Bukit Panguk Kediwung – Berlokasi di kecamatan Dlingo, masih dalam jejeran bukit kece lainya yaitu, puncak becici, kebun buah Mangunan, curug Lepo, dan Sri Tanjung.

Bukit Panguk Kediwung Tempat Wisata Alam di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Lagi Hits
Bukit Panguk Kediwung Tempat Wisata Alam di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Lagi Hits (Photo by, litadwipangesti)

Seakan tidak ada habisnya untuk di jamah, Kabupaten Bantul terus membuka spot – spot hits yang bikin iri buat yang belum dateng ke lokasinya. Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang menakjubkan ini tidak ubahnya dengan lokasi disekitarnya.

Yaitu, masih menawarkan hijaunya hutan Kabupaten Bantul yang membentang luas, tak pelak Bukit Panguk Kediwung menjadi hits. Hamparan pegunungan asri nan hijau alam Dlingo dan Imogiri, membuat kita tak hentinya untuk takjub.

Rasanya kurang afdol kalau belum mengabadikan moment di lokasi wisata alam satu ini. Langit biru dan hamparan hutan tropis Bantul yang mempesona ini, pas banget jadi background yang seketika bikin ngiri teman-teman yang belum ke Bukit Panguk.

Terdapat gardu pandang yang tepat berada di bibir tebing, sehingga sobat akan mendapatkan sudut foto yang luas dan rapih. Apalagi saat pagi, gumpalan awan seolah membawa kita ke negeri diatas awan.

Tidak sulit untuk menuju lokasi Bukit Panguk Kediwung, sekitar 1,8 KM lah dari kebun buah Mangunan atau tepatnya berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul.

Lebih mudahnya lagi, bila sobat mengerti arah Hutan Pinus, nah dari arah Jogja menuju Imogiri sampai Kebun Buah Mangunan, sobat ikuti petunjuk arah menuju Bukit Panguk. Sementara untuk retribusi masih dikelola warga, yang tujuanya untuk pembangunan lokasi wisata jadi HTM seikhlasnya, untuk parkir kendaraan roda dua 2.000 dan diatas itu 5.000.

Buat yang sudah kelaparan sepanjang perjalanan menuju bukit Panguk tidak usah khawatir, warga sekitar sudah mendirikan gazebo serta warung makan. Ternyata usut-punya-usut warga sekitar mengenal lokasi ini bernama Tebing Watu Lawang, dimana tepat dibawahnya merupakan sungai Oya.

Fasilitas lain yang disediakan warga, seperti tempat duduk untuk bersantai atau nongki-nongki bareng teman-teman, serta tentunya gardu pandang. Ingat, untuk selalu cek kondisi kendaraan sobat sebelum menuju ke Bukit Panguk, karena lokasinya yang masih perbukitan jadi kondisi kedaraan harus tetap fit.

Nah, selamat menikmati tempat wisata alam di Jogja Bukit Panguk Kediwung yang hits ini. Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya, apalagi berucap yang tidak sopan, yang jelas jaga sikap dan ramah pada warga sekitar. Kalau melihat sampah yang berserakan, tanpa ragu kita saling menjaga saja, silahkan untuk di buang ke tempat yang telah disediakan.

Baca juga: Inilah Bukit Pengilon, Tempat Wisata Alam Di Jogja Penawar Baper

Terima kasih, mari jaga alam sekitar kita dan kunjugi tempat wisata alam di Jogja lainya yang pastinya wajib untuk sobat kunjugi. Terima kasih photonya kak litadwipangesti yang hits banget, di follow ya sobat!

bukit panguk, Bukit Panguk Kediwung Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, bukit panguk jogja, bukit pangok, bukit panguk kediwung, tempat wisata alam di jogja, wisata alam bantul, Bukit Panguk Puncak

1 KOMENTAR

Ada pertanyaan atau komentar?