Entah kenapa yang paling tua selalu identik dengan yang paling enak. Dan pandangan ini juga selalu saja terbukti kebenarannya, sebagaimana yang terjadi pada salah satu legenda martabak di kota Yogyakarta, martabak rahayu.

Rasakan Nikmatnya Martabak Rahayu, Konon Martabak Tertua di Jogja
Rasakan Nikmatnya Martabak Rahayu, Konon Martabak Tertua di Jogja (Photo by, gramosphere.com)

Nama martabak rahayu saja sudah demikian melekat bagi mereka yang asli Yogya. Sampai-sampai dikalangan tua nama martabak ya berarti rahayu. Mau beli dimana martabaknya, selalu ditambahkan kata rahayu entah karena apa.

Martabak rahayu ini memang salah satu perintis makanan jajanan jalanan di kalanya. Tak banyak informasi yang muncul di masyarakat mengenai kapan persisnya kedai kaki lima ini berdiri pertama kali, tetapi mengingat kalangan orang tua yang sudah hidup di tahun 60an saja cerita kalau di kala itu martabak rahayu sudah demikian terkenal, bisa jadi mereka sudah mendirikan usaha gerobak martabak pinggir jalannya ini lebih tua dari itu kan?

Dulunya, gerobak martabak manis ini berdiri di depan sebuah bioskop populer di kawasan lokal Jogja. Nama bioskop itu Rahayu, dari sanalah nama Rahayu kemudian melekat pada usaha martabak ini. Memang pada awalnya, pemilik pertama usaha martabak berpikir mengincari para penonton bioskop untuk membeli martabaknya.

Katanya di masa lalu, martabak rahayu belum banyak pesaingnya. Tidak seperti sekarang tiap tikungan jalan juga sudah ketemu lagi penjaja martabak manis dan martabak asin. Tidak heran kalau dengan cepat banyak orang langsung memburu martabak asin dan manis buatan kedai kaki lima ini. Meski demikian, tidak lantas membuat martabak legendaris ini asal asalan menyajikan martabak buatannya.

Martabak asin buatannya secara khusus menggunakan telur bebek baru, daging yang berlimpah dengan aroma dan bumbu daging yang sangat harum dan khas. Tampaknya bumbu dari olahan dagingnya menjadi rahasia utama dari popularitas martabak mereka. Ditambah irisan daun bawang yang tidak pelit sama sekali, jadilah setiap iris dari martabak asinnya tebal dan sarat isi, lengkap dengan aroma harum yang menggoda selera.

Martabak Rahayu juga menyediakan martabak manis yang soal isi dan rasa juga tidak kalah maknyusnya. Isinya tebal dan tidak pelit sama sekali aroma harum dari panggangan adonan roti martabak manisnya juga sangat menggiurkan. Ada beberapa orang tua yang mengatakan justru dari martabak rahayu inilah berkembang istilah terang bulan untuk jenis martabak manis di Jogja. Sekedar informasi, kalau di kota Jogja, masyarakat lokalnya lebih mengenal martabak manis sebagai terang bulan.

Penasaran ingin mencicipi legenda martabak ala Jogja? Anda masih bisa menjajalnya langsung di kedai utama yang terletak di jalan Wahidin, 250 meter ke selatan dari perempatan Galeri. Tepat berdiri di depan kampus UKDW. Tidak terlalu mahal untuk sebuah kuliner dengan nama besar sebagaimana martabak rahayu, cukup siapkan saja uang kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribuan saja tergantung ukuran dan isi dari martabaknya.

Baca juga : Makam Seniman Giri Sapto, Peristirahatan Terakhir Maestro Seni Yogya

Penelusuran terkait martabak enak di jogja, martabak telor paling enak di jogja, martabak jogja, martabak manis enak di jogja, martabak telor jogja, martabak enak jogja, martabak di jogja, martabak bangka jogja, martabak telor enak dijogja, martabak telor enak jogja, martabak manis terenak di jogja, martabak disolo yg jual siang hari, rekomendasi martabak enak di jogja, martabak malam hari jogja, martabak manis enak di Yogyakarta.

Ada pertanyaan atau komentar?