Ini dia, Cara Murah Menulusuri Tempat - Tempat Wisata di Jogja
Ini dia, Cara Murah Menulusuri Tempat – Tempat Wisata di Jogja

Dengan segala fasilitas yang mendukung pariwisata, kini sangat mudah untuk menelusuri tempat – tempat wisata di Jogja dengan harga murah dan terjangkau. Cara yang sudah di buktikan oleh banyak backpaker asing dari penjuru dunia yang pernah menyusuri negeri Kraton ini.

Bahkan, sekalipun sobat baru pertama kali datang ke Yogyakarta, tidak perlu khawatir akan kesulitan menyusuri tempat – tempat menarik di Jogja yang wajib anda kunjungi. Mengapa demikian ? karena fasilitas mendukung untuk liburan seperti penginapan, kendaraan umum, tempat makan enak di Jogja, sudah tersedia lengkap disini.

Ilustrasi yang mungkin saja sobat baru saja tiba di Yogyakarta, tepatnya menggunakan kreta api dan kebetulan berhenti stasiun Tugu, nah dari sini saja sobat sudah bisa memulai menyusuri dengan berjalan kaki setelah keluar dari stasiun.

Mungkin saja sobat sama sekali tidak lelah, serta tidak membawa tas besar sobat bisa langsung mengarah ke timur sampai ketemu monumen (patung) kereta UAP yang menjadi icon stasiun Tugu. Nah, dari sini sobat bisa langsung ke arah selatan menemui portal rel kreta api, anda sudah disambut salah satu jalan yang paling terkenal di dunia, yaitu “Jalan Malioboro“.

Sebuah jalan sepanjang satu kilometer lebih yang akan memanjakan sobat dengan barang – barang serta kuliner Jogja yang murah meriah sudah menyambut sobat disini. Salah satu tempat wisata di Jogja yang memiliki sejarah panjang berdirinya perekonomian Yogyakarta dan sekitarnya.

Sebab pedagang di jalan Malioboro ini justru kebanyakan dari luar Jogja seperti, Solo, Klaten, Magelang, bahkan salah satunya ada yang jauh – jauh dari Surabaya. Terutama di musim liburan tiba jalan ini akan penuh sesak oleh pengunjung dari penjuru dunia dengan wisatawan asing maupun lokal.

Sentuhan para seniman untuk mempercantik jalan Malioboro juga semakin jelas, sebab hampir disepanjang jalan ini sobat bisa menemui karya – karya unik para seniman Jogja. Akan semakin cantik bila malam tiba karena suasana jalan ini akan menjadi romantisme sendiri.

Baik, terus berjalan kaki di sekitaran jalan Malioboro juga banyak sekali hotel – hotel murah, mungkin sobat sebaiknya segera reservasi kemudian menyimpan barang – barang di ransel sobat kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri jalan Malioboro ini.

Karena semakin ke selatan semakin menarik, mendekati titik 0 (nol) Yogyakarta tepat di bagian timur sobat bisa melihat benteng gagah penuh sejarah, yaitu “Benteng Vredeburg“. Sementara itu di sebelah barat sobat akan melihat gedung yang amat sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu “Istana Negara”, ketika itu Ibukota Indonesia adalah Yogyakarta ini.

Selain gedung – gedung bersejarah, di areal titik 0 (nol) ini sobat dapat melihat gedung bank bersejarah seperti Bank BNI ataupun Bank Indonesia, serta Kantor Post, dan Kantor KONI (dulu) tepat disebelah gedung bank BNI.

Selain itu, terdapat wahana “Taman Pintar” yang sangat menarik dan mendidik untuk di kunjungi, kemudian melewati titik 0 (nol) km anda akan melihat alun – alun utara Yogyakarta yang begitu luas dengan benteng mengitari di sekitarnya. Ah! sungguh indah dan ramai, terutama di malam hari tiba warung kaki lima sudah menyambut anda disini.

Tepat setelah alun – alun utara ini, sobat dapat menyaksikan pula Istana Kraton Yogyakarta yang memiliki sejarah luar biasa bahkan sebelum berdirinya Indonesia.

Pengunjung bisa masuk ke Kraton Yogyakarta hanya di jam – jam berkunjung saja, dan waktu yang disediakan juga cukup singkat namun bermanfaat. Bila sobat ingin terus ke arah selatan, anda akan menemui semakin banyak tempat – tempat menarik untuk di kunjungi, namun bila sobat sudah lelah anda bisa kembali ke penginapan dan beristirahat.

Supaya bisa menghemat energy karena masih banyak tempat wisata di Jogja yang wajib sobat kunjungi. Oke, perjalanan ilustrasi wisata ini akan bersambung lagi, demikian duru dari saya semoga pesan ini bermanfaat, sekaligus memperjelas untuk berwisata di Jogja tidak harus dengan cara yang mahal.

Baca juga : Menikmati Wisata Pantai Jogja di Baron, Gunungkidul

Photo by, sag-art13

Ada pertanyaan atau komentar?