sobatjogja.com – Menurut prediksi pada tahun 2018 Indonesia bakalan mengalami krisis listrik sebesar 1000 megawatt, seperti yang disampaikan oleh Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Hendri Saparini.

Woops Sobat, Indonesia Berpotensi Krisis Listrik di Tahun 2018 Lho, Kita Harus
Woops Sobat, Indonesia Berpotensi Krisis Listrik di Tahun 2018 Lho, Kita Harus (Photo by, elconfidencial.com)

Ini karena kebutuhan listrik masyarakat Indonesia sekitar 5000 megawatt per tahun, sementara itu Perusaan Listrik Negara (PLN) sanggup menyediakan 4000 megawatt saja per tahun.

Seperti kebutuhan listrik rumah tangga, industri, komersial, dan umum rupanya telah melebihi pasokan PT. PLN setiap tahunnya. Akibatnya sering terjadi Earth Hours tiba-tiba (mati listrik) yang kadang terjadi di jam kerja, di beberapa daerah bahkan sering mengalami Earth Hours dadakan.

Alhasil defisit 1000 megawatt pertahun pada tahun 2018 tidak terelakan nantinya. Krisis listrik ini pastinya akan sangat merugikan secara nasional apalagi adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berjalan sekarang ini.

Stop!, mengkritik kinerja PLN dalam hal ini kalik ya? – Berikan pendapat kalian di kolom komentar

Sementara itu sebelum tahun 2018, langkah kecil yang bisa kita kerjakan adalah benar-benar mengurangi penggunaan listrik terutama di jam-jam kerja 08:00 – 17:00.

Ets, bukan berarti menghentikan langkah kita untuk bekerja lho ya, maksudnya mematikan listrik yang tidak perlu, misalnya menghidupkan AC sewajarnya. Jangan sampai hidupkan AC sampai mengigil padahal itu tidak baik untuk kesehatan.

Seperti apapun langkah kecil yang dapat kita lakukan untuk hemat listrik sebisa mungkin pastinya akan berdampak besar, dan kita bisa terhindar dari krisis listrik tahun 2018.

Punya ide atau saran untuk hemat listrik? – Sampaikan langsung di kolom komentar ya, terima kasih

Ada pertanyaan atau komentar?