Jogja Dingin Sekali – Buat yang kemaren bertanya-tanya, kenapa sih beberapa minggu terakhir ini Jogja dingin banget? Nah, berikut kita akan Jelaskan kenapa hal itu bisa terjadi.

(Ask) Kenapa Akhir-akhir ini Jogja Dingin Sekali Ya? Terutama di Malam Yang Sesunyi Ini
(Ask) Kenapa Akhir-akhir ini Jogja Dingin Sekali Ya? Terutama di Malam Yang Sesunyi Ini (Photo by, jaenisahuri)

Seperti yang kita rasakan bersama #cie.. (saya bisa jelaskan), beberapa hari ini setiap malam terutama. Cenderung udaranya sangat dingin, orang-orang bilang kondisi ini biasanya terjadi di dimasa MaBa (Mahasiswa Baru).

Tentu, fenomena ini menarik sekali untuk kita cari tahu.

Berdasarkan baca literatur sana-sini, rupanya ini biasa terjadi disaat musim kemarau terutama di bulan Juli hingga Agustus yang merupakan puncak-puncaknya. Nah, puncak angin musim kemarau ini membawa angin dingin menuju wilayah Indonesia.

Yaitu, angin dari arah Australia Sob atau yang kerap disebut dengan Monsoon Australia. Karena, disaat yang bersamaan saat ini Australia sedang memasuki musim dingin. Yang akibatnya suhu permukaan nya mencapai 16 – 18 derajat Celcius.

Nah, otomatis angin yang mengarah ke Indonesia khususnya Jogja (karena kita dibagian selatan) adalah angin yang sangat dingin dan cenderung kering. Itulah, yang terjadi kenapa suhu udara di Jogja beberapa hari ini sangat dingin.

Berdasarkan pantauan kami suhu minimum yang pernah tercatat itu 18 derajat Celcius di malam hari. Lalu kemudian uniknya di siang hari malah justru hingga 25 – 32 derajat Celcius.

Rupanya kondisi ini tidak hanya terjadi di Yogyakarta saja tetapi di selatan ekuator seperti NTB dan NTT. Namun yang merasakan dampaknya Monsoon Australia adalah pulau Jawa terutama di bagian Selatan.

Sekedar himbauan dari kami saat cuaca yang dingin dan kering ini, perbanyaklah minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Karena suhu dingin yang kering dan cuaca panas di siang hari mengakibatkan kita bisa dehidrasi.

Selain itu pesan dari BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di malam hari. Karena kondisi begitu dingin, ya.. bila tidak ada keperluan tidak usah keluar malam hari.

Tapi kalau mau nongki-nongki di angkringan ndak masalah sih, sambil nyeruput jahe anget atau wedang ronde. Yang penting nongkrong yang positif.

Baca juga: Hotel Murah di Jogja Dekat Malioboro: Sekarang gak perlu kesasar lagi atau alesan jauh

Oke Sob, semoga ini menjawab pertanyaan terkait Kenapa Akhir-akhir ini Jogja Dingin Sekali Ya?. Terima kasih buat yang sudah bertanya via dm instagram (@sobatjogja) kemarin. enjoy sobatjogja.com ~Maturnuwun

Akan terjadi fenomena apa dibulan agustus 2018 dijogja, dingin sekali, jogja dingin sekali agustus 2017

Ada pertanyaan atau komentar?