Anda yang menjalankan kuliah di jurusan pertanian, ternyata bisa menjalankan beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang relatif spesifik sesuai dengan jurusan Anda pribadi. Ide-ide bisnis ini cenderung sederhana dan hanya didasarkan pada apa yang menjadi kebutuhan dari lingkungan sekitar Anda terutama rekan-rekan kuliah Anda sendiri. Dan yang jelas bisa dengan mudah membantu Anda mendatangkan sumber penghasilan.

Ada 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jurusan Pertanian Yang Menghasilkan
Ada 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jurusan Pertanian Yang Menghasilkan (Photo by, renitago)

Anda memang bisa menghasilkan keuntungan dari bisnis yang sifatnya umum, tetapi kalau ada ide-ide bisnis yang sifatnya spesifik dan bersumber dari aset koneksi dan pengetahuan Anda sebagai anak jurusan pertanian kenapa tidak Anda pergunakan?

Lalu ide bisnis untuk mahasiswa macam  apa yang berasal dari potensi Anda sebagai mahasiswa pertanian? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Membuka usaha pertanian Anda sendiri
Anda tak harus menjadi sarjana dulu untuk bisa memulai sebuah usaha pertanian. Bekal ilmu Anda di bangku kuliah sebenarnya sudah cukup untuk memulai sebuah bisnis agro, malah sebenarnya ilmu Anda membutuhkan realisasi praktek untuk bisa Anda pahami dengan baik. Jadi kenapa urung untuk membangun sebuah usaha pertanian sendiri.

Anda bisa manfaatkan ilmu Anda sendiri dari bangku kuliah sekaligus belajar memahami realisasi dari teori-teori yang bertebaran di literatur Anda. Mulailah dengan menyewa lahan  di kawasan yang tidak jauh dari tempat kost dan kampus Anda untuk memudahan Anda.

Jalin kerjasama engan petani lokal untuk menguatkan modal usaha Anda yang pas-pasan. Atau cobalah untuk jeli, kadang kampus menyediakan dana untuk mendukung  wirausaha mahasiswa yang bisa Anda manfaatkan.

2. Membuka jasa penulisan artikel bertema agro
Memakan bangku kuliah di bidang pertanian jelas menjadi alasan kuat Anda cukup memahami dunia pertanian. Jadi wajar saja kalau Anda mencoba berbagi ilmu Anda dengan menulis. Apalagi Anda juga memiliki akses bebas membaca berbagai literatur pertanian yang sesuai bahasan Anda.

Anda bisa menjadi penulis artikel konten web dengan niche agro. Ada banyak materi yang bisa Anda ungkap dalam bidang agro mulai dari berbagi tips soal cara pembibitan, teknik budidaya, pemeliharaan, penanganan hama, pemasaran produk agro.

3. Menjadi supplier bahan praktikum
Mahasiswa pertanian biasanya memang disibukan dengan berbagai peneitian dan praktikum yang menyita waktu. Penelitian ini menuntut Anda menyediakan beragam materi, preparat dan senyawa kimia yang kadang repot pual untuk Anda cari.

Di sini Anda bisa berperan untuk menyediakan bahan dan materi untuk praktikum ini dari para petani dan menjualnya ke mahassiwa. Dengan banyaknya penelitian dalam jurusan pertanian, Anda bisa mudah menjual produk bahan praktikum ini. Kenali dan identifikasi pula setiap kebutuhan pasar supaya bisa membeli dengan tepat dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan praktikum.

4. Mengasuh aplikasi pertanian
Anda memiliki rekanan yang jago dengan IT, ajak orang tersebut bekerja sama dengan membangun sebuah usaha aplikasi dengan tema pertanian. Ada banyak ide yang bisa Anda jajal, mulai dari penyediaan marketplace sampai aplikasi tips usaha pertanian. Dengan berbekal ilmu Anda bisnis aplikasi pertanian bukan hal yang sepenuhnya sulit Anda awali bukan?

5. Konsultan Pertanian
Di daerah pedesaan masih banyak petani lokalan yang belum sepenuhnya paham berbagai amasalah terkait kesehatan dan perawatan tanaman produktif. Di sinilah peran besar yang bisa Anda ambil dengan mengajak beberapa rekan membangun jarinan konsultan pertanian di daerah kecil. Anda bisa menarik untung dari pemerintahan setempat sekaligus turut membantu perbaikan sistem pertanian lokal.

6. Penyedia jasa membuat jurnal
Setiap jurusan memang kerap kali meminta mahasiswa membuat paper terkait bidang study mereka. Tak berbeda dengan apa yang Anda jumpai dalam bisnis untuk mahasiswa jurusan pertanian ini.

Dan yang menarik Anda bisa menemukan banyak rekan kampus Anda yang terlalu malas atau terlalu sibuk untuk merampungkan paper mereka tepat waktu. Sedang beberapa yang lain kesulitan dalam menulis laporan atau jurnal. Anda bisa menawarkan solusi untuk mereka dengan melemparkan jasa pembuatan jurnal ke pasaran.

7. Penjualan pupuk dan vitamin untuk pertanian
Pada umumnya dengan posisi Anda sebagai mahasiswa pertanian, Anda bisa memiliki channel sumber pupuk kualitas baik, vitamin sampai aneka vaksin yang selama ini kadang tidak mudah petani dapatkan. Jadi dengan channel yang Anda buka, Anda bisa mengais rejeki  dari konsumen Anda tadi.

Baca juga: Seperti Inilah Ide Bisnis Menguntungkan Dengan Produk Barang Antik

Bukankah sangat menarik dengan hanya berlatar bisnis pertanian Anda bisa membuka sederet ide usaha yang layan Anda jajal. Ternyata dengan lebih peka, banyak potensilain dan tidak kalah menarik ntuk Anda jajal kan?

Penelusuran yang terkait dengan usaha yang cocok untuk mahasiswa pertanian, Ide kreatif mahasiswa tentang pertanian, ide ide untuk pertanian, Ide ide kreatif memajukan fakulta pertanian, ide ide bisnis di pertanian, bisnis untuk anak fakultas pertanian, bisnis rumahan untuk mahasiswa jurusan agronomi, Bisnis menjanjikan jurusan agronomi, bisnis mahasiswa bidang pertanian, wirausaha yang tepat buat sarjana pertanian.

Ada pertanyaan atau komentar?