Kulineran Malam – Halo Sobat Jogja hari ini kita kulineran lagi… kali ini kita nyobain Magelangan ala Bang J Salah satu kuliner favorit kala malam hari.

 Magelangan spesial ala Bang J, Kuliner Malam Yang Istimewa
Magelangan spesial ala Bang J, Kuliner Malam Yang Istimewa (Photo by, sobatjogja.com)

Well, seperti Sobat ketahui malam semakin Syahdu di Jogja paling pas ya makan-makan. Nah, kebetulan kita sekarang berada di daerah Karanggayam, jadi sekalian mampir ke warung Bang J sembari menunggu pesanan.

Kita browsing-browsing mencari sumber sejarah asal muasal kuliner Magelangan.

Kita mulai dari Kenapa namanya Magelangan.

Dari namanya saja Magelangan, tentu lah Magelangan berasal dari Magelang.

Tapi apa yang mendasari orang Magelang saat itu, membuat Magelangan.

Dengan begitu kita menilik bahan dasar Magelangan yaitu mie dan nasi. Okay Sob, menilik lebih dalam lagi apa yang mendasari kedua bahan dasar tersebut.

Kami memperkirakan, berdasarkan bahan baku pokok dan tentunya mudah didapat, jelas ini kuliner merakyat. Karena Magelangan sangat mirip sekali dengan nasi goreng dan sangat Indonesia baget, plus mudah membuatnya.

Tentu saja Ini adalah perpaduan antara nasi goreng dan mie goreng.

Wow, saat ini Magelangan telah berevolusi.. mungkin di awal pembuatannya dulu Magelangan terbuat dari benar-benar nasi dan mie. Namun sekarang alternatif lainnya adalah mie dari makanan sejuta umat yaitu Indomie.

Mungkin sekedar mungkin (lol) alias teori “semata” kemungkinan Magelangan diciptakan dari sebuah keluarga sederhana yang ingin memadukan antara mie goreng dan nasi goreng.

Tapi, itu masih teori Oke. Keburu ngelantur Magelangan nya sudah jadi nih.

Terima kasih Bang J, aroma Magelangan ini benar menemani malam yang syahdu di Jogja. Oya, ditemani segelas teh hangat membuat suasana Jogja makin romantis.

Magelangan ini terdiri dari mie, nasi dan bumbu-bumbu rahasia Bang J. Diatasnya ditaburi kerupukh, ets.. Magelangan ini pedes lho, tapi silakan pesan sesuai selera mau pedas ataupun biasa saja alias nol cabe.

Citarasa Magelangan ini benar-benar Istimewa rasanya pas sedap dan pedas enak buat Sobat yang sudah lapar malam ini.

Sipp, mendingan langsung saja deh ke Karanggayam Jalan Dumung, pas sebelah pohon beringin.

Pokoknya nih, pas banget untuk kuliner malam. Oke Sob, demikianlah yang dapat kami laporkan semoga malam yang syahdu di Jogja ini, benar-benar sobat rasakan.

Baca juga: Contoh pesan singkat, ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Joss.. Sampai ketemu di wisata kuliner Jogja lainnya meskipun Magelangan tidak berasal dari Jogja tapi Magelangan sangat dekat dengan mahasiswa Jogja. Karena harganya sangat mahasiswa banget Oke Sob, enjoy sobat jogja.com ~Maturnuwun

Penelusuran terkait bumbu magelangan istimewa.

Ada pertanyaan atau komentar?