Destinasi Wisata Jogja Yang Seru di Kaliurang
Destinasi Wisata Jogja Yang Seru di Kaliurang
Destinasi Wisata Jogja Yang Seru di Kaliurang
Destinasi Wisata Jogja Yang Seru di Kaliurang

Destinasi wisata Jogja satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, Kaliurang memang selalu menjadi destinasi wisata Jogja yang paling banyak di kunjungi kala liburan tiba. Hampir tiap weekend Kaliurang, selalu dipadati oleh pengunjung dari penjuru Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin merasakan sejuknya suasana perbukitan.

Kawasan wisata alam memang pas buat kita untuk me-refresh kembali pemikiran yang sudah mulai jenuh dan penat dengan rutinitas pekerjaan atau pendidikan. Layaknya tubuh yang harus istirahat, pemikiran juga harus mendapat kesempatan istirahat, dengan cara menghirup dan merasakan udara segar perbukitan misalnya di Kaliurang.

Ada banyak tempat wisata alam Jogja yang dapat Sobat kunjungi selain di Kaliuran ini misalnya, Puncak Suroloyo, Embung Nglanggeran, Gunung Nglanggeran, Bukit Bintang, dan masih banyak lagi lainya. Jadi, saat Sobat berlibur di Yogyakarta tidak perlu khawatir kehabisan destinasi wisata Jogja sebab ada beragam wisata yang ditawarkan disini.

Kaliurang, juga menjadi saksi sejarah pada 13 January 1948, yaitu peristiwa Notulen Kaliurang, dimana terdapat perundingan antara Republic Indonesia dengan Komisi Tiga Negara (Amerika Serikat, Australia, dan Belgia sebagai delegasi Belanda) tepatnya di Wisma Kaliurang. Dimana pada saat itu Dr. Frank Graham mengucapkan kalimat yang sangat popular yaitu “You are what you are from bullets to the ballots”.

Kawasan Kaliurang ini memang sudah tidak asing lagi buat turis mancanegara, sebab sejak abad ke-19 banyak Geolog Belanda yang mampir ketempat ini. Tak heran jika di kawasan ini banyak ditemukan bangunan ber-arsitektur Eropa. Alasan udara yang sejuk, juga suasana alam yang nyaman tentu menjadi alasan tersendiri bagi para wisatawan untuk bertandang ke Kaliurang.

Kaliurang memiliki ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, tak heran jika di Kaliurang suhu rata – rata 22 – 27 derajat celcius. Sangat sejuk dan segar tentunya, selain itu juga udara sejuk ini berasal dari hutan Kaliurang yang masih cukup lebat. Tentu saja pepohonan adalah penyumbang Oksigen terbesar bagi makhluk hidup di bumi.

Jika Sobat beruntung, Gunung Merapi dapat jelas terlihat dari sini, terutama di Pagi hari begitu indah dan megah melihat Gunung Merapi, yang bebas dari selimut awan. Sekitar 1,1 Km penelusuran Sobat dapat menjumpai Bukit Plawangan di sisi barat. Disana terdapat sekitar 22 Goa peninggalan penjajahan Jepang yang masih dapat Sobat jumpai di kawasan Kaliurang ini.

Selain itu juga terdapat taman rekreasi keluarga yang menyenangkan disini yaitu, Taman Rekreasi Kaliurang. Luas taman ini sekitar 10 Hektare, dengan beragam permainan semacam ayunan, perosotan, kolam renang, dan lainya. Di dekat Taman Rekreasi Kaliuran juga terdapat wisata kuliner andalan kuliner yaitu Sate Kelinci dan Jadah.

Pada bagian timur laut atau sekitar 300 meter terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo, sebuah kawasan wisata yang dikenal dengan kolam renang Tlogo Putri yang memiliki sumber air Bukit Plawangan. Mengingat banyaknya variasi rekreasi yang dapat Sobat rasakan di Kaliurang ini, sudah pasti layak menjadi destinasi wisata Jogja yang layak untuk disambangi.

Dari Bukit Pronojiwo, Sobat bisa melihat view luar biasa Gunung Merapi, terutama disaat hari cerah dan tanpa diselimuti awan. Menghirup udara segar mendengar hembusan alam seakan memberi kita energy me- recharge kembali letihnya tubuh selama seminggu kerja. Lupakan sejenak kehidupan kota dan rasakan segarnya kehidupan di Kaliurang ini.

Duduk sejenak melihat langit cerah, pepohonan rindang, dan tawa anak – anak ditaman bermain, melihat Tlogo Muncar merasakan segarnya air terjun disela – sela bebatuan yang mengalir deras. Berkeliling dengan mengendarai Kereta Kelinci yang biasa beroperasi di depan taman wisata Kaliurang. Atau naik keatas Gardu Pandang, juga menjadi pilihat pas buat melihat indahnya pemandangan dari Gardu Pandang.

Jika Sobat ingin bermalam di Kaliurang, jangan khawatir untuk tempat menginap disini, sebab ada banyak Villa, Bungalow, Pondok Wisata yang bisa menjadi pilihan Sobat untuk bermalam. Tarif mulai dari 25.000 hingga 200.000 an, tergantung Budget Sobat dimana untuk bermalam. Sedangkan untuk masuk ke kawasan Kaliurang cukup dengan 3.000 rupiah saja dan nikmati destinasi wisata Jogja satu ini.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar kita tetap menjaga Kawasan Kaliurang tetap lestari.

wisata jogja, destinasi jogja, wisata seru di kaliurang jogja, destinasi kaliurang, distinasi wisata kaliurang, rumah pohon kaliurang, suasana pagi yg cerah di kaliurang, tempat wisata kaliurang apa sana yang seru dan hitz
BAGIKAN

Ada pertanyaan atau komentar?