Jika ingin berlibur sambil belajar tentang ilmu biologi, maka Sobat bisa datang ke Museum Biologi UGM. Koleksinya lengkap, ilmunya dapat, jalan-jalannya juga dapat, dan pastinya harga tiket masuknya murah.

Museum Biologi UGM: Untuk Anda Yang Ingin Menambah Wawasan
Museum Biologi UGM: Untuk Anda Yang Ingin Menambah Wawasan (Photo by, Ricky Santana)

Museum adalah salah satu tempat yang tepat untuk Anda dijadikan sebagai wisata. Museum yang berisi pameran – pameran benda yang memiliki tema tertentu akan menarik jika dipelajari sambil berwisata. Tidak ada salahnya untuk sekali – sekali wisata yang dilakukan di Museum.

Salah satu museum yang bisa anda kunjungi adalah Museum Biologi yang berada di daerah Wirogunan, Kota Yogyakarta. Jika anda penasaran dengan museum ini, maka anda bisa mendapatkan informasi tentang Museum Biologi pada ulasan berikut ini.

Lebih Dekat Dengan Museum Biologi UGM

Biologi adalah salah satu ilmu yang banyak sekali diterapkan oleh orang – orang. Adapun ilmu biologi juga banyak digemari oleh anak – anak karena membahas tentang makhluk hidup yang berada di bumi.

Hal inilah yang menarik jika ada museum yang memiliki tema Biologi. Saat ini sudah ada museum yang bertema tersebut dengan nama Museum of Biology.

  Megahnya Istana Air Taman Sari Yogyakarta Yang Luasnya 10 Hektare

Jika anda tertarik dengan apa saja yang dipamerkan, maka anda bisa langsung mengunjunginya, namun jika anda ingin memiliki informasi yang tepat sebelum pergi ke museum tersebut,  penasaran?

Lokasi dan Sejarah

Sebelum anda pergi ke Museum of Biology UGM, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu letak atau lokasi museum tersebut. Lokasi museum berada di Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151.

Sedangkan untuk Museum Biologi ini sudah ada sejak tahun 1964 yang awalnya memiliki nama museum Zoologicum. Museum ini dulunya ditempatkan di salah satu ruang kuliah yang berada di UGM.

Kemudian semakin bertambahnya tahun akhirnya museum ini diresmikan dengan nama yang saat ini sudah anda kenal dengan nama Museum Biologi.

Fasilitas di Museum

Jika anda sudah mengetahui lokasinya, maka anda bisa dengan mudah mengaksesnya dari pusat kota langsung ke alamat yang sudah dijelaskan. Jika anda merasa kebingungan, maka anda bisa menggunakan aplikasi maps yang sudah disediakan di smartphone anda.

Berikut fasilitas yang bisa anda gunakan dalam museum ini. Fasilitas tersebut berupa pameran dengan koleksi tumbuhan dan binatang yang cukup banyak pada museum tersebut.

  Wisata Candi Yogya, Candi Plaosan

Kedua kelompok pameran tersebut juga nantinya akan dipecah menjadi beberapa family yang bisa anda amati dengan baik dan anda pelajari sesuai dengan fakta yang ada.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jika anda sudah memahami museum ini dan fasilitasnya, anda bisa saja mengunjungi museum ini mulai hari Senin hingga hari Jumat. Adapun untuk jam bukanya adalah jam 07.30 hingga jam 16.00, khusus Jumat hanya sampai pukul 15.00.

Lalu untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari besar lainnya museum biologi tutup sehingga anda tidak dapat mengunjunginya.

Kemudian ada pula tiket masuk yang dikenakan saat akan mengunjungi Museum of Biology ini. Untuk pelajar bisa dikenakan retribusi Rp 5.000, lalu untuk umum Rp 7.000, dan sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 15.000.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Oke Sob, demikian informasi tentang Museum Biologi UGM. Semoga informasi ini bisa anda gunakan untuk belajar biologi lebih baik sekaligus berlibur saat memiliki waktu liburan yang cukup bagi anda.

Petunjuk Arah via Google Maps

Ada Pertanyaan atau Komentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here