Ini dia, Kuliner Unik Jogja Dari Kawasan Turi, Entok Slenget
Ini dia, Kuliner Unik Jogja Dari Kawasan Turi, Entok Slenget

Kuliner unik jogja memang cukup beragam mengingat kota satu ini juga sudah dinobatkan sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia dengan ragam hidangan khas tradisionalnya yang berpadu dengan aneka hidangan bergaya modern.

Dan salah satu kuliner unik Jogja yang ingin kami ulas pada kesempatan ini adalah hidangan entok slenget. Tak banyak yang tau akan hidangan yang konon merupakan sajian khas dari kawasan Turi ini. Mungkin dengan udara kaki Merapi yang dingin, hidangan pedas daging entok ini menjadi terasa istimewa. Bagaimana tidak, rasanya memang cukup hangat dengan daging yang lembut dan rasa pedasnya yang menggigit lidah.

Hidangan ini menyajikan potongan daging entok dengan kuah serupa semur dengan warna hiam kemerahan karena perpaduan pedas dan asam tomat yang segar. Rasanya di jamin legit asam dengan serangan pedas yang bisa Anda atur sesuai selera. Dijamin tak rugi jauh-jauh menyusuri jalan Magelang sampai kawasan Turi demi sepiring nasi dan semangkuk Entok Slenget ini.

Jangan kira dengan menghidangkan daging entok lantas Anda harus berjibaku dengan daging yang alot. Pasalnya si empunya warung Kang Tanir mengaku harus mengungkep daging entok dengan perlakuan khusus demi membuat daging entok ini terasa sangat lembut dalam kunyahan Anda, tanpa menghilangkan rasa khas yang gurih dari daging entok.

Tak hanya entok, di sini secara khusus Kang Tanir menyediakan hidangan slenget balungan. Sudah pasti soal rasa lebih gurih dengan sensasi menyisiri daging-daging pada sela-sela tulang. Di jamin akan makin puas menikmati hidangan di warung sederhana ini. Pasalnya khusus untuk hidangan balungan, rupanya Kang Tanir sengaja menghidangkannya dalam porsi besar.

Warung Kang Tanir ini terbilang sederhana, hanya warung kecil dengan lokasi makan lesehan biasa. Lokasinya juga tidak mewah, hanya di tepian jalan kawasan pasar Agropolitan Pules Turi. Malah Kang Tanir masih menggunakan pembakaran arang yang alami untuk hidangan Entok Slengetnya. Mungkin malah aroma arang inilah yang membuat kuliner unik Jogja ini terasa istimewa. Biasanya memang hidangan yang dimasak dengan arang jadi terasa lebih menggigit kan rasanya?

Kalau Anda ingin ikutan mencicipi entok slenget yang unik ini, sebaiknya datang sekitar pukul 5 – 7 sore, alias jangan terlalu malam. Karena selepas jam 8 saja, stok entok slenget di warung makan satu ini sudah ludes. Padahal Kang Tanir sudah menyiapkan 15 ekor entok tiap harinya. Maklum tak banyak yang menyediakan hidangan ini meski di kawasan Turi sekalipun.

Padahal hidangan ini terasa sangat istimewa, mengingat hidangan ini sendiri Anda nikmati di kawasan Turi yang terkenal dingin. Rasa gurih asam pedasnya memberi sensasi hangat yang nagih. Bisa-bisa dalam waktu dekat Anda sudah datang lagi menyambangi kuliner unik Jogja satu ini.

Baca juga : Cobain nih, Mangut Lele Jogja Penggugah Selera Dari Imogiri

Photo by, adinugrohoapt.com

Penelusuran terkait entok dijogja, entok slenget bandung, kuliner bandung entok.

Ada pertanyaan atau komentar?