Ternyata Potensi Usaha Kuliner Pepes Itu Sangat Menjanjikan Lho
Ternyata Potensi Usaha Kuliner Pepes Itu Sangat Menjanjikan Lho (Photo by, brojajan)

Potensi Usaha Kuliner – Menjadi seorang Ibu rumah tangga tak lantas menutup kemungkinan Anda tak bisa mengais rejeki tambahan. Terbukti ada banyak ide usaha yang bisa dikembangkan hanya dengan bermodal kemampuan yang bersifat domestik, termasuk kemampuan mengolah kuliner. Salah satu contoh seorang Ibu rumah tangga yang sukses dengan potensi usaha kuliner adalah Ibu Astari dari Yogya yang sukses merintis usaha rumahannya dengan aneka pepes.

Ibu Astari memang sejak lama menggemari dunia masak memasak. Bahkan sejak usia 15 tahun Ibu Astari sudah terbiasa memasak sendiri di rumahnya. Kegemarannya ini berlanjut hingga dewasa. Salah satu kuliner yang menurutnya mumpuni dia buat adalah pepes. Konon pepes buatannya adalah kegemaran keluarga.

Ternyata Potensi Usaha Kuliner Pepes Itu Sangat Menjanjikan Lho
Ternyata Potensi Usaha Kuliner Pepes Itu Sangat Menjanjikan Lho (Photo by, brojajan)

Kadang dari sekedar menyambung tali silaturahim, Ibu Astari kerap menghantarkan pepes buatannya ke tetangga-tetanggag sekitar rumah. Dari sana para tetangga di dalam perumahan tempatnya tinggal mulai mengetahui kalau Ibu Astari memang jago membuat pepes. Kadang mereka memesan dIbuatkan pepes untuk acara keluarga atau arisan.

Menyadari pepes  buatannya tampaknya sesuai dengan selera, ditambah adanya satu kesempatan yang diterimanya dari salah seorang kerabat, Ibu Astari pada tahun 2012 mengikuti sebuah pameran kuliner di kota Yogya. Sajian pepesnya menjadi menu andalan yang ternyata mendapat sambutan memuaskan.

Ibu Astari menjual beragam pepes dengan berbagai jenis ikan, mulai dari ikan mas, kakap, lele, nila, kerapu, patin sampai salmon. Selain itu Ibu Astari juga menyediakan alternatif lain sajian pepes selain jenis ikan seperti udang dan kerang. Tersedia juga jenis pepes ikan dan pepes khusus untuk penggemar menu vegetarian seperti jamur, tahu, tebu ikan sampai jantung pisang.

Mengikuti pameran 5 hari Ibu Astari mengaku sudah mengantungi untung hingga 1,4 juta dan ini memantapkan niatnya membuka usaha pepes dengan serius. Ibu Astari mulai membangun usahanya secara kecil-kecilan. Awalnya hanya menjual pepes berukuran kecil secara berkeliling dengan menggunakan seorang tenaga penjual.

Kemudian merasa ide ini masih belum optimal mendatangkan hasil, Ibu Astari menjajal ide membangun jaringan agen penjualan. Ibu Astari melibatkan beberapa tetangga di sekitar rumahnya untuk menawarkan produk pepes buatannya ke karyawan kantor mereka. Mereka awalnya dibekali dengan sampel pepes berukuran kecil dari aneka rasa.

Pada tahap ini saja sebenarnya usaha pepes milik Ibu Astari sudah memperlihatkan hasil. Dalam 4 bulan usaha dalam satu harinya saja Ibu Astari harus memproduksi lebih dari 40 buah pepes untuk pesanan dan penjualan keliling dari berbagai jenis isian. Setidaknya dari total produksi ini Ibu Astari sampai mendapatkan omset tak kurang dari 800 ribu sampai 1 juta tiap harinya.

Melihat potensi dari usaha sang Ibu, putri dari Ibu Astari melihat usaha ini masih mungkin dikembangkan lebih maksimal lagi melalui media online.  Jadilah sang putri menjajal untuk menjual pepes buatan sang Ibu tadi melalui market place. Market place ini membantu sang Ibu meluaskan penjualan bahkan sampai ke daerah di luar Yogya.

Awalnya Ibu Astari kesulitan menjual ke luar kota, namun masalah ini tak membuat Ibu Astari kehabisan akal. Mereka menemukan cara untuk bisa mempertahankan kondisi pepes buatan Ibu Astari sehingga bisa bertahan setidaknya 1 hari lebih lama tanpa pengawet.

Mereka juga menggunakan paket pengiriman khusus 1 hari sampai untuk menjaga kualitas pepes tetap baik sampai di tangan konsumen. Itu pula sebabnya, Ibu Astari hanya melayani kawasan pembelian Jawa Tengah demi alasan penjagaan kualitas.

Kini setelah berjalan hampir 4 tahun, usaha yang diberinya Pepes Sari ini sudah memproduksi hingga 120 buah pepes tiap hari, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Untuk menggarap pesanan sebanyak itu, Ibu Astari merekruit 3 orang karyawan.

Dalam satu hari dari penjualannya, setidaknya keuntungan bersih yang bisa dihasilkan Ibu Astari mencapai 400 ribuan. Kadang di waktu menjelang musim hajatan, pesanan malah bisa membludak dan keuntungan bersih bisa hampir mencapai 2 kali lipat.

Baca juga: Potensi Bisnis Baru Dunia Fotografi Yang Menjanjika di Zaman Kekinian

Ternyata sebuah kemampuan domestik yang ditekuni dengan baik dan cermat bisa menjadi sebuah potensi usaha kuliner yang mampu menghasilkn pendapatan memuaskan. Sebagaimana kisah Ibu Astari dengan potensi usaha kuliner sajian aneka pepesnya.

usaha aneka pepes, usaha pepes, usaha kuliner ikan pepes

LEAVE A REPLY