Apa itu BUMDes? Secara sederhana untuk memahami BUMDES ialah, kalau di Nasional ada BUMN, di daerah ada BUMD, dan di desa ya.. ada BUMDES.

Apa itu BUMDes? Bagaimana Fungsi dan Impact-nya Terhadap Desa Kita
Apa itu BUMDes? Bagaimana Fungsi dan Impact-nya Terhadap Desa Kita (Foto: Agricultural)

BUMDes adalah entitas komersial yang bertujuan mencari manfaat yang akan digunakan sebanyak mungkin untuk kepentingan desa dan masyarakat.

BUMDes sudah ada sebelum undang-undang desa nomor 6/2014. Namun setelah undang-undang tentang desa, BUMDes menjadi semakin strategis. Pembentukan BUMDes menjadi program prioritas kementerian desa pada tahun 2017.

BUMDes adalah entitas komersial yang seluruh atau sebagian modalnya dipegang oleh desa melalui partisipasi langsung modal dari kekayaan desa.

Diharapkan bahwa lembaga ini akan menjadi kekuatan yang mampu mendorong terciptanya kesejahteraan yang lebih baik dengan menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa sesuai dengan keanekaragaman potensi yang dimilikinya.

BUMDes adalah entitas komersial yang seluruh atau sebagian modalnya dipegang oleh desa melalui partisipasi langsung modal dari kekayaan desa.

Diharapkan bahwa lembaga ini akan menjadi kekuatan yang mampu mendorong terciptanya kesejahteraan yang lebih baik dengan menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa sesuai dengan keanekaragaman potensi yang dimilikinya.

BUMDes harus dilahirkan dengan kehendak semua penduduk desa yang diputuskan melalui musyawarah desa (Musdes). Musdes adalah forum tertinggi untuk melahirkan sejumlah keputusan penting di BUMDes, dimulai dengan nama institusi, pemilihan manajer sesuai dengan jenis bisnis yang ingin dicapai.

Selama proses ini, setidaknya ada dua pertemuan besar yang melibatkan semua elemen penting desa secara representatif. Yang pertama adalah penyebaran dan pelatihan tim untuk mengawasi seluruh proses pelatihan dan pertemuan kedua untuk memunculkan berbagai keputusan akhir. Seluruh proses, tentu saja, adalah tanggung jawab pemerintah desa sebagai penyelenggara.

Setelah kelahiran BUMDes, haruskah pemerintah desa bertanggung jawab untuk memberdayakan ekonomi desa? Ini sering disalahpahami. BUMDes lahir sebagai lembaga desa yang berperan untuk menciptakan kesejahteraan warga dengan menggunakan aset dan potensi yang dimiliki oleh desa dan dengan partisipasi keuangan desa.

Namun, ini tidak berarti bahwa semua urusan ekonomi desa termasuk dalam bidang BUMDes, tidak sama sekali. Masalahnya adalah bahwa di desa masih banyak lembaga ekonomi yang tidak termasuk dalam BUMD, bahkan dalam BUMDes.

  Kisah Sukses Usaha Kecil Dengan Mainan Anak Kayu Omzet 6 Milyar

Karena itu harus ditekankan bahwa yang paling menentukan perkembangan dan kegagalan ekonomi desa adalah sebagai berikut: kepala desa! Ya, bagaimanapun, seluruh proses sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepala desa untuk mewujudkan visi ekonomi desanya.

Lalu, Apa itu BUMDes Menurut Fungsi dan Kegunaanya?

Penting bagi kita masyarakat untuk mengetahui, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengawasi? Maka Anda harus tahu, apa saja fungsi dan bagaimana menggunakan dana desa; berikut penjelasannya.

Dana Desa untuk apa?

Faktanya, dana desa tidak hanya terfokus pada program ekonomi tetapi juga pada pembangunan infrastruktur. Untuk meningkatkan kualitas layanan publik, perlu juga dihilangkan gangguan pertumbuhan anak di desa akibat stunting. Namun, semua program akan mempengaruhi, secara langsung atau tidak langsung, keinginan desa untuk mengembangkan ekonomi warganya.

Desa harus berada di empat area prioritas dalam program dana desa. Pertama, desa harus menemukan produk berkualitas unggul di daerah pedesaan. Produk unggulan yang dimaksud adalah jenis komoditas dalam bentuk produk yang lahir di desa.

Produk unggulan harus merupakan produk dengan berbagai keunggulan, seperti kualitas yang bukan milik banyak daerah lain. Sebagai contoh, beberapa desa fokus pada produksi produk pertanian seperti beras dan lainnya karena mereka memiliki lahan pertanian yang subur.

Ada juga desa yang fokus pada pengolahan hasil laut, misalnya, biasanya dilakukan oleh desa-desa yang terletak di daerah pesisir. Produk yang berkualitas tinggi harus memiliki kapasitas produksi yang besar dan terus bersaing di pasar.

Kedua, mendirikan BUMDes. BUMD dirancang sebagai lembaga komersial yang akan mempromosikan produktivitas ekonomi penduduk desa. Memanfaatkan modal investasi desa, BUMDes memiliki berbagai pilihan untuk melayani bisnis berdasarkan peluang pasar potensial dan bertarget.

Jenis-jenis bisnis yang dapat dieksploitasi BUMDes adalah;

Bisnis / Layanan Sosial

Memberikan layanan kepada warga sehingga warga menerima manfaat sosial yang penting. Dalam model bisnis ini, BUMDes tidak menargetkan laba. Jenis kegiatan ini mirip dengan pengelolaan air minum, pengelolaan limbah, dll.

  Budidaya Ikan Koi Yang Menguntungkan

Keuangan

BUMDes dapat membuat lembaga keuangan untuk membantu warga negara mengakses modal dengan cara yang sederhana dan dengan minat sesedikit mungkin. Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar bank komersial di negara ini tidak mendukung orang pedesaan kecil.

Selain mendorong produktivitas bisnis milik modal yang dimiliki oleh warga, jenis bisnis ini juga dapat menyelamatkan nasib warga dari para pemberi pinjaman yang berkeliaran di desa-desa.

Bisnis sewa

Kelola bisnis penyewaan untuk membantu penghuni dengan lebih mudah mendapatkan berbagai peralatan dan pasokan yang diperlukan, seperti persewaan gedung, persewaan perlengkapan pesta, persewaan traktor, dll

Pialang

BUMD adalah perantara antara produk yang dibuat oleh warga di pasar yang lebih luas, sehingga BUMDes memperpendek jalur distribusi produk ke pasar. Metode ini akan memiliki dampak ekonomi yang signifikan pada penghuni sebagai produsen karena mereka tidak lagi dikendalikan oleh perantara.

Perdagangan

BUMDes adalah perusahaan yang menjual barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, yang sampai sekarang tidak dapat dilakukan oleh perorangan.

Misalnya, BUMDes telah mendirikan pompa bensin untuk kapal desa nelayan. BUMDes telah mendirikan pabrik es, ada nelayan sehingga nelayan bisa mendapatkan es yang lebih murah untuk menjaga kesegaran mereka saat mereka pergi memancing

Antara keuntungan profit dan benefit

Salah satu pemahaman silang tentang BUMDes adalah tentang alias laba. Sayangnya, beberapa kepala desa sudah berpikir bahwa BUMDes besar adalah BUMDes yang dapat mencatat milyaran rupiah pendapatan.

Padahal, ukuran BUMDes tidak bisa diukur dari pendapatan saja dalam rupiah. Di sisi lain, BUMD yang lebih memperhatikan manfaat sosial adalah BUMD yang dapat menghasilkan manfaat yang jauh lebih besar.

Oke Sob, itulah penjelasan mengenai Apa itu BUMDes, Dengan adanya BUMDes perkembangan bisnis di desa pun bisa terbantu dengan signifikan. Masyarakat desa juga bisa membuka usaha mereka tanpa khawatir tidak ada modal daripada harus meminjam pada rentenir yang suka keliling desa.

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here