Desa Wisata Brayut Sleman memang populer di kalangan wisatawan, dengan daya tarik berbagai budaya lokal yang ada di Yogyakarta. Tempat arisan, kumpul komunitas, acara makrab, dan kegiatan-kegiatan family gathering sejenisnya.

Desa Wisata Brayut: Cocok Buat Acara Komunitas, Edukasi, dan Arisan
Desa Wisata Brayut: Cocok Buat Acara Komunitas, Edukasi, dan Arisan (Foto: Kus Woro)

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat wisata untuk keluarga di daerah Sleman. Maka, desa wisata ini memang sangat direkomendasikan. Cocok dengan berbagai potensi budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Seperti yang Sobat ketahui, sekarang ini memang tidak mudah menjumpai tempat wisata kebudayaan. Oleh karena itu, desa wisata yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai media edukasi untuk anak-anak.

Tentunya desa wisata merupakan salah satu tempat wisata jaman now. Tapi, tetap mengintegrasikan budaya lokal sehingga dapat memberikan edukasi. Nah, tentunya dengan nuansa desa yang menyejukkan. Maka, akan membuat para wisatawan menjadi lebih betah berada di desa Brayut ini.

Lebih Dekat Dengan Desa Wisata Brayut Sleman

Tentunya Anda ingin mengetahui fasilitas apa saja yang bisa didapatkan di desa wisata ini, bukan? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka informasi berikut ini akan kami jelaskan mengenai aktivitas yang bisa Anda lakukan di desa Brayut ini;

Atraksi Jathilan

Sudahkah Anda mengetahui apa itu atraksi Jathilan? Bagi wisatawan asing atau luar daerah jawa tentunya sangat asing dengan istilah tersebut.

  Goa Tanding Seropan: Hasil Bekerja Keras Menggali, Akhirnya Pak Harto

Namun, ketahuilah bahwa Jathilan merupakan atraksi tradisional yaitu kuda lumping sebagai salah satu kesenian tradisional Jawa.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan atraksi budaya lokal tersebut maka harus membayar Rp 35.000 saja. Perlu diketahui apabila Anda sedang melihat atraksi kuda lumping maka Anda juga bisa belajar mengenai kebudayaan tersebut.

Dengan demikian Anda Tidak hanya berlibur tetapi juga dapat belajar kuda lumping sebagai salah satu kesenian atau tarian dari Jawa yang sangat populer hingga sekarang ini.

Pelatihan Pertanian

Apabila Anda ingin melakukan pelatihan pertanian di desa Brayut maka harus membayar Rp 6.000 saja. Pelatihan pertanian ini bisa dimulai dari menanam berbagai tanaman palawija ataupun padi.

Tentunya, hal tersebut memang sangat mengenalkan kebudayaan masyarakat di desa Brayut.

Dengan demikian tidak hanya melakukan liburan yang menyenangkan tetapi Anda juga dapat belajar berbagai kegiatan pertanian yang tentunya sangat bermanfaat.

Belajar Menari

Selanjutnya, saat mengunjungi desa Brayut maka bisa juga belajar menari Jawa.

Sebagai salah satu desa yang masih erat dengan kehidupan kesenian ternyata tidak hanya memberikan panorama pedesaan yang sangat asri dengan udara cukup menyejukkan tetapi Anda juga dapat belajar berbagai kesenian daerah.

  Desa Wisata Ledok Sambi: Cocok Buat Family Gathering atau Outbound

Salah satunya yaitu belajar menari Jawa, tentunya bagi Anda masyarakat Indonesia memang harus tertarik dengan belajar tarian Jawa karena merupakan kesenian yang harus dijaga kelestariannya.

Belajar Gamelan

Berikutnya, Anda juga dapat melakukan aktivitas belajar Gamelan di desa Brayut, Sleman.

Apabila Anda sudah menikmati berbagai pesona alam yang ada di sekitar maka selanjutnya bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti belajar Gamelan.

Dengan demikian tentunya akan sangat membantu Anda dalam belajar salah satu kebudayaan atau kesenian yang ada di Indonesia.

Belajar Membatik

Nah, saat Anda berlibur ke daerah wisata Brayut maka selanjutnya bisa melakukan aktivitas belajar membatik yang sangat menyenangkan.

Sekarang ini batik memang menjadi salah satu ciri khas Indonesia yang sangat populer. Oleh karena itu, tidak hanya berlibur tetapi Anda dapat melakukan hal bermanfaat seperti membuat batik.

Oke Sob, demikianlah informasi mengenai Desa Wisata Brayut Sleman yang sangat kaya dengan edukasi kesenian dan kebudayaan. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi sebelum liburan nanti.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here