. Kalau ingin mencoba semua kudapan juga bisa, yang penting kuat dan sanggup menghabiskan.

Pelan-pelan saja, sarapan (breakfast) mulai dari jam 06:00 – 10:00 WIB. Restonya juga nyaman, luas, dan sejuk. Pelayanannya juga memuaskan, ramah, cepat, dan sopan.

Booking dengan Agoda

Pengalaman menarik ini datang dari Agoda, cocok buat Anda yang ingin mendapat banyak diskon menarik serta voucher menarik setiap harinya. Namun ingat, harga belum termasuk 10% biaya layanan dan 10% pajak.

Jadi, jangan kaget kalau harga berubah saat proses pembayaran, dan khusus buat Anda yang ingin menggunakan Agoda Cash, pastikan Anda telah menambahkannya saat pembayaran (karena tidak otomatis) jangan buru-buru ya Sob!

Ok, Sob! demikianlah review jujur pengalaman kami menginap di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Semoga pengalaman kami bermanfaat untuk Anda jadikan referensi, sebelum menginap di salah satu hotel di Jogja ini.

Catatan: Meskipun hotel berlabel bintang 4, secara menyeluruh mulai dari segi pelayanan dan fasilitas sangat baik. Namun, kerusakan seperti handle shower yang bocor saat dihidupkan, mungkin akan menjadi penyempurna, selebihnya sangat rekomen buat Sobat yang ingin bermalam di Jogja.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here