Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Yang Potensial di Daerah Pedesaan
Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Yang Potensial di Daerah Pedesaan (Photo by, dhen_syaviq)

Hanya punya modal kecil tak lebih dari 5 juta tapi ingin bisa memulai sebuah bisnis dengan hasil potensial? Kenapa tidak menjajal satu ide peluang usaha modal kecil satu ini, usaha penggilingan padi. Usaha ini sangat potensial Anda kembangkan di daerah pedesaan dan pertanian.

Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Yang Potensial di Daerah Pedesaan
Inilah Peluang Usaha Modal Kecil Yang Potensial di Daerah Pedesaan (Photo by, dhen_syaviq)

Adapun yang menjadi kunci utama dalam memulai usaha pengglingan padi adalah mesin giling padi. Biaya penyediaan mesin giling padi ini berkisar antara 3 juta sampai 6 jutaan tergantung kapasitas dan kecepatan penggilingan. Itu artinya Anda bisa membeli mesin ini dengan hanya bermodal 5 jutaan saja.

Sementara sisa modal yang Anda miliki bisa Anda jadikan biaya untuk menyediakan ruang usaha. Tak harus repot menyewa lokasi, karena pada dasarnya usaha ini bisa Anda lakukan cukup di sebuah ruang usaha kecil di pekarangan rumah Anda, dengan catatan Anda memiliki cukup ruang terbuka sisa di pekarangan rumah. Hal ini pada dasarnya tidak mustahil mengingat kebanyakan warga di pedesaan cenderung memiliki hunian berpekarangan luas.

Dirikan sebuah bangunan semi permanen bermodal kayu, anyam bambu atau tripleks dan seng atau atap  sakura yang lebih berkualitas. Upayakan untuk membangun sendiri atau melibatkan sesedikit orang dalam proses pembangunan ruang usaha yang biasanya hanya pada kisaran luas 10 m2 saja.

Sisakan modal 200 ribuan untuk membantu Anda mempromosikan usaha Anda ini. Bisa dengan mengedarkan selebaran pemberitahuan akan berdirinya rumah giling di tempat Anda. Cara ini cenderung murah dan tidak terlalu merepotkan untuk dilakukan. Tetapi cara paling efektif untuk usaha ini adalah dengan ketok tular. Tawarkan ke beberapa petani setempat secara lisan, berkan penawaran harga promosi khusus di awal untuk ujicoba layanan Anda.

Kepuasan mereka ketika menggunakan layanan Anda akan mendorong mereka kembali lagi pada Anda dan tak hanya itu tetapi juga menularkannya pada rekan-rekan dan kerabat mereka sesama petani padi.

Pada tahap awal, Anda memang mash harus melakukan banyak proses secara manual mengingat keterbatasan modal Anda. Secara bertahap sebaiknya siapkan modal lebih untuk menyediakan beberapa mesin penunjang usaha penggilingan beras untuk menjadi lebih profesional. Ini akan membantu Anda bisa meningkatkan nilai jual jasa Anda sekaligus memungkinkan Anda melayani secara lebih maksimal lagi.

Lalu bagaimana sebenarnya deskripsi potensi dari peluang usaha satu ini? benarkah usaha ini termasuk peluang usaha modal kecil yang menjanjikan hasil menarik? Berikut ini adalah gambarannya untuk Anda.

Baca juga: Contoh Peluang Usaha Warnet Yang Sukses, Studi Kasus JagoNet Jogja

Untuk sebuah usaha giling padi di pedesaan penghasil beras, diakui bisnis ini memiliki potensi besar, meskipun penghasilan Anda akan turun dan naik seiring dengan musim panen dan musim tanam datang. Di kala musim panen, Anda bisa saja kebanjiran order dan permintaan akan menurun tepat ketika masa tanam rampung, karena ketika itu banyak orang mulai kehabisan stok padi.

Pada musim panen, seorang pemilik usaha giling padi bisa menggarap sampai 1 – 3 ton padi untuk dikupas dan dibersihkan menjadi beras siap jual. Ini bisa berlangsung setidaknya 1 – 2 bulan tergantung kondisi ketatnya persaingan usaha dan jumlah lahan pertanian yang tersedia di kota tempat usaha berjalan.

Masa panen ini secara umum berlangsung sekitar 2 – 3 kali dalam satu tahun. Sedang sisanya biasanya merupakan masa bukan panen yang sangat mungkin akan menjadi masa sepi bagi usaha giling padi. Penurunan omset bisa berkisar antara 40 % sampai 60 %.

Biasanya jasa giling padi dikenakan biaya sekitar Rp 1000 perkilonya. Bila sedang musim panen artinya Anda bisa mencapai omset kisaran 25 jutaan bahkan hingga 70 jutaan. Sedang di luar musim panen Anda bisa hanya mengantungi omset kisaran 5 sampai 20 jutaan saja.

Omset ini masih harus dikurangi beberapa post biaya seperti bahan bakar, tenaga kerja dan lain-lain. Jadi diperkirakan Anda masih bisa mendapatkan margin sekitar 40%. Dapat Anda lihat usaha ini memiliki prosentasi margin yang tergolong sangat tinggi untuk sebuah usaha berskala kecil. Jadi apakah Anda bisa melihat bagaimana potensi dari peluang usaha modal kecil satu ini.

*Mohon dukungan-nya ya: Inilah Pengalaman Bersama BNI, Saat Kali Pertama Memilih BNI Dalam Berbank (Blogging Competition)

*Mengapa Sobat Jogja membahas mengenai peluang usaha ? Menjawab Mengenai Pembahasan Peluang Usaha di Sobat Jogja

mendeskripsikan peluang“ usaha di daerah, modal usaha kecil yang potensial di kabupaten, peluang usaha di daerah, peluang usaha penggilingan padi, peluang usaha yang potensial, Potensi gmail peluang jutaan, usaha potensial didesa
BAGIKAN

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?