Anda ingin segera memulai sebuah bisnis tetapi terbentur dengan kendala dana yang kecil? Tidak  perlu khawatir. Sekarang ini ada demikian banyak ide bisnis dana kecil yang bisa Anda jajal dan tetap mampu membuahkan hasil memuaskan. Tentu saja asalkan Anda tekun dan telaten dalam menjalankan bisnis.

Mudah saja untuk memulai sebuah bisnis dana kecil. Anda hanya perlu menemukan ide dari dua unsur di sekitar Anda. Pertama dari kemampuan yang sudah Anda miliki dan dari kebutuhan yang terbentuk di sekitar Anda. Mungkin beberapa ide bisnis dana kecil berikut bisa menjadi referensi Anda dalam memulai bisnis.

Klik Disini Dan lihat Ide Bisnis Dana Kecil Yang Menguntungkan
Klik Disini Dan lihat Ide Bisnis Dana Kecil Yang Menguntungkan (Photo by, workspacegoals)

Bisnis makanan
Banyak usaha makanan yang bisa Anda mulai sebagai bisnis dana kecil. Modal Anda adalah kemampuan Anda dalam memasak dan mengolah makanan, perangkat dapur yang sudah Anda miliki dan pasar potensial yang sudah tersedia di sekitar Anda.

Sederhana saja, Anda bisa memulai sebuah bisnis kedai sarapan pagi, bila Anda tinggal di kawasan pemukiman. Atau Anda juga bisa mulai dengan membuat beberapa camilan anak yang bisa Anda titipkan pada kantin sekolah putra Anda. Ide lain yang bisa Anda jajal adalah dengan berjualan kue jajanan di depan rumah, membuka usaha katering nasi kotak skala kecil, menerima pesanan kue kering lebaran dan masih banyak ide lain.

Bisnis toko online model dropship
Memulai bisnis online juga bisa menjadi model bisnis dana kecil yang menguntungkan. Anda bisa mulai dengan membuka sebuah channel penjualan di sosial media. Atau dengan membuka channel penjualan di salah satu market place gratis yang mudah Anda akses. Hindari membuka blog berbayar kalau modal Anda pas-pasan. Meski pada akhirnya nanti Anda akan tetap disarankan berorientasi untuk membuka sebuah blog berbayar untuk menjaga citra profesional usaha Anda.

Selain urusan media promosi yang harus menekankan sistem bebas bayar, Anda juga perlu memilih sistem penjualan bebas persediaan, misalkan dengan metode dropship. Metode ini memungkinkan Anda berjualan tanpa harus mengalokasikan dana persediaan. Anda bisa pilih sistem dropship bebas deposit atau setidaknya deposit ringan kalau Anda memang benar-benar minim modal.

Bisnis jasa online
Anda mahir dan gemar menulis? Atau memiliki kemahiran dalam web developer? Kenapa tidak menjual jasa Anda secara online. Layanan Anda saat ini sedang banyak dicari oleh pelaku bisnis online, jadi Anda bisa meraup hasil besar dari bisnis ini bahkan dengan modal hanya sebuah laptop.

Masih banyak lagi bisnis jasa online yang siap mendatangkan Anda hasil menarik tanpa banyak mengeluarkan modal selain sebagai penulisatau web developer.

Bisnis pulsa elektrik
Bisnis dana kecil lain yang bisa Anda jajal adalah dengan berjualan pulsa elektrik. Di awal, Anda bahkan bisa memulainya dengan modal hanya 500 ribu sampai 2 jutaan saja. Tentu ini artinya Anda harus bolak balik deposit untuk menjaga kontinuitas layanan.

Bisnis pulsa selalu memiliki potensi pasar yang tidak kecil, apalagi kini ponsel bukan lagi benda mewah. Semua orang memiliki ponsel, ditambah kebutuhan akses internet yang semakin tinggi. Perputaran uang dalam bisnis ini bisa menjadi sangat kencang dengan hasil keuntungan ganda.

Bisnis pengecer gas elpiji 3 kg dan aqua galon
Jadi pengecer gas elpiji 3 kg dan aqua galon juga  bisa menjadi pilihan bisnis menarik kalau Anda hanya memiliki modal kecil. Anda bisa memulainya dengan stok terbatas, jadi modal Anda tidak perlu terlalu besar. Tak sulit mendapatkan stok Anda hanya perlu menghubungi distributor terdekat di kota Anda.

Pasar Anda juga mudah Anda raih, cukup dengan memanfaatkan konsumen dari lingkungan Anda tinggal. Biasanya untuk mendapatkan hasil optimal, Anda bisa menambahkan jas pemasangan gas dan aqua dengan penambahan tarif Rp 1 ribu atau Rp 2 ribu.

Baca juga: Potensi Usaha Menjanjikan Bulan Ramadhan Yang Selalu Dinanti

Ternyata ada banyak ide bisnis dana kecil yang bisa Anda mulai tanpa harus memikirkan urusan kekurangan modal namun tetap memiliki potensi besar. Adakah Anda menemukan ide menarik untuk Anda realisasikan sekarang?

Penelusuran yang terkait dengan Ide bisnis pengecer.

Ada pertanyaan atau komentar?