Pariwisata Jogja – Sobat pasti setuju, kalau liburan pengennya mendapatkan sebuah pengalaman yang takan terlupakan. Well, setiap wisatawan tentu saja memiliki niatan khusus saat liburan. Namun, tentu saja pengalaman baru yang berharga selama liburan adalah tujuan dari liburan, kan?

Sebagai Kota Pariwisata Jogja adalah tempat yang sangat cocok buat Sobat yang ingin mendapatkan pengalaman terutama edukasi. Yup, disinilah tempatnya, tempat dimana pusat pendidikan dan terbesar di Indonesia. Untuk itulah, lokasi wisatanya pun, tak luput dari wisata edukasi.

Benar-benar luar biasa, kan? Nah, selain sebagai Kota Pariwisata, Yogyakarta juga merupakan Kota Pendidikan. Ada ratusan ribu pelajar dari berbagai daerah untuk mendapat pengalaman, ilmu, dan motivasi selama belajar di Yogyakarta.

Oke membahas, pariwisata tentu saja berikut ini kami akan mengulas tiga tempat wisata yang kaitanya dengan edukasi.

Pariwisata Jogja Yang Memberikan Pengalaman Berharga Kepada Wisatawannya

Lalu dimana sajakah tempat yang menjadi simbol pariwisata Jogja yang bertema edukasi atau pendidikan? Pada kesempatan kali ini Anda akan mengetahui setidaknya tiga tempat. Siap untuk melihatnya?

Taman Pintar

6 Wisata Sekitar Jogja Kota Yang Pastinya Takan Menyita Waktu Liburan
Wisata Sekitar Jogja Kota – Taman Pintar (Photo by, nory.rh)

Tempat yang pertama adalah Taman Pintar. Jelas, edukasi sangat erat kaitannya dengan taman yang satu ini. Lokasinya tidak jauh dari Malioboro atau di sebelah timur Malioboro dan belakang benteng Vredeburg. Taman Pintar menyajikan berbagai pengetahuan yang dikemas secara menarik.

Dengan Anda mengajak anak-anak Anda bermain di taman ini, secara langsung Anda juga sedang mengajarkan mereka untuk belajar hal yang baru. Taman Pintar juga telah menjadi spot wisata unggulan untuk para siswa sekolah dari berbagai penjuru negeri.

Sesampainya di sana, Anda akan diberikan 35 zona dengan lebih dari 3.500 alat peraga yang sangat edukatif. Dengan ini tentunya anak-anak akan berekreasi sembari belajar lebih banyak.

Di sebelah Taman Pintar, Anda juga akan menemukan Shopping Center yang menjual buku-buku menarik sebagai bahan tambahan belajar Anda. tertarik untuk main ke pariwisata Jogja yang satu ini?

Monumen Jogja Kembali

Pesona Romantisme Malam Di Taman Pelangi
Pesona Romantisme Malam Di Taman Pelangi – Monumen Jogja Kembali

Tenang, itu belum semua. Selain Taman Pintar, Anda juga bisa mengunjungi Monumen Jogja Kembali. Monumen yang juga biasa disebut dengan nama Monjali ini menyimpan banyak fakta sejarah tentang perjuangan Indonesia pada 1949, yakni ketika Indonesia berhasil mengusir Belanda dari Yogyakarta.

Pada masa itu pulalah, presiden Sukarno dan wakilnya, Drs. Moh. Hatta, kembali dari pengasingan. Dengan Anda mengunjungi Monjali, Anda secara tidak langsung juga akan belajar tentang sejarah Indonesia di masa lalu. Begitu juga ketika Anda ke museum Vredeburg.

Museum ini juga tak kalah mapan dari Monjali dan menjadi salah satu museum sejarah Indonesia terbaik di kota Jogja. Anda akan menemukan diorama dengan sentuhan teknologi sehingga tidak membuat Anda bosan untuk menyaksikan bagaimana bangsa ini dibangun dan diperjuangkan pada masa lalu.

Mengenal dan mengingat sejarah masuk dalam aspek pariwisata Jogja, tentu ini adalah hal yang bagus untuk generasi masa kini.

Jogja Bay Water Park

3 Pariwisata Jogja Yang Memberikan Pengalaman Berharga Wisatawan
Pariwisata Jogja Yang Memberikan Pengalaman Berharga Wisatawan – Jogja Bay (Photo by, anang_prsty21)

Kemudian tempat yang terakhir berlokasi tidak jauh dari Monjali, yakni Jogja Bay Water Park. Water Park ini baru diresmikan pada 2015 yang lalu. Namun yang membuatnya menarik adalah predikat sebagai water park terbesar di Indonesia. Taman air ini dibangun di tanah seluas 5 hektare ditambah 2,7 hektare sebagai lahan hijau dan parkir.

Apa yang dipelajari ketika berada di taman air ini? Salah satunya adalah simulasi gempa dan tsunami. Ya, Jogja Bay mencoba menghadirkan dua bencana tersebut sembari mengenalkan, kepada anak-anak khususnya, apa dan bagaimana sikap kita bila terjadi di dunia nyata.

Tentu saja ini membutuhkan teknologi yang canggih. Ketiga tempat di atas kini menjadi pariwisata Jogja yang menggambarkan sisi edukasi. Dengan mengunjunginya, kita tak hanya berekreasi melainkan juga belajar banyak hal.

Oke Sob, demikianlah yang dapat kami sampaikan, mengingatkan selalu untuk tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata, dan menjaga suasana tetap kondusif.

Baca juga artikel menarik berikut ini, sampai jumpa di lokasi wisata, enjoy sobatJogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait pariwisata jogja.

Ada pertanyaan atau komentar?