Menembus Buleleng Demi Wisata Air terjun Sekumpul
Menembus Buleleng Demi Wisata Air terjun Sekumpul

Air terjun sekumpul sudah kami bahas sebelumnya dalam kesempatan yang lalu, sebuah air terjun yang dinobatkan sebagai wisata air terjun paling cantik di pulau Bali. Memberi Anda lebih dari sekedar pesona dari air terjun yang menyegarkan, karena juga akan memberi Anda kepuasan dalam menantang adrenalin dan jiwa petualangan Anda.

Air terjun sekumpul dalam makna bahasa lokal berarti sekumpulan. Nama ini terinspirasi oleh air terjun yang terdiri dari banyak aliran yang berkumpul jadi satu dalam sebuah kelompok air terjun dan tumpah pada telaga yang sama. Setidaknya Anda bisa melihat 7 buah aliran pada air terjun ini dan katanya pada musim penghujan aliran air bisa menjadi lebih banyak dengan debit air yang juga lebih tinggi.

Untuk Anda yang penasaran dengan lokasi yang belakangan tengah populer di kalangan traveler ini, Anda bisa mencoba menyambangi lokasi dengan memulai perjalanan melalui dua jalur pilihan. Jalur pertama melalui kawasan Singaraja yang lebih nyaman Anda lalui, lebih manusiawi menurut beberapa traveler. Sedang jalur kedua melalui jalur dalam Bedugul. Cukup pendek jalurnya tapi kaya tantangan bahkan siap menguji mental Anda.

Pasalnya jalur ini tak ubahnya Anda tengah menyisiri tebing dan jurang yang membingkai kawasan desa Sekumpul. Lengkap dengan jembatan kayu yang menyeberangi sungai-sungai di bawah tebing. Bahkan saking sulitnya medan, jalur ini 100% mustahil dilalui mobil. Bahkan untuk motorpun Anda masih harus cukup waspada dengan jalur yang ada.

Oh ya, bila Anda melalui jalur kedua ini, Anda bisa sekalian mampir pada dua buah air terjun kecil yang dengan mudah Anda jumpai di perjalanan. Pertama adalah air terjun Lemukih di desa Lemukih. Air terjun ini pendek hanya sekitar 4 m dengan 3 aliran air terjun berjajar yang menembus batuan dan vegetasi gantung. Lokasinya mudah Anda gapai karena hanya sekitar beberapa ratus meter dari jalan raya menuju Sekumpul. Dipadati bebatuan cantik dan telaga yag cenderung tidak dalam yang membuat air terjun ini lebih mirip taman surga yang cantik.

Selain itu terdapat air terjun Bengbengan yang kadang bisa menjadi sangat kering ketika tidak hujan. Air terjun ini juga pendek, hanya sekitar 5 m dengan air yang merayap deras melalui bebatuan yang seakan terangkai di jalur air terjun. Air terjun ini juga tak kalah mengasyikannya dengan air terjun Lemukih meski tidak seeksotis tampilan air terjun Lemukih.

Sudah puas bermain dengan air terjun mini saatnya melangkahkan diri Anda menuju air terjun Sekumpul. Air terjun berada di dasar lembah hutan kawasan Buleleng. Untuk itu Anda perlu menuruni jalur tangga yang cukup terawat selama sekitar 15 menit sebelum Anda akan menjumpai bale-bale yang sengaja diletakan di salah satu tebing yang membingkai air terjun dan telaga yang menghijau.

Anda bisa mengistirahatkan diri Anda di bale ini sampai Anda cukup kuat untuk kembali bertarung menuruni anak tangga ini. Ketika Anda mencoba mencapai lokasi air terjun di bawah, Anda perlu ekstra hati-hati karena cipratan air dari air terjun ini membuat jalur track ini cukup licin dan berlumut. Salah-salah Anda bisa terpeleset dan terjun bebas.

Tetapi perjalanan Anda yang penuh tantangan dan berat ini akan terbayarkan begitu Anda menginjakan kaki di dasar air terjun, tepat berhadapan dengan air terjun ini di depan mata. Percikannya yang kencang menerpa wajah Anda sampai seluruh lembah terasa berkabut dan dingin. Anda bisa bermai kecil di aliran sungai setelah telaga karena kawasan telaga cenderung terlalu beresiko untuk Anda dekati mengingat air terjun ini cukup tinggi.

Anda tetap bisa bermain air segar khas kawasan pegunungan sembari menikmati pesona penuh charisma dari air terjun cantik yang anggun ini. Dan siapa sangka Anda bisa menemukan wisata air terjun yang menawan seperti ini di Bali?

Jalan – jalan sobatjogja.com tidak hanya di seputaran Jogja saja lho, seperti kali ini melali (bahasa Bali : Jalan – Jalan) ke Air Terjun Sekumpul yang mempesona ini, mendatangi tempat – tempat indah di Nusantara, memang menyenangkan. Jangan lupa juga berkunjung ke Jogja, penting juga baca 20 daftar hotel murah di Jogja, untuk refrensi bagi yang ingin liburan panjang di Yogyakarta.

Photo by, travelmatekamu.com

Penelusuran yang terkait dengan cara menuju air terjun sekumpul.

Ada pertanyaan atau komentar?