Waspadai Angin Kencang Di Awal Musim Penghujan, Ketahui Tanda-Tandanya
Waspadai Angin Kencang Di Awal Musim Penghujan, Ketahui Tanda-Tandanya (photo by tribunnews)

Sobatjogja – Kemarin ketika saya sedang bersepeda di sekitar kampung saya, tiba-tiba saja angin bertiup kencang dan kebetulan saya bersepeda dibawah pepohogan yang lumayan tinggi dan besar. Daun-daun pun berjatuhan, dan disertai pula suara gemuruh petir yang sepertinya pertanda akan datang hujan. Lantas mengayuh sepeda lebih kencang menuju rumah.

Bukan itu point pentingnya, tapi berikut ini:

Saya jadi teringat pesan yang dulu pernah disampaikan dari simulasi di kampung saya dulu, sekitar 6 tahun yang lalu. Semenjak kampung saya terkena gempa 2006 lalu, akhirnya banyak dilakukan simulasi tanggap bencana di berbagai daerah, termasuk kampung saya.

Minggu-minggu ini, jogja sedang memasuki pergantian musim, dari musim kemarau ke musim hujan. Saat artikel ini ditulis saja,  awanpun sudah mendung sejak dari tadi pagi. Takut kehabisan baterai laptop lagi, akhirnya saya langsung to the point saja nulisnya.

Biasanya di awal musim penghujan itu terdapat angin kencang, sehingga kita semua dihimbau untuk waspada akan bencana angin kencang.

Perlu sobat ketahui bahwa angin kencang sulit diprediksi, namun dapat diketahui tanda-tandanya sebagai berikut:

Pagi hingga siang hari cuaca panas terik, sedangkan sore harinya mendung tebal, atau

Di pagi hari terdapat awan kembang kol atau awan colomunimbus, sementara dihari-hari sebelumnya panas, waspadai angin kencang di siang atau sore harinya.

Awan kembang kol atau awan Colomunimbus
Awan kembang kol atau awan Colomunimbus (photo by tribunnews)

Dan berdasarkan fakta yang sudah terjadi, bencana angin kencang terjadi di siang hingga sore hari.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan masyarakat yaitu melakukan penebangan pohon-pohon besar di sekitar rumah atau dikurangi dahan dan rantingnya. Hal ini dikarenakan kerusakan rumah akibat angin kencang yaitu karena tertimpa pohon besar.

Waspadai Angin Kencang Di Awal Musim Penghujan, Ketahui Tanda-Tandanya
Waspadai Angin Kencang Di Awal Musim Penghujan, Ketahui Tanda-Tandanya (photo by tribunnews)

Kemudian jika terjadi angin kencang, segera berlindung ke bangunan yang kuat. Ketika kita sedang mengemudi, sebaiknya segera menepi dan cari tempat berlindung, sebelum anda tertimpa material yang tersapu angin. Jangan berkendara disaat hujan deras disertai angin kencang, kecuali dalam keadaan terpaksa saja, mengingat resiko tertimpa pohon / tiang bangunan sangat tinggi.

Demikian ulasan singkat mengenai tanggap bencana angin kencang yang musti kita waspadai, semua orang tentu tidak menginginkan terjadinya bencana, maka dari itu perlu kita ketahui langkah-langkah dalam mengantisipasinya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?