Jogja, kota yang ramah untuk siapapun yang datang ke sana. Baik solo traveler, family gathering, ataupun sekadar transit sebelum melanjutkan perjalanan. Jangan takut, sesering apapun mendapat promo tiket KAI ke Jogja, kamu bisa tetap mengenal Jogja dengan cara yang berbeda.

Apalagi bagi yang baru pertama kali ke sana. Bermacam tips liburan ke Jogja dengan menumpang kereta api pasti pernah dibaca. Tapi, kamu bisa mengenal lebih jauh kota gudeg ini dari sisi lain lewat tips-tips berikut ini.

Tawar Menawar Batik Hal yang Biasa

5 Hal Penting Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Liburan ke Jogja
5 Hal Penting Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Liburan ke Jogja (Foto: albatique.id)

Membeli batik di Jogja pasti memberi pengalaman yang menyenangkan jika berada langsung di pusat kerajinan atau jual belinya. Banyak yang merekomendasikan untuk membeli batik di Mirota atau pusat oleh-oleh lainnya. Tapi, sudahkah mencoba menawar batik di Pasar Beringharjo?

Saat berjalan-jalan di Malioboro nanti, cobalah mampir ke Pasar Beringharjo di ujung jalan dekat titik nol kilometer Jogja. Wangi kain batik beraneka model dan warna, resapi dulu bagaimana masyarakat asli Jogja mendapatkan batik yang dikehendakinya.

Yup, jangan malu tawar menawar seperti mereka. Tidak harus memaksakan diri memakai bahasa Jawa Kromo Inggil, tapi tetaplah bersikap sopan saat menawar batik yang kamu inginkan.

Skip Parangtritis, Cari Pantai Lain yang Masih Gratis

Pantai Parangtritis, Menggoda Wisatawan Untuk Hadir
Pantai Parangtritis, Menggoda Wisatawan Untuk Hadir

Jika miliki tiket KAI dan turun di stasiun, lurus saja arah selatan, ada Pantai Parangtritis yang jadi jujugan wisatawan. Tapi jika ingin merasakan pantai yang masih belum terekspose keramaian, meluncurlah ke daerah Gunung Kidul.

Selain wisata Goa seperti Goa Pindul, pesona eksotis Gunung Kidul juga didapat dari pantai-pantainya yang masih tersembunyi. Intip juga daerah Gunung Kidul untuk dimasukkan dalam itinerary.

Di jalan menuju Pantai Indrayanti misalnya, deretan pantai-pantai lain masih menunggu untuk dijelajahi. Siapkan waktu yang cukup sehari dua hari untuk menginap di salah satu pantainya agar suasana yang berbeda bisa kamu rasakan di sana.

Tips Mendapat Foto Ciamik di Jogja

Wisata Yogyakarta Istana Ratu Boko Keren
Wisata Yogyakarta Istana Ratu Boko

Tidak sah ke Jogja kalau tidak berfoto di Kalibiru, Candi Ratu Boko, atau Hutan Pinusnya. Tapi, pernahkah kamu menyadari waktu paling tepat untuk mendapat foto ciamik di kota ini?

  Sewa Motor di Jogja Lebih Asyik Ternyata Daripada Kita Membawa Sendiri

Pilihlah musim di mana Jogja tidak banyak wisatawan yang berkumpul di satu lokasi. Pergilah ke tempat wisata yang diinginkan sepagi mungkin, atau tepat tengah hari saat orang-orang memilih mengademkan diri. Soal pencahayaan foto, Jogja selalu punya sensasi tersendiri dalam setiap sudut pandang pengambil fotonya.

Tidak Perlu Susah Cari Makanan di Jogja

Tempat Kuliner Di Jogja, Suguhkan Beragam Cita Rasa Istimewa
Tempat Kuliner Di Jogja, Suguhkan Beragam Cita Rasa Istimewa

Membayar harga promo tiket KAI ke Jogja, dengan harga yang lebih murah adalah satu anugerah. Ditambah lagi harga makanan di Jogja cenderung ramah di kantong jika tau mencari tempat yang direkomendasikan warga setempat.

Sekali waktu, kulineran di jalan Malioboro tentu menyenangkan sambil menikmati suasananya. Di waktu makan yang lain, melipir saja ke daerah Jalan Kaliurang atau daerah kantong mahasiswa lainnya. Tidak hanya murah, kadang ada warung tersembunyi yang bakal membuatmu datang lagi untuk mencicipi masakan lainnya.

Rencanakan Liburan ke Jogja di Waktu yang Tepat

Tidak hanya satu orang saja yang berpikir kalau Jogja akan sepi di tengah minggu. Makanya, hampir setiap waktu kota ini dijejali ribuan pelancong.

Kamu masuk dalam kategori beruntung bila mendapat promo tiket KAI ke Jogja saat musim liburan. Meski terkadang harga tiket kereta di luar puncak liburan bisa juga lebih tinggi, tapi ada rasa yang terobati jika bisa mendapat hasil foto yang lebih sepi.

Oleh karena itu, persiapkan dengan tepat rencana keberangkatan ke kota ini dari berbagai sisi. Tiket KAI ke Jogja bisa dibeli di Traveloka sekaligus mencari hotel atau penginapan murahnya. Jika mendapat tiket yang murah, pastikan lagi ketersediaan di tanggal keberangkatan dan pulangnya.

Ingat, liburan ke Jogja tidak cukup hanya sehari lho. Usahakan mendapat waktu cuti untuk menjelajahi kota ini dari satu sudut ke sudutnya nanti. Sambil menanti keberangkatan ke Jogja, ada baiknya asah dulu skill mengambil foto untuk mendapatkan hasil terbaik di spot-spot menariknya.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here