Lompat ke konten

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula agar Menguntungkan!

Bagikan ke sosmed kamu

Investasi Bitcoin adalah salah satu investasi high return yang tengah populer beberapa tahun belakangan ini. Namun, sebagaimana jenis investasi lainnya, high return tentu diikuti oleh high risk. Oleh karena itu, diperlukan cara investasi Bitcoin dan strategi tertentu untuk memperoleh keuntungan optimal.

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula agar Menguntungkan!
Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula agar Menguntungkan! (Foto: Ivan Babydov)

Nah, apabila Anda berencana bermain Bitcoin dalam waktu dekat, artikel berikut tak boleh dilewatkan. Terdapat informasi lengkap seputar cara investasi Bitcoin untuk pemula dan aplikasi investasi Bitcoin terpercaya yang bisa Anda coba. Yuk baca sampai habis!

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula

Cara investasi Bitcoin pemula dari awal dimulai dengan membuat akun, verifikasi KYC (Know Your Customer), mengisi deposit, memilih pair aset kripto, hingga melakukan order dan bertransaksi.

1. Membuat akun

Cara investasi Bitcoin untuk pemula diawali dengan pembuatan akun di Bitcoin Exchange atau bursa Bitcoin. Pendaftarannya bisa Anda lakukan melalui website atau aplikasi investasi Bitcoin  terpercaya. Karena semua prosesnya dikerjakan secara online, Anda pun bisa membuat akun kapan dan di mana saja. Praktis, bukan?

2. Verifikasi Know Your Customer (KYC)

Verifikasi KYC adalah salah satu proses yang krusial. Sebab, jika tahapan ini tidak berhasil, Anda pun tidak bisa melanjutkan investasi. Verifikasi Know Your Customer sendiri terdiri dari mengunggah foto kartu identitas dan swafoto (selfie) sesuai gerakan yang ditentukan. Proses verifikasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 hari kerja.

Verifikasi KYC berguna sebagai perlindungan para pengguna exchange sekaligus mencegah terjadinya money laundering.

3. Mengisi deposit

Setelah berhasil melewati tahapan verifikasi KYC, Anda perlu mengisi deposit terlebih dahulu. Deposit kripto ini berada di platform exchange yang Anda pilih. Nominalnya pun tergantung dari ketentuan platform tersebut. Biasanya berkisar dari Rp30.000 – Rp50.000.

Bagaimana cara membayarnya? Mudah saja! Tersedia berbagai sistem pembayaran yang bisa Anda pilih, sebut saja transfer bank, e-wallet hingga gerai retail.

Baca Juga:  ORII Smart ring Phone: Sensasi Telephone-nan Seperti Paspampres Dengan Cincin Ini

Selain itu, Anda juga diperbolehkan mengisi deposit menggunakan koin kripto lain jika Anda sudah memilikinya, seperti litecoin, ethereum dan sejenisnya. Cukup mudah kan tahapan berikut?

4. Memilih pair aset crypto

Maksud dari pair adalah pasangan mata uang dan aset crypto yang Anda pilih. Contohnya, karena Anda akan bermain Bitcoin dan menggunakan mata uang Indonesia untuk transaksinya (saat membeli dan menjualnya), maka pilihlah pair Bitcoin dan Rupiah.

5. Lakukan order dan transaksi

Di cara investasi Bitcoin untuk pemula berikut, terdapat dua jenis order yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu yaitu Maker atau Limit dan Market atau Taker.

Maker artinya penjual ataupun pembeli Bitcoin menggunakan harga yang ia pasang sendiri. Maksudnya adalah Anda sendiri yang membuat harga jual dan harga belinya.

Lalu, metode transaksinya dikenal dengan Limit atau harga order tidak mengikuti harga pasar karena Anda memasang harga ordernya sendiri, baik lebih rendah atau tinggi dari harga pasar, dan tidak dikenakan fee.

Sementara itu, Market atau Taker artinya orang yang menjual atau membeli Bitcoin dengan harga pasar. Metode ini dikenal sebagai metode instan karena proses transaksinya bisa dilakukan langsung.

Jadi, jenis order atau transaksi mana yang lebih baik untuk dipilih? Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda dalam berinvestasi. Jika Anda ingin menjual Bitcoin dalam waktu cepat, pilihnya metode Maker atau Limit. Namun, apabila Anda ingin membeli Bitcoin segera mungkin, pilihlah metode Taker.

6. Mengajukan withdraw

Setelah berhasil melakukan transaksi, Anda dapat mendiamkan aset kripto tersebut untuk beberapa saat sampai bisa mendatangkan keuntungan.

Jika ingin menariknya dalam bentuk rupiah atau withdraw, maka Anda hanya perlu mengajukan penarikan di aplikasi investasi Bitcoin yang Anda digunakan atau dengan memasukkan alamat Bitcoin wallet yang merupakan tujuan pengiriman Bitcoin Anda.

Baca Juga:  YouTube Kids: Cara Menggunakan Internet Dengan Aman Untuk Anak

Aplikasi Investasi Bitcoin Terpercaya

Nah, setelah Anda memahami bagaimana cara investasi aset crypto tersebut, sekarang saatnya Anda mengenal platform atau aplikasi Investasi Bitcoin yang bisa dicoba, salah satunya yaitu Bitocto.

Bitocto adalah platform untuk jual beli aset cryptocurrency yang terpercaya di Indonesia karena telah diawasi dan teregulasi oleh KOMINFO dan BAPPEBTI. Bitcoto juga dilengkapi dengan sistem enkripsi serta proteksi terhadap DDOS. Sehingga, Anda bisa bertransaksi selama 24 jam nonstop dengan aman.

Anda pun bisa memasang aplikasinya di smartphone dengan mengunduhnya melalui Playstore atau Appstore. Benar-benar praktis!

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Investasi Bitcoin

High risk, high return. Seperti penjelasan di awal tadi, Bitcoin adalah mata uang digital dengan keuntungan investasi menggiurkan, tapi juga risiko kerugian yang tinggi. Sehingga, sebelum memutuskan terjun ke dalam dunia ini, Anda wajib mempertimbangkan dan menyiapkan segalanya. Berikut daftar persiapan yang mungkin bisa membantu Anda.

  1. Tentukan tujuan investasi Anda.
  2. Lakukan riset dan pahami lebih mendalam seputar Bitcoin termasuk harga Bitcoin, keuntungan dan risikonya.
  3. Tentukan jumlah dana yang hendak Anda investasikan. Pastikan dana tersebut adalah dana nganggur bukan dana untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak menjadi beban ketika suatu saat Anda mengalami kerugian.
  4. Kenali faktor-faktor yang bisa mempengaruhi nilai pasar Bitcoin.
  5. Berinvestasilah dengan bijak dengan menerapkan strategi yang tepat.

Nah, itu tadi informasi seputar cara investasi Bitcoin untuk Anda ketahui. Jika Anda ingin berinvestasi dalam waktu dekat, pastikan Anda memilih platform yang terpercaya dan telah diawasi BAPPEBTI dan KOMINFO. Sehingga, semua aktivitas di dalamnya sudah terjamin aman.


Bagikan ke sosmed kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.